Ada segelintir orang di dunia ini yang dikaruniai kemampuan luar biasa yang tidak dimiliki sebagian orang lain. Boleh jadi kekuatan super atau kemampuan unik dan kebal terhadap sesuatu. Salah satu di antara mereka adalah Putu Suartawan.

Pria asal Banjar Yadnya Kerti, Desa Ularan, Kecamatan Seririt, Buleleng, Bali ini tahan atas rasa pedas sebanyak apapun ia makan cabe. Buah tersebut baginya sama seperti cemilan yang tak meninggalkan sensasi ‘membakar’ lidah seperti yang kita rasakan. Kok bisa sih? Simak faktanya berikut hingga akhir ya!

Keanehan berawal dari ia umur 6 tahun

Kebiasaan sejak kecil [Sumber gambar]
Kemampuan memakan cabe ini sudah dilakukan Putu sejak ia berumur 8 tahun. Ketika itu, ia sering ikut orangtuanya ke kebun dan tergiur memakan cabe yang warnanya menggoda. Anehnya, cabe yang seharusnya meninggalkan rasa pedas tidak dirasakan oleh Putu. Lidahnya seperti sudah kebal akan hal tersebut. Karena kerap memakan cabe yang seharusnya dijual, Putu tak jarang dimarahi oleh orangtuanya.

Lama kelamaan menjadi hal yang biasa

Semakin bertambah usia, kebiasaan makan cabe tersebut bukan lagi menjadi hal yang aneh. Putu menjadi orang yang dijuluki dengan ‘manusia cabe’ karena kemampuannya. Dalam sehari ia bisa makan cabe dalam jumlah banyak, Putu mengaku sehari ia bisa menghabiskan 3 kilogram cabe. Putu juga mengaku kalau dirinya tak hanya memakan cabe, tapi juga menggunakannya sebagai masker di wajah. Bagaimana dengan rasa pedas atau perih? Uniknya, Putu sama sekali tak merasakan hal tersebut.

Tak segan untuk ngutang cabe ke penjual sayur

Kebal akan rasa pedas [Sumber gambar]
Cabe baginya sudah layaknya nasi yang menjadi kebutuhan pokok. Putu yang hanya berprofesi sebagai seorang satpam (security) tak jarang harus berhutang kepada penjual sayur saat harga cabe sedang mahal. Karena alasan keharusan makan cabe tersebutlah Putu sering ikut berbagai atraksi. Dari berbagai penampilan ia nantinya akan diberi sejumlah uang. Ia tak segan hadir dalam berbagai kesempatan untuk unjuk kebolehan. Pria ini mengharap keunikannya ini bisa menjadi sebuah hal yang nantinya dapat menghasilkan uang.

Tidak pernah bermasalah dari segi kesehatan

Dengan kemampuan yang ia miliki, pastinya banyak orang yang bertanya ‘apakah hal tersebut tidak berimbas pada kesehatan?’ Yap, Putu mengatakan dirinya pernah memeriksakan kesehatan kepada dokter terkait kegiatan makan cabe ini. Namun, dokter mengatakan bahwa tak ada kelainan, kondisi kesehatannya baik-baik saja, sistem pencernaan pun tak ada gangguan. Putu juga mengatakan kalau ia hampir tidak pernah terserang penyakit ringan seperti flu dan batuk. Malah, jika tidak memakan cabe ia akan merasa ada perasaan aneh dan tidak nyaman.

Kemampuan si ‘manusia cabe’ ini bukan dari keturunan, terbukti keempat anak Putu tak ada yang menyukai pedas. Hal seperti ini mungkin termasuk kelainan, tapi belum ada pernyataan dokter yang menyatakannya bahwa putu menderita suatu penyakit. Duh, kita yang melihat aja ngeri ya, bagaimana yang melakukan ya?