Punakawan, Tokoh Pewayangan Mahabarata yang Kental Dengan Nilai Islam

oleh Rizal
07:00 AM on Sep 11, 2015

Pasti masih ingat dong sebelum acara drama Turki menginvasi stasiun televisi kita, tayangan India benar-benar berjaya. Tak hanya serial yang berbau Islami seperti Jodha Akbar, tapi juga kisah pewayangan epic seperti Mahadewa dan Mahabarata. Membicarakan tentang Mahabarata, seperti yang kamu tahu jika cerita tentang petualangan Pandawa Lima ini juga sangat identik dengan Indonesia.

Namun ada beberapa perbedaan antara milik kita dan India. Yup, benar sekali hal tersebut adalah para Punakawan. Di Mahabarata versi India takkan kamu temui Semar dkk, namun uniknya tokoh-tokoh ini ada di kisah Mahabarata Indonesia. Kerennya lagi, ada sebuah fakta menarik jika para Punakawan ini ternyata sangat kental dengan nilai-nilai yang berbau Islami.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Ya, dulu ternyata para wali memanfaatkan tokoh-tokoh unik ini sebagai cara untuk berdakwah. Hingga akhirnya ajaran agama ini bisa benar-benar diterima. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Semar

Para Punakawan sebenarnya sama sekali tidak terkait dengan isi cerita inti Mahabarata. Kehadiran mereka hanya sebagai pencair suasana konflik saja. Namun penokohannya yang dikemas unik akhirnya karakter ini pun dianggap sama pentingnya dengan yang lain. Salah satu tokoh Punakawan yang bisa dianggap paling ikonik adalah Semar.

Bentuk fisik Semar mengandung filosofi yang sangat dalam [Image Source]
Bentuk fisik Semar mengandung filosofi yang sangat dalam [Image Source]
Nama Semar sendiri berasal dari berbagai kata, mulai ‘Ismar’ , ‘Mismar’, atau ‘Simaar’yang artinya adalah paku. Namun lidah orang Jawa menyebutnya dengan Semar. Arti paku dalam nama Semar sendiri berarti adalah mencapnya sesuatu dalam hal ini adalah ketauhidan atau keimanan. Semar juga sering disebut dengan nama lengkap Semar Badrayana yang artinya melaksanakan perintah Tuhan untuk kesejahteraan manusia. Dari namanya saja sudah sangat jelas jika di balik penokohan Semar terdapat maksud filosofis yang dalam.

Tokoh Semar sendiri digambarkan dengan sangat filosofis. Dari atas, rambut kuncungnya menandakan jiwanya yang muda, namun raut wajahnya yang keriput serta tubuhnya yang bongsor menandakan ketuaan yang jelas. Raut muka Semar juga sangat unik, matanya terlihat seperti sangat bersedih namun bibirnya tersenyum lebar. Posisi tangan juga begitu, sebelah kiri menunjuk ke bawah dan yang kanan seolah diangkat ke atas. Menjabarkan filosofi karakteristik fisik dan juga posisi tubuh Semar ini mungkin akan menghabiskan ratusan lembar halaman, namun intinya adalah keseimbangan.

2. Petruk

Petruk adalah anak kedua Semar. Karakter ini digambarkan sangat berbeda dengan sang ayah. Petruk berpostur tubuh tinggi kurus dengan hidungnya yang mancung. Dalam pewayangan, tokoh ini dikenal dengan dagelan atau bercandaannya yang cerdas namun kadang jahil. Petruk memang sangat pandai bicara dan mudah menarik hati. Kadang ia juga suka menyindir apa pun, termasuk celotehannya sendiri.

Petruk adalah Punakawan paling cerdas dibandingkan yang lain [Image Source]
Petruk adalah Punakawan paling cerdas dibandingkan yang lain [Image Source]
Nama Petruk berasal dari ‘Fatruk’ yang diambil dari penggalan kalimat tasawuf terkenal ‘Fatruk kulla maa siwallahi’. Artinya adalah tinggalkan semua dan berserah diri kepada Tuhan. Ciri fisik Petruk yang serba panjang, misalnya hidung dan juga rambutnya, melambangkan jika manusia haruslah memiliki pikiran yang panjang. Aplikasinya bisa apa pun, entah itu berpikir masak-masak atau bisa juga dengan bersabar.

