Sebagai negara yang memiliki beragam suku, etnis, agama, dan bahasa, masyarakat Indonesia dapat disatukan dengan musik yang sudah menjadi ciri khas, yaitu dangdut. Meski banyak orang menganggap aliran musik dangdut itu sudah ketinggalan zaman, ternyata di luar negeri masih banyak digandrungi loh!

Buktinya saja, sosok asal Negeri Paman Sam ini menjuluki dirinya sebagai Raja Dangdut Amerika. Bernama lengkap Lexis Mazerski, pria yang tinggal di Los Angeles ini mendadak viral ketika mengunggah mahakaryanya berupa lagu Kugadaikan Cintaku yang dinyanyikan oleh Gombloh. Kisah lengkapnya akan diungkap dalam ulasan berikut ini.

Terkenal berkat lagu Mbah Dukun

Tiga tahun lalu, Lexis Mazerski pertama kali mengunggah video bernyanyinya ke kanal YouTube miliknya. Sembari pergi bekerja, ia masih sempat-sempatnya untuk mendendangkan lagu hits pada awal era 2000an. Sahabat Boombastis (Saboom) pun pasti sudah hafal dengan lagu di bawah ini.

Meski dirinya bukan penutur asli Bahasa Indonesia, pun tak memiliki sanak saudara di tanah air, pelafalannya cukup bagus dan enak didengarkan. Video tersebut pun tersebar luas di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan hingga saat ini, video berjudul Bule Bernyanyi Mbah Dukun Sementara Pergi ke Kantor ini sudah ditonton oleh lebih dari dua ratus ribu kali.

Menggunakan istilah Rhoma Irama untuk julukannya

Setelah mendapat respon yang baik dari para pengguna YouTube, Lexis pun terus mengunggah video-video bernyanyinya. Mulai dari lagu milik Meggy Z hingga Nella Kharisma sudah pernah dijajalnya. Namun, dilansir dari voaindonesia.com, ia mengungkapkan bahwa dirinya merupakan fans berat dari Gombloh dan Rhoma Irama.

Terang saja, ketika ia menyanyikan lagu Kugadaikan Cintaku dari Gombloh, dirinya benar-benar menghayati kata demi kata dalam liriknya. Selain Gombloh, ia pun menyanyikan lagu dari Raja Dangdut Indonesia yang berjudul Primadona Desa. Saking ngefans-nya, Lexis pun menggunakan istilah yang dimiliki oleh Rhoma Irama di Indonesia, yaitu Raja Dangdut Amerika untuk kanal YouTubenya.

Fans berat Meggy Z hingga membuat tato ‘Berdarah Lagi’ di tubuhnya

Era Meggy Z memang merupakan masa-masa emas di dunia perdangdutan tanah air. Lexis pun mengetahui hal tersebut setelah mengulik-ngulik soal dangdut. Selain kata-kata dalam liriknya yang menusuk ke relung hati terdalam, cara unik Meggy Z dalam membawakan lagunya pun membuat banyak orang jatuh cinta.

Lexis Mazerski [sumber gambar]
Demi mendedikasikan hidupnya untuk pedangdut favoritnya, ia pun membuat tato di tubuhnya. Dilansir dari voaindonesia.com, ia menggambar sebuah hati dan keris serta tulisan Berdarah Lagi yang merupakan salah satu lagu terpopuler Meggy Z. Totalitas banget, deh, kalau ngefans!

Belajar Bahasa Indonesia lewat lagu dangdut

Lexis mengungkapkan, pertama kali ia mengenal musik dangdut ketika sedang bertandang ke Indonesia, khususnya Bali dan Surabaya. Bak jatuh cinta pada pandangan pertama, itulah hal yang dirasakan Lexis ketika mendengarkan aliran musik tanah air ini untuk pertama kalinya. Setelah mendengar musik dangdut, terbit kecintaan terhadap budaya Indonesia lainnya.

Raja Dangdut Amerika [sumber gambar]
Ia pun mulai mempelajari kearfian lokal selama perjalanannya di tanah air. Banyak orang bilang bahwa Bahasa Indonesia itu mudah, namun tidak bagi Lexis. Meskipun begitu, ia tetap tertarik untuk belajar Bahasa Indonesia lewat lagu dangdut.

Melalui ulasan di atas, kita patut berbangga diri atas musik dangdut yang jadi ciri khas negara kita. Meski lagu EDM maupun K-Pop sudah merajalela di Indonesia, kita tak boleh lupa akar dari budaya kita sendiri. Bule saja cinta mati, masa kita enggak?