Menjamu Benua, Ritual Permintaan Ijin ke Dunia Gaib oleh Masyarakat Kutai

oleh Faradina
09:10 AM on Feb 10, 2017

Indonesia yang memiliki banyak sekali daerah yang kerap menyelenggarakan aneka festival adat dan budaya. Berbeda wilayahnya, berbeda pula jenis festivalnya, misalnya saja Madura dengan Festival Karapan Sapi, ada juga Festival Rambu Solo yang diadakan di Sulawesi Selatan, bahkan di Nusa Tenggara Timur kita bisa melihat perayaan Festival Danau Kelimutu.

Tahukah kalian bahwa ada banyak festival yang diselenggarakan di Indonesia ternyata tak lepas dari ritual atau upacara mistis. Salah satunya adalah Ritual Menjamu Benua yang selalu dilaksanakan oleh masyarakat Kutai sebelum menyelenggarakan Festival Erau yang berdekatan dengan hari jadi Tenggarong.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

Seperti apa Menjamu Benua itu?

tujuan menjamu benua [image source]
Ritual Menjamu Benua tak lain adalah sebuah sarana yang digunakan masyarakat Kutai untuk memberitahu alam gaib bahwa sultan mereka sudah memutuskan untuk menyelenggarakan Festival Erau dan juga telah menentukan kapan pelaksanaannya. Tujuan dari ritual ini adalah memohon keselamatan dan kelancaran selama acara berlangsung. Dengan adanya Menjamu Benua, masyarakat berharap agar mahluk halus tidak mengganggu saat penyelenggaraan acara.

Ritual yang Didamping Banyak Dukun

rombongan menjamu benua [image source]
Ritual tahunan masyarakat Kutai ini biasanya dilakukan oleh rombongan yang beranggotakan 7 dewa (dukun wanita), 7 belian (dukun pria), 7 orang pangkon bini dan juga 7 orang pangkon laki. Juga ada penabuh gendang dan pemain gamelan yang akan mengiringi sepanjang prosesi ritual Menjamu Benua.

Bagaimana ritual dilakukan?

sesajen menjamu benua [image source]
Semua rombongan tersebut akan membawa sesajen yang diletakkan di tiga titik, antara lain di Kepala Benua (titik paling utara atau hulu dari Tenggarong), Tengah Benua (depan keraton yang merupakan simbol pusat wilayah Tenggarong), dan di Buntut Benua (sisi paling selatan atau hilir dari wilayah Tenggarong). Adapun isi dari sesajen yang dibawa adalah aneka jajanan pasar (terdiri dari 41 jenis kue basah), nasi tambak, nasi ragi, ayam panggang, mandau, air minum, serta peduduk.

Proses Pelaksanaan Ritual yang Sarat Kesakralan

alur menjamu benua [image source]
Kegiatan dimulai dari kediaman sultan di mana rombongan memohon restu darinya untuk mulai melaksanakan Menjamu Benua. Barulah kemudian mereka semua berangkat ke tiga titik yang sebelumnya telah ditentukan. Sesampainya di setiap lokasi, sesajen akan diletakkan di tempat yang sebelumnya telah ditentukan.

Setelah semua sesajen siap di tempat masing-masing, dewa akan menghadap ke Sungai Mahakam untuk melakukan pembacaan mantra (memang) dan membaca doa sambil menebar beras, bunga, dan lain-lain (besawai). Kemudian semua rombongan akan menuju Tengah Benua dan Buntut Benua untuk kembali melakukan ritual serupa. Seusai diadakannya kegiatan di tiga titik ini, rombongan kembali menuju kediaman sultan untuk melaporkan ritual telah selesai.

Ritual warisan nenek moyang di Indonesia memang sebagian besar masih sangat kental kebudayaannya. Percaya tidak percaya sih dengan mantra-mantra, perdukunan dan makhluk gaib, tapi memang hal masyarakat tradisional sebagian besar memegang teguh akan hal ini. Positifnya, hal ini jadi ciri khas yang memperkaya khasanah keberagaman di negeri ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa 7 Sosok Pria Paling Aneh Dengan Keunikan yang Mencengangkan di Dunia Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas
BACA JUGA