3. Bagong

Bagong merupakan Punakawan terakhir atau anak bungsu Semar. Banyak yang mengatakan jika Bagong adalah bayang-banyang Semar. Hal tersebut digambarkan dengan figur tubuh yang identik dengan Semar walaupun Bagong punya ciri khasnya sendiri. Misalnya mata besar yang menyala, model rambut dan juga bibir yang lebih memble.

Bagong adalah kebalikan dari Petruk untuk segala hal [Image Source]
Bagong adalah kebalikan dari Petruk untuk segala hal [Image Source]
Bagong punya perangai yang lebih lugu dibanding Punakawan yang lain. Alhasil, ia sering sekali bikin kelucuan-kelucuan dengan tingkahnya yang kadang kurang menunjukkan sopan santun. Meskipun yang paling lugu, namun Bagong kerap kali bercanda bahkan pada situasi yang genting sekalipun. Sehingga ia juga jadi hiburan tersendiri di saat-saat yang dibutuhkan.

Ada beberapa versi yang beredar tentang nama Bagong ini. Pertama adalah ‘Baqa’ yang artinya adalah keabadian. Hal tersebut bisa diartikan jika dunia ini adalah tempat singgah saja, masih ada alam lain yang lebih kekal atau abadi yakni akhirat.  Bagong juga didapatkan dari kata ‘Bagha’ yang artinya menolak atau memberontak. Istilah ini pun bisa diartikan beragam, misalnya saja menolak kezaliman, memberontak kepada hal-hal yang tidak baik dan sebagainya.

4. Gareng

Gareng adalah anak pertama Semar dan bisa disebut dengan Punakawan kedua. Gareng punya sifat yang sangat berbeda dengan saudara-saudaranya yang lain. Ia tidak jago berbicara atau melucu seperti Petruk, tak juga aktif bicara dan mengkritik apa pun seperti Bagong. Gareng digambarkan punya sifat pendiam, namun juga tetap lucu sesuai dengan tugas Punakawan sebagai penghibur.

Digambarkan dengan fisik yang tak sempurna, kisah gareng mengandung banyak sekali pesan moral [Image Source]
Digambarkan dengan fisik yang tak sempurna, kisah gareng mengandung banyak sekali pesan moral [Image Source]
Ciri fisik Gareng juga sangat berbeda dengan saudara-saudaranya yang lain. Ia digambarkan sebagai karakter yang cacat kaki dan tangannya. Namun seperti yang telah dijelaskan, Gareng tetap bahagia hidup bersama keluarganya yang unik ini. Dalam sebuah cerita, Gareng yang punya kekurangan fisik ini pernah diangkat menjadi raja. Hal ini bisa diartikan jika siapa pun yang memiliki kemampuan bisa menggapai apa pun walau kondisi fisiknya tak sempurna.

Gareng berasal dari kata ‘Qariin’ yang artinya adalah teman. Ya, dari sini saja sudah bisa diartikan jika manusia haruslah punya banyak teman. Bukan sembarang teman, tapi yang selalu bisa mengerti dan mengajak kepada kebaikan. Seperti Gareng yang tetap selalu dihargai oleh Punakawan yang lain meskipun fisiknya yang tak sempurna atau celotehanya yang selalu salah.

Eksistensi Punakawan sendiri sempat mendapatkan kritik tegas kala pertama kali digunakan oleh Sunan Kali Jaga. Pasalnya bentuknya sangat mirip manusia dan hal ini tentu saja dilarang. Namun akhirnya Sunan Kali Jaga mengubah perawakan para Punakawan seperti yang sekarang ini. Jika dilihat memang sudah tidak mirip sama sekali dengan manusia, bukan?

Gubahan tokoh Punakawan oleh Sunan Kali Jogo ini pertama kali ditunjukkan dalam acara peresmian Masjid Demak. Tajuknya sendiri adalah ‘Hilangnya Jimat Kalimasada’. Ya, Kalimasada ternyata tak lain adalah dua kalimat syahadat.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Dibangun Mewah Berjuta-juta, TKW Ini Robohkan Rumah Barunya dengan Alasan yang Ngelus Dada Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia
BACA JUGA