5 Fakta Hebat Rasuna Said, Ratu Podium yang Ditakuti Belanda di Zaman Penjajahan

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Apr 23, 2016

Barangkali kita hanya mengenal Kartini sebagai pahlawan yang memperjuangkan hak perempuan. Bahkan setiap tahun ada peringatannya di seluruh Indonesia. Sebenarnya, selain kartini ada banyak pahlawan yang bergerak dengan sekuat tenaga demi menegakkan hak-hak kaum wanita di masa lalu. Salah satu orang itu adalah Hajjah Rangkayo Rasuna Said atau sering dipanggil Rasuna Said saja.

Perjuangan beliau di masa penjajahan Belanda patut diancungi jempol. Belanda pun sampai takut hingga akhirnya menekan dan memenjarakan Rasuna Said. Lantas mengapa Rasuna Said begitu ditakuti oleh Belanda? Berikut penjelasannya untuk Anda semua.

Baca Juga
Cantiknya Istri 6 Pemimpin Daerah di Tanah Air Ini Dijamin Bikin Kamu Terpesona dan Ngiri
Kabar Siti Rohmah, Si Kasir Minimarket Cantik yang Kini Sukses Menjelma Menjadi Model

1. Sejak Kecil Terdidik dengan Baik

Sejak kecil, Rasuna Said sudah didik oleh orang tuanya agar menjadi seorang yang pandai. Itulah mengapa beliau selalu belajar dengan baik dan terus melanjutkan sekolahnya ke jenjang yang lebih tinggi, Saat memasuki pesantren Asr-Rasyidiyah selepas SD. Rasuna Said adalah satu-satunya santri wanita yang berjuang dan belajar tanpa henti hingga membuatnya selalu jadi unggulan.

Rasuna Said [image source]
Rasuna Said [image source]
Setelah tamat dari pesantren, beliau melanjutkan sekolahnya ke Diniyah Putri di Padang Panjang. Di sana beliau bertemu dengan seorang pimpinan gerakan Thawalib yang menanamkan jiwa reformasi Islam di dalam dirinya. Selepas lulus dari sini, Rasuna Said mengabdikan dirinya pada dunia pendidikan dengan menjadi guru di Diniyah Putri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA