Menyukai makanan Cina nggak berarti kamu harus pergi ke negara tersebut untuk bisa menikmatinya. Karena saat ini pun sudah banyak restoran yang menyajikan makanan khas Negeri Tirai Bambu itu. Hanya tinggal kita saja yang mesti selektif dalam memilihnya.

Di Jakarta sendiri sudah nggak bisa dihitung lagi berapa banyaknya restoran Cina yang ada. Tapi cuma 5 restoran di bawah ini yang legendaris, eksis dari dulu sampai sekarang dan tentunya mempunyai ciri khas tersendiri dalam setiap masakannya. Apa saja restoran tersebut? Yuk simak!

Angke Restaurant

Angke Resto [sumber gambar]
Angke Restaurant memang sudah ada sejak dulu yaitu tahun 1965 dan saat ini berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta. Di restoran ini kamu akan disajikan dengan berbagai hidangan khas Hakka. Ada juga function hall yang kerap kali menjadi tempat bagi mereka yang akan melaksanakan wedding atau pernikahan. Di sini ada 100 jenis menu yang bisa ditawarkan kepada pengunjung. Mulai dari sup sapi sayur asing, lindung cah fumak, ayam rebus minyak jahe, mun haisom, dan lain sebagainya.

Restoran Trio

Resto Trio [sumber gambar]
Restoran yang satu ini memang sangat legendaris karena berdiri sejak tahun 1947. Ia juga menjadi salah satu restoran langganan dari Pak Soeharto dan juga Ali Sadikin. Lam Khai Tijoe mendirikan restoran tersebut dengan menyajikan berbagai menu khas hidangan Kanton. Kamu bisa menemukan berbagai sajian seperti lumpia udang, sup burung walet, sup asparagus, hingga ayam wud kee di tempat yang satu ini karena memang sudah menjadi andalan dari para pengunjung.

Resto Mandala

Resto Mandala [sumber gambar]
Di resto ini kamu akan menemukan berbagai ornamen Cina yang begitu kental. Telah didirikan lebih dari 50 tahun yang lalu, Resto Mandala memang sengaja menyajikan aneka macam hidangan yang bergaya home cooking. Menu andalan yang mesti kamu cicipi di resto ini di antaranya adalah seperti bistik ayam, sup tahu dengan kuah bening dan bakso ikan, oyong beserta campuran irisan daging ayam dan lain-lainnya yang tentu saja sangat lezat.

Paramount Restoran

Selain 3 resto di atas, sebagai penggemar makanan khas Cina, kamu juga bisa mengunjungi resto yang satu ini. Telah ada sejak tahun 1970 dan sudah dikelola oleh 3 generasi, Paramount Restoran bisa kamu temukan di kawasan Menteng, Jakarta. Berada di tempat ini akan membuatmu merasa nyaman karena desain dari interior maupun eksteriornya.

Paramount resto [sumber gambar]
Nuansa klasik yang begitu kental akan membuatmu betah ditambah lagi dengan berbagai menu yang menggugah selera. Contohnya saja sup asparagus jagung dan telur kepiting, bakmi siram seafood, sampai bistik khas Kanton. Rasanya sangat autentik dan tentu saja resto yang satu ini kerap kali dipilih sebagai tempat untuk mengadakan pesta.

RM Akoen

Dulu, lokasi pertama dari tempat makan ini ada di Jalan Prof. Joko Sutono dan bangunannya pun masih sangat sederhana sekali. Kini namanya sudah sangat terkenal dan menjadi langganan banyak orang. Di sini kamu akan mendapati banyak sekali olahan hidangan Cina dengan bahan dasar mie, kwetiau, tahu, daging dan lain-lainnya.

RM Akoen [sumber gambar]
Perlu kamu tahu juga bahwa ada menu andalan dari tempat yang satu ini, yaitu mie yamin dengan taburan daging ayam, potongan jamur serta caisim. Kamu juga mesti mencoba mencicipi hidangan bistik sapi yang empuk nan menggugah selera. Dijamin mantul!

BACA JUGA: 5 Alasan yang Membuktikan Makan di Kaki Lima Lebih Greget Ketimbang di Restoran Mewah

Nah, itu dia beberapa restoran Cina legendaris yang bisa dijadikan sebagai referensi kalau kamu pingin makan makanan Cina. Penasaran kan sama selezat apa menunya sampai bisa bertahan hingga saat ini?