Putri Duyung Jepang Ternyata Buruk Rupa dan Seram

oleh Admin
07:46 AM on Oct 18, 2014

Selama ini kita mengenal putri duyung sebagai sosok manusia setengah ikan dengan wajah yang cantik dan tampan. Namun dalam budaya Jepang, jauh sebelum bersentuhan dengan budaya barat, mereka juga percaya manusia setengah ikan memang ada. Namun.. putri duyung versi Jepang ternyata buruk rupa dan mengerikan.

Putri-Duyung-Jepang-Ternyata-Buruk-Rupa-dan-Seram-1
Putri Duyung Jepang

Banyak sekali peradaban kuno di seluruh dunia yang percaya bahwa putri duyung benar ada. Setiap kebudayaan punya nama sendiri-sendiri, di Jepang, putri duyung dikenal dengan nama ningyo.Putri-Duyung-Jepang-Ternyata-Buruk-Rupa-dan-Seram-2

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Hingga tahun 1800, Jepang belum bersentuhan dengan dunia barat, sehingga ningyo adalah sosok yang digambarkan sebagai ikan berkepala manusia dan lebih sering digambarkan sebagai monster ketimbang makhluk baik hati.

Beberapa seniman kuno Jepang menggambarkan ningyo sebagai makhluk setengah ikan dan setengah manusia yang menakutkan serta sering berbuat jahat. Mereka digambarkan suka menganggu nelayan bahkan menculik mereka. Bahkan melihat ningyo dilaut dianggap sebagai petanda buruk.

Anehnya, ada juga rumor yang mengatakan bahwa jika seseorang menangkap ningyo dan memakannya, maka orang itu akan berumur panjang bahkan hidup abadi.

Namun waktu terus berlalu, warga Jepang kuno mulai bersentuhan dengan budaya barat. Maka lama kelamaan sosok ningyo menjadi lebih manusiawi. Sebagian ningyo digambarkan sebagai putri cantik di bawah laut. Seniman Kasho Takabatake yang lahir pada tahun 1888 dipaksa menggambar ningyo dalam versi barat namun memiliki sentuhan Jepang. Sehingga terciptalah ilustrasi ningyo yang cantik, dengan wajah ala barat dan kulit yang mulus.Putri-Duyung-Jepang-Ternyata-Buruk-Rupa-dan-Seram-3

Pada akhirnya, makin hari makin banyak seniman yang menggambarkan ningyo sebagai putri cantik dan beberapa kisah menyatakan bahwa ningyo juga bisa jatuh cinta dengan manusia. Entah benar atau tidak, ningyo atau putri duyung masih misteri, karena laut masih sangat luas dan baru sedikit yang sudah dijelajahi manusia.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA