Tiap empat tahun sekali, rakyat Indonesia punya satu tradisi dan kewajiban yang nggak boleh dilewatkan, yakni pemilu dan di tiap daerah akan berlangsung pilkada dengan misi menentukan siapa calon kepala daerah yang layak untuk menduduki posisi di kantor pemerintahan. Nggak bisa main-main nih dalam pelaksanaannya, karena pada dasarnya pemilihan langsung ini akan menentukan masa depan daerah masing-masing.

Nah, tahun ini khusus untuk kamu yang berada di Jawa Timur akan melangsungkan pemilihan kepada daerah untuk posisi Gubernur Jawa Timur yang baru lho. Sudah ada daftar calon yang fix ikutan salah satunya adalah Puti Guntur Soekarno. Asing nggak sih dengan namanya? Well pasti udah bisa nebak nih beliau siapa. Yuk cek fakta-faktanya berikut!

 

Puti masuk di jajaran Srikandi Pilkada 2018 dengan harta kekayaan yang paling sedikit

Salah satu kandidat Plgub Jatim 2018 – Khofifah Indar Parawansa [Image Source]
Hal yang wajib dilakukan oleh semua kandidat yang akan mengikuti pemilihan langsung adalah melaporkan harta kekayaan yang mereka punya dalam bentuk apapun. Ternyata setelah dibandingkan dengan kandidat lainnya, harta kekayaan yang dimiliki oleh Puti termasuk yang paling sedikit lho. Mulai dari asset rumah, mobil, surat berharga sampai beberapa koleksi miliknya total hanya bernilai sekitar Rp 2,8 milyar. Jauh lebih sedikit dibandingkan dengan rivalnya nanti, Khofifah yang punya kekayaan total sekitar 23 milyar.

Familiar dengan namanya? Puti memang punya hubungan darah dengan Pak Soekarno lho ternyata

Puti dan Kegiatannya [Image Source]
Kalo diteliti lagi nih, nama Puti punya nama belakang “Soekarno” yang kita tahu adalah salah satu pahlawan nasional, nggak salah deh kalo kamu ngira hal ia punya keturunan langsung dari Pak Soekarno ini. Nama panjang Puti adalah Puti Pramathana Puspa Seruni Paundrianagari Guntur Soekarno Putri, ia adalah cucu pertama dari Soekarno, ayahnya adalah Guntur Soekarnoputra yang tidak terjun dalam dunia politik seperti adiknya, Megawati Soekarnoputri. Nggak salah deh kalo Puti punya minat tinggi dalam bidang politik Indonesia.

Meskipun jika dibandingkan punya harta lebih sedikit dari calon lain, tetap semangat untuk jadi calon wakil rakyat!

Puti di salah satu acara PDI-P [Image Source]
Jangan salah lho, meskipun namanya nggak terlalu eksis selama ini di Jawa Timur sebelum akhirnya digandeng oleh Saifullah Yusuf, Puti udah berkiprah dalam dunia politik lumayan lama di dewan komisi X DPR Periode 2009-2014 dan selama ini ia berperan aktif sebagai Wakil Ketua Yayasan Fatmawati dan Ketua Yayasan Wildan. Pengalamannya di bidang politik dan sosial ini kemudian membuat Gus Ipul terpincut dan mengajak serta Puti bergabung.

Pidato Puti sempat memukau banyak akademisi Jepang lho!

Puti saat berada di Universitas Kokushikan Jepang [Image Source]
Semangat Puti nggak hanya dalam dunia politik, melalui pidatonya tentang Indonesia sempat membuat puluhan akademisi Jepang kagum. Nggak cerdas, ia mewarisi gaya bicara dan pidato Soekarno yang selalu berapi-api dalam berbicara. Materi yang ia sampaikan saat berada di Forum Diskusi di Universitas Kokushikan, Jepang ini remarkable banget deh!

Semangatnya memikat seorang pria asli Surabaya, Joy Kameron

Puti dan Keluarga [Image Source]
Punya aktifitas yang segudang dan juga punya nama tersendiri dalam dunia politik nggak membuat Puti luput dari perhatian seorang pria asli Surabaya bernama Johansyah Jaya Kameron yang kerap disapa Joy Kameron. Pria ini juga mendampingi Puti saat mendaftarkan diri ke KPU loh. Joy rupanya suka dengan bagaimana Puti bisa membawa diri dan jatuh cinta sama semangat Puti untuk turut membenahi Jawa Timur.

Meskipun mungkin pemilu masih beberapa waktu lagi, tapi nggak ada salahnya kalau mulai sekarang menimbang-nimbang mana calon yang pantas untuk memimpin, terutama yang ada di wilayah Jawa Timur. Pesannya, jadi pemilih yang cerdas karena nasib suatu daerah tergantung dari pemimpin yang dipilih oleh masyarakatnya. So, jangan sampai asal contreng ya!