MotoGP menjadi ajang balap sepada motor yang memiliki persaingan ketat. Tidak mudah untuk pembalap mampu meraih peringkat satu pada kompetisi adu cepat tersebut. Hal tersebut menjadikan mereka selalu mempersiapkan kendaraannya dan diri secara optimal. Selain Berusaha memacu tunggangannya, para pembalap juga memiliki ritual unik yang sering dilakukan sebelum race berlangsung.

Aneh mungkin, tapi mereka menganggap dengan hal tersebut, kepercayaan diri mereka akan lebih tinggi. Tidak hanya itu ritual  juga menjadi media untuk pembalap menjaga konsentrasinya. Jadi tidak heran apabila mereka selalu melakukan rutinitas ini sebelum balapan. Nah, seperti apakah ritual para pembalap MotorGP tersebut? Mari simak ulasannya berikut.

Valentino Rossi akan memulai balapan dengan mendengarkan motornya

Velentino Rossi [Sumber Gambar]
Valentino Rossi pastinya nama yang tidak asing untuk para pecinta balap. Juara dunia sepuluh kali ini memang terkenal dengan kemampuan balap yang luar biasa. Pembalap kawakan asal Italia ini memiliki ritual yang cukup unik dan berbeda dari para rider lainnya. Biasanya sebelum memulai balapan pria 36 tahun tersebut akan berjongkok di dekat kendaraannya sambil memegang bagian motor. Tidak hanya itu saja Rossi juga akan berdiam lama menatap kuda besi yang digunakan untuk balapan. Kebiasaan ini hampir selalu dilakukannya sejak meniti karir di dunia balapan.

Istri menjadi ritual Cesey Stoner saat melakukan balapan

Cesey Stoner [Sumber Gambar]
Sebagai pembalap dunia Cesey Stoner memiliki kebiasaan yang unik dalam balapan. Dirinya selalu membutuhkan istri tercinta sebelum memulai balapan. Eits bukan untuk hal yang begitu lo sobat. Pembalap ini membutuhkan belahan hatinya untuk menjadi umbrella girl. Bersama Adriana (Istri) ia akan berbincang dan bercerita mengenai hal-hal indah bersama. Bahkan dalam kondisi tersebut, Stoner tak akan sedikit pun menoleh ke arah kamera yang menyorotnya.  Pria berambut pirang ini melakukan hal itu lantaran menganggap setiap balapan adalah pertaruhan hidup dan mati.

Ibu menjadi teman Ben Spies sebelum memulai balapan

Ben Speis [Sumber Gambar]
Kalau Stoner selalu membutuhkan istri saat balapan, Hal berbeda ditunjukkan oleh Ben Spies. Seperti yang diungkapkan laman Merdeka, pria asal Inggris ini akan meminta waktu untuk berbincang dengan keluarga, ketimbang bersama dengan tim dan para reporter. Spies biasanya akan menyempatkan waktu jalan-jalan bersama sang ibu. Hal ini dilakukan lantaran dirinya mengaku lebih tenang saat bersama orang dekatnya itu. Ibunya juga merupakan orang selalu mendukung karirnya dalam dunia balap tersebut.

Celana dalam, ada ritual unik yang dilakukan Kevin Schawatz

Pembalap [Sumber Gambar]
Mungkin bagi para pecinta balapan, nama Kevin Schawatz adalah sosok yang jarang terdengar. Namun, ritual unik yang sering dia lakukan menjadi hal yang akan selalu diingat. Mantan juara dunia kelas 500cc ini sebelum mengaspal selalu mengenakan celana dalam keberuntungannya. Schawantz mempercayai dengan benda tersebut dapat menambah kepercayaan beribu-ribu kali lipat. Tapi bukan berarti hal itu selalu membawa magic, Schwantz juga pernah mengalami insiden kecelakaan di lintasan meski sudah melakukan ritualnya. Setelah kejadian tersebut, pembalap satu ini mulai meninggalkan kebiasaannya tersebut, bahkan membuang celana dalam yang menjadi jimatnya tersebut.

Marc Marquez akan memulai balapan dengan cek jantung

Marquez [Sumber Gambar]
Marc Marquez menjadi pembalap paling sensasional beberapa tahun ini. Pembalap berjuluk Baby Alien ini juga memiliki kebiasaan unik sebelum memulai memacu kuda besinya. Pria asal Spanyol ini akan melakukan pengecekan pada jantungnya sebelum mengaspal. Melansir dari laman Liputan6, ritual ini sudah dilakukannya sewaktu belum tampil di MotoGP alias di kelas Moto2 pada 2012 lalu. Hal ini dilakukan lantaran Marquez sering tegang sebelum memacu kendaraannya di MotorGP

Beberapa ritual pastinya adalah bentuk sugesti terhadap diri pembalap agar dapat menampilkan performa yang bagus, dan pastinya untuk menjauhkan pembalap dari rasa was-was saat memacu kuda besi. Meski penting untuk pembalap, tapi bagaimapun kemenangan tetaplah didapatkan lantaran ada kerja keras. Tanpa hal itu semua akan mustahil untuk seorang atlit mampu menjadi juara atau yang terbaik dalam suatu bidang olahraga.