Berambut gondrong, dengan baju yang berwarna-warna dan wajahnya begitu menakutkan. Begitulah agaknya sedikit penggambaran untuk kiper Timnas Kolombia paling sensasional yakni Rene Higuita. Sebagai seorang penjaga gawang dirinya bisa dibilang bukanlah kiper yang biasa. Pria kelahiran tahun 1966 menggabungkan banyak unsur saat menjalani tugas di bawah mistar gawang, mulai menciptakan gol hingga mengeluarkan jurus kalajengking.

Namun sayang kini kiprah Rene Higuita tidak dapat dilihat lagi, lantaran yang bersangkutan sudah memutuskan untuk gantung sepatu beberapa tahun lalu. Kendati demikian, kehebatannya dalam olahraga ini tidaklah bisa dianggap remeh. Bahkan sulit untuk dilupakan dalam ingatan pencinta bola. Dan beberapa hal dalam ulasan di bawah ini adalah contohnya. Seperti apakah? Mari simak dan buktikan sendiri sobat olahragaku.

Kiper yang memadukan sepak bola dan teknik akrobat

Kalau lazimnya seorang kiper melompat sana sini untuk menyelamatkan gawang, Rene Higuita malah mencoba lakukan hal ekstrem dalam mengamankan dari kebobolan. Ia menghalau tendangan lawan menggunakan jurus yang bisa dibilang teknik akrobat yakni tendangan kalajengking. Seperti tidak mempercayai kedua tangannya, Rene Higuita melakukan hal tersebut dengan kepercayaan tinggi. Hebatnya selama melakukan jurus kalajengking hampir semua bola dapat dicegah untuk bisa masuk ke gawangnya. Peristiwa ini paling diingat adalah saat ia menggunakan jurus tersebut untuk mementahkan serangan Inggris.

Salah satu penjaga gawang yang mampu mencetak banyak gol

Dalam kiprahnya selain melakukan penyelamatan akrobat, Rene Higuita juga kerap catakan namanya di papan skor. Mantan pemain Real Valladoid tersebut beberapa kali sumbang gol untuk tim yang dibelanya. Tercatat, selama dirinya berada di bawah mistar telah membobol gawang lawannya sebanyak 41 gol. Jumlah yang bila dibandingkan dengan para kiper Indonesia tidak ada yang menyamai. Bahkan bila digabung dengan pemain posisi tersebut se-Asia Tenggara kemungkinan besar tidak bisa mengalahkan. Gol yang diciptakan Higuita juga bisa bilang menarik lantaran lewat sebuah tendangan bebas yang keras.

Mampu torehkan delapan gol dalam Piala Dunia

Rena Higuita bermain di Piala Dunia [Sumber Gambar]
Selain mencatatkan gol bersama klub, dirinya rupanya juga pernah torehkan gol kala membela panji negaranya Kolombia. Pria berperawakan gondrong dan seram tersebut dalam 68 laga di ajang sepak bola paling akbar itu sukses sumbang delapan gol. Jumlah yang bisa dibilang fantastis untuk ukuran penjaga gawang yang memiliki tugas untuk menghalau gol tercipta. Terlepas dari kehebatannya dalam mencetak skor, Rene Higuita ternyata juga handal dalam menghalau tendangan penalti. Beberapa kali Timnas Kolombia terselamatkan berkat kehebatan dalam urusan hal tersebut.

Rene Higuita kerap jalani dua tugas penjaga gawang dan pemain belakang

Sebelum muncul kiper bertipikal swiper atau ikut membantu back mengatasi serangan lawan seperti sekarang. Rene Higuita lah yang pertama kali bisa dibilang menjadi pelopornya. Selama aktif dalam olahraga ini, ia kerap sekali ikut memutuskan gelombang ancaman yang diciptakan musuhnya. Biasa ia akan memotong bola lawan menggunakan kaki atau kepalanya. Tak jarang juga, Higuita juga ikut menerobos pertahan lawan dengan mendribel bola dari belakang ke depan. Kendati menakjubkan, namun berkat aksi ini pernah ia menjadi pesakitan, lantaran bola yang dibawanya berhasil direbut lawan dan menjadi gol bersarang digawang ia jaga.

Kendati hebat, namun Higuita juga menyimpan sisi kelam dalam hidupnya yakni pernah masuk di penjara lantaran kecanduan kokain dan kasus penculikan. Perbuatan yang setidaknya sedikit juga memengaruhi karier di dunia sepak bola. Tapi terlepas hal tersebut mahakarya berupa tendangan kalajengking sukses selalu membekas dalam ingatan semua pencinta olahraga ini.