Mengenal Suku Kreung dan Ritual ‘Mencoba Pria’ yang Bikin Geleng-Geleng

oleh Rizal
12:26 PM on Sep 29, 2016

Rata-rata orang-orang kebanyakan akan menjawab hal yang sama jika ditanya soal cara mendapatkan pasangan hidup. Pertama, jelas kenalan dulu untuk kemudian lanjut ke pacaran kalau sudah cocok, lalu menikah ketika sudah benar-benar mantap. Ya, kayaknya hampir semua seperti ini sih, meskipun dalam beberapa kasus ada yang menikah karena dijodohkan.

Nah, berbeda dari orang-orang kebanyakan, masyarakat dari sebuah suku bernama Kreung yang ada di Kamboja ini punya cara unik sendiri untuk mendapatkan kekasih. Ya, wanita-wanita di sana punya tradisi mencoba pria. Jadi, seorang gadis diharuskan memilih pria yang jadi pasangannya dengan cara tidur dengan si laki-laki tersebut. Uniknya, hal ini nggak hanya dilakukan dengan satu dua pria saja, tapi lebih dari itu. Setidaknya sampai si gadis menemukan pria yang jadi pilihannya.

Baca Juga
Inilah 4 Kisah Pria Beruntung 2017, yang Berhasil Bikin Bule “Ngebet” Nikah
Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah

Soal bercinta jangan tanya, hal tersebut memang selalu terjadi dalam setiap prosesinya. Tapi, jangan buru-buru berpikir negatif dulu karena ritual ini punya sisi lain yang mungkin belum diketahui. Lalu, seperti apa ritual mencoba pria ini? Simak ulasannya berikut.

Gadis 15 Tahun dan Pondok Cinta

Prosesi mencari jodoh ala suku Kreung ini dimulai ketika ada seorang anak gadis berumur 15 tahun, atau setidaknya sudah mengalami menstruasi. Kemudian setelah mengetahui hal tersebut, orangtua si gadis pun bakal membangunkan anaknya sebuah pondok sederhana yang letaknya nggak jauh dari rumah. Tujuannya adalah sebagai tempat untuk proses pemilihan jodoh.

Seorang gadis Kreung dan pondok cintanya [Image Source]
Seorang gadis Kreung dan pondok cintanya [Image Source]
Soal bangunannya sih sederhana ya, mirip pondok bambu yang ada di pematang sawah. Di dalam sini nantinya si gadis tersebut bakal memilih para pemuda untuk jadi suaminya. Caranya tentu adalah menghabiskan malam bersama. Ritual ini diketahui oleh semua orang baik orangtua maupun sesepuh adat. Jadi, nggak ada rasa semacam tabu dan semacamnya.

Para Pemuda Bergantian untuk Tidur Bersama si Gadis

Begitu pondok didirikan, serta merta si gadis pun akan tinggal di sana untuk sementara waktu, setidaknya sampai ia berhasil mendapatkan calon suami. Di dalam pondok ini, para pemuda akan bergantian satu per satu untuk mengenal lebih dalam si gadis dan tentu saja boleh untuk menginap.

Para pemuda boleh tidur bersama [Image Source]
Para pemuda boleh tidur bersama [Image Source]
Nggak diketahui mekanisme pemilihan pemudanya seperti apa. Namun yang jelas, hanya boleh satu orang dalam sehari semalam. Uniknya, biasanya proses pemilihan ini memakan waktu yang cukup lama dan menghabiskan banyak kandidat. Wajar sih, karena memilih calon suami memang butuh banyak waktu.

Tidak Selalu Ada Percintaan

Nggak bisa dielakkan dalam ritual ini selalu terjadi yang namanya percintaan alias hubungan badan. Percintaan sendiri bukan hal yang dilarang saat itu. Bahkan bercinta merupakan salah satu metode si gadis untuk memilih calon pendamping yang pas. Uniknya, percintaan itu bisa berulang kepada pria yang berbeda.

Tak selalu ada percintaan [Image Source]
Tak selalu ada percintaan [Image Source]
Tapi, nggak selalu pria yang masuk ke dalam pondok diajak bercinta oleh si gadis. Ketika si gadis bilang tidak mau, maka si pemuda takkan berani menyentuhnya. Dan jika berani nekat maka hukuman adat yang sangat berat akan menantinya. Dalam banyak kasus, biasanya para pemuda hanya akan berbincang-bincang saja dengan si gadis di pondok.

Prosesi Ritual di Mata Pelaku dan Orangtua

Cara memilih jodoh macam begini bagi kita sangat ekstrem tentu saja. Karena tidak sesuai dengan norma. Tapi, di mata orang Kreung cara ini adalah metode terbaik untuk mencari pasangan. Hampir nggak ada satu pun yang pernah memprotes ritual tersebut, baik dari si orangtua maupun para gadisnya.

Ritual unik yang diterima semua orang [Image Source]
Ritual unik yang diterima semua orang [Image Source]
Menurut para orangtua, cara ini adalah adil bagi si gadis karena ia bisa memilih pria mana yang disukainya. Sehingga pernikahan pun bakal awet luar biasa. Dan di mata para gadis, metode pemilihan jodoh seperti ini juga sangat memuaskan mereka. Maksudnya, mereka diberi keleluasaan untuk mencari pasangan sehingga nggak ada kesan pemaksaan di sana.

Dampak Luar Biasa Prosesi Unik Ini

Terlepas dari prosesinya yang aneh dan nggak biasa, ritual ini ternyata benar-benar bisa membawa dampak baik. Ada dua manfaat besar yang didapatkan oleh orang-orang Kreung dengan melakukan ritual nyeleneh ini. Hal tersebut adalah sangat rendahnya angka pemerkosaan, serta nol persen jumlah perceraian.

Tidak ada pemerkosaan dan perceraian [Image Source]
Tidak ada pemerkosaan dan perceraian [Image Source]
Nol persen perceraian tentu adalah sesuatu yang luar biasa dan mungkin nggak kita temukan hampir di mana pun di dunia ini. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ritual unik ini memang mengedepankan pilihan si gadis sehingga nggak ada paksaan dalam memilih pasangan. Alhasil, ini menjadikan rumah tangga awet dan sangat aman dari perceraian.

Ritual ini konon masih dilakukan sampai hari ini. Dan uniknya setelah sekian lama dilakukan, belum pernah ada yang protes. Hal ini jadi bukti kalau ritual ekstrem itu diterima dan berdampak baik bagi masyarakat Kreung.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel, Ibarat Semut Lawan Gajah Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Mulai dari Tikus hingga Lumpur, Inilah 4 Negara Miskin yang Konsumsi Makanan Seadanya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA