in

Jualan Tisu untuk Bantu Ekonomi Keluarga, Bocah 7 Tahun Ini Bikin Netizen Terharu

Rizal jualan tisu

Apa yang kamu lakukan saat kamu berusia 7 tahun? Menuntut ilmu di sekolah, kemudian bermain bersama teman-teman seusai pulang sekolah? Banyak dari kita yang melakukan kegiatan itu. Terdengar simpel, tapi siapa sangka hal ini tidak bisa dilakukan oleh banyak anak di Indonesia? Banyak anak yang seharusnya belajar dan bermain, malah menjadi tulang punggung keluarga atau membantu kedua orang tuanya untuk mendapatkan uang.

Seperti sosok Rizal, seorang anak berusia 7 tahun yang harus menghabiskan waktu luangnya untuk mencari nafkah. Seharusnya, sepulang sekolah atau di hari liburnya, bocah seusia Rizal bisa bermain bersama teman-temannya. Namun, Rizal harus membantu ibunya berjualan agar bisa makan dan membeli kebutuhan sehari-hari mereka.

Rizal jualan tisu
Rizal anak 7 tahun yang berjualan tisu [Sumber Gambar]
Video Rizal yang diwawancara oleh seorang Tiktoker viral setelah diunggah di akun milik @bara_ze. Saat itu, Tiktoker tersebut bertemu dengan Rizal dan mewawancarainya. Rizal tampak fasih berbicara dan menjawab pertanyaan-pertanyaan Bara. Saat ditanya tentang kegiatan sehari-harinya, Rizal menjawab ia sekolah dan jualan tisu untuk makan keluarganya.

Di video lain, terlihat Rizal membawa kresek berwarna merah berisikan tisu yang akan dijualnya. Tubuh mungilnya berjalan agak limbung karena ukuran kresek yang hampir menyamai tubuhnya. Tapi, ia tetap dengan percaya diri menjajakan tisu dagangannya kepada orang-orang yang tengah duduk atau berlalu lalang. Satu buahnya, Rizal menjajakan tisu seharga Rp5.000.

Rizal jualan tisu
Uang hasil jualan untuk bantu ibu [Sumber Gambar]
Rizal mengatakan bahwa ia sendirilah yang ingin berjualan. Masih banyak kebutuhannya dan keluarga yang harus dipenuhi. Seperti seragam, topi, hingga buku untuk Rizal sekolah. Dalam video, tampak Rizal seperti menahan isakan tangis saat menjawab pertanyaan Bara. Tapi ia tetap menunjukkan senyumnya, menahan rasa sedihnya.

Bara pun melanjutkan bertanya, apakah Rizal punya pesan untuk sang ibu. Rizal pun mengatakan bahwa ia sangat menyayangi ibunya. Ia berharap agar ibunya bisa selalu sehat. Rizal mengatakan bahwa dunia sangat kejam untuknya. Di umur yang sekarang ini, seharusnya ia bisa bermain. Tapi nyatanya, dunia menyuruhnya untuk bekerja dan membantu keperluan keluarga.

Rizal jualan tisu
Rizal menjajakan tisu dagangannya [Sumber Gambar]
Sontak, netizen memberikan berbagai komentar. Mereka menganggap sosok Rizal adalah anak yang dewasa dan mendoakan agar bocah ini selalu sehat dan menjadi anak soleh. Tak sedikit netizen yang tersentuh akan kata-kata yang diucapkan Rizal dalam video. Mereka mengaitkan nasib Rizal dengan lagu Iwan Fals bertajuk Sore Tugu Pancoran yang memiliki lirik “anak sekecil itu berkelahi dengan waktu”.

BACA JUGA: Sekolah Sambil Jualan Bakso, Beginilah Perjuangan Bocah SD Melawan Kerasnya Kehidupan

Kisah Rizal begitu menyentuh dan seharusnya menyadarkan kita, orang-orang yang mungkin memiliki nasib lebih baik dari Rizal. Seharusnya, kita lebih bersyukur akan apa yang telah kita miliki.

Written by H

Ferrari tabrak 5 kendaraan

Mobil Ferrari Tabrak 5 Kendaraan di Bundaran Senayan, Berakhir Damai Secara Kekeluargaan

Kakek 80 tahun iku ujian proposal skripsi

Jalan Tertatih-tatih, Kakek Umur 80 Tahun Semangat Ikut Ujian Proposal Skripsi