Resep Kue Sagu Keju Gurih untuk Sambut Lebaran

oleh Maya Galuh
10:46 AM on Jul 12, 2015

Hari raya sudah semakin mendekat dan umat muslim sudah mulai bersiap-siap untuk menyambut hari kemenangan. Masyarakat Indonesia biasanya menyambut hari raya dengan melakukan bersih-bersih total serta mengecat rumah. Satu hal yang tidak ketinggalan adalah menyiapkan kue lebaran.

Sagu Gurih
Sagu Gurih [ImageSource]
Sekarang ini memang banyak toko-toko yang menjual kue-kue khas lebaran misalnya kue sagu keju. Tapi, biar lebaran kali ini beda, kenapa tidak mencoba membuat kue sendiri? Nah, yuk simak caranya berikut ini!
Baca Juga
Bikin Jantungan, Pajak Mobil “Wah” Ini Bisa Buat Sedekah Orang Sekampung
Inilah 10 Meme, “Yang, di Rumah Lagi Sepi” Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sekaligus Gagal Fokus

Pertama kamu perlu menyiapkan bahan-bahannya dulu sebagai berikut:
– 400 gram tepung sagu
– 100 gram gula bubuk
– 150 gram margarin
– 1 butir telur
– 1/2 sendok teh garam
– 75 gram santan kental
– 100 gram keju cheddar parut
– 30 gram susu bubuk

Nah, kalau sudah siap bahannya, sekarang saatnya mengolah bahan tersebut menjadi kue sagu keju. Pertama, sangrai 400 gram tepung sagu selama 10 menit dengan api kecil, kemudian dinginkan. Sisihkan terlebih dahulu. Selanjutnya, siapkan wadah untuk membuat adonan. Masukkan margarin, gula bubuk, dan garam kemudian kocok merata selama kurang lebih 40 menit. Selanjutnya tambahkan telur dan santan, kocok kembali hingga merata.

Langkah selanjutnya, tambahkan keju sambil terus diaduk. Kemudian masukkan tepung sagu yang sudah disangrai dan susu bubuk sambil diayak perlahan-lahan, aduk hingga benar-benar merata. Setelah adonan mengental, sekarang saatnya membentuk adonan dan memanggangnya.

Siapkan loyang, olesi dengan margarin secara merata, sisihkan. Masukkan adonan ke dalam spuit dan semprot dengan bentuk bunga atau sesuai selera di loyang. Kamu bisa membuat beberapa sampai semua bagian di loyang terisi dengan adonan yang sudah dibentuk. Tapi pastikan masih ada sisa ruang di antara adonan, ya. Selanjutnya, masukkan loyang ke dalam oven selama 45 menit dengan api sedang di bawah suhu 130 derajat Celsius. Setelah matang, angkat dan dinginkan.

Nah, jika kue sudah mendingin, kamu bisa mengambil kue sagu keju kemudian simpan dalam toples cantik. Kue sagu keju yang gurih pun siap disajikan untuk menyambut lebaran tahun ini.

Nah, gampang kan cara membuatnya? Yuk di coba resepnya!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada
BACA JUGA