in

5 Ritual Pesugihan yang Ternyata Masih Dilakukan Oleh Sebagian Orang di Indonesia

Monyet di makam Ngujang [Image Source]

Indonesia memang bisa dibilang sudah mulai maju dan berkembang, namun orang-orang yang masih mengambil langkah mistis ketika berada dalam kesusahan juga masih banyak. Salah satunya adalah dengan melakukan pesugihan.

Baca Juga : 10 Jalan Pintas Menjadi Kaya Menurut Mitos

Pesugihan adalah sebuah ritual tertentu yang dilakukan dengan tujuan agar seseorang mendapatkan kekayaan. Kesulitan ekonomi dan tidak tahu lagi harus berusaha seperti apa membuat sebagian orang memilih jalan pintas dengan melakukan pesugihan.

1. Pesugihan Monyet

Pesugihan monyet konon berada di daerah Ngujang, Tulungagung, Jawa Timur. Dalam ritual pesugihan ini, pelaku harus menyediakan tumbal nyawa kepada makhluk gaib di makam Ngujang sampai pelaku ini meninggal. Setelah melakukan beberapa ritual tertentu, pelaku nanti akan mendapatkan monyet yang nanti harus dipelihara. Monyet inilah yang konon kabarnya bisa membantu pelaku dan membuatnya kaya.

Monyet di makam Ngujang [Image Source]
Monyet di makam Ngujang [Image Source]
Jika pelaku pesugihan ini nantinya meninggal, ia harus bersedia tinggal di makam Ngujang bersama monyet-monyet lainnya. Warga sekitar meyakini bahwa monyet yang ada di sekitar makam Ngujang ini adalah jelmaan dari para pemuja pesugihan dan tumbal yang pernah diberikan dulu.

Written by Tetalogi

Leave a Reply

5 Stereotipe Orang Jawa yang Selalu Digambarkan di Televisi

Ini Lho 3 Desa Paling Bersih di Dunia, Indonesia Ada!