Rhoma Irama Digaet Menkum HAM Jadi Komisioner LMKN

oleh venny
16:20 PM on Jan 21, 2015

Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly melantik Rhoma Irama bersama sejumlah tokoh dunia musik indonesia menjadi komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) di Kantor Menkum HAM, Selasa (20/1) kemarin.‎ Yasonna menyampaikan para komisioner tersebut memiliki tugas mengurus royalti.

“Dilantiknya Komisioner LMKN Pencipta dan Hak Terkait diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya dalam menetapkan sistem dan tata cara perhitungan royalti,” ujar Yasonna di Gedung Kementerian Hukum dan HAM, Jakarta, Selasa (20/1/2015).

Baca Juga
Inilah 17 Potret Transformasi Chelsea Islan, Kata Netizen: “Kecantikan yang Hakiki”
Youtuber Ini Bikin Sosial Eksperimen Tentang Cewek Matre, Endingnya Bikin Ngelus Dada

rhoma irama
rhoma irama

Yasonna juga menambahkan bahwa royalti harus diurus bahkan sampai ke tempat karaoke. “Jadi, tempat karaoke, hotel-hotel, dan pertunjukan televisi yang menggunakan hak cipta harus ada royaltinya,” kata Yasonna seperti dilansir oleh detikcom.

Lembaga yang para komisionernya akan menduduki jabatannya selama 3 tahun ini terdiri dari LMKN Pencipta dan LMKN Hak Terkait. LMKN Pencipta mendapuk Rhoma Irama, James F Sundah, Adi Adrian, Imam Haryanti, dan Slamet Adriyadie untuk menjadi komisioner. Sementara LMKN Hak Terkait dikomisioneri oleh Sam Bimbo, Ebiet G Ade, Djanuar Ishak, Miranda Risang Ayu, dan Handi Santoso.

Di sela rapat dengan Komisi III DPR, Yasonna juga menyampaikan segala lagu harus dipastikan royaltinya. Ketika para awak media menyinggung mengenai royalti apakah termasuk juga lagu-lagu Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono), Yasonna justru menjawab dengan balik bertanya “Laku nggak‎?”

Sementara itu, Rhoma Irama ditanya terkait program kerja yang akan dijalankannya. Ia mengaku sudah memiliki program kerja untuk dilaksanakan segera beserta anggota komisioner yang lain.

“Pertama, kita perlu sosialisasi. Kemudian harus ada sinergitas dengan pihak-pihak penegak hukum seperti kepolisian. Kalau perlu ada penandingan KPK, karena pelanggaran ini (pembajakan dan penggunaan musik untuk komersil tanpa royalti -red) selama ini untouchable,” kata Rhoma usai pelantikan komisioner LMKN, Selasa (20/1/2015).

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 7 Bangunan Paling Membingungkan, Tapi Keren!
BACA JUGA