in

5 Hewan Cantik ini Punah Gara-Gara Diburu Habis-Habisan Oleh Manusia

5. Sapi Laut Steller

Bumi pernah dihuni oleh hewan besar nan cantik bernama sapi laut Stellar. Bentuknya sendiri tak ubahnya seperti sapi laut pada umumnya dengan moncong khas serta perut yang membuncit itu. Diketahui, sapi laut Steller tinggal di daerah laut Bering dan ditemukan oleh seorang penjelajah bernama Steller.

Hanya selisih 27 tahun sejak hewan ini ditemukan hingga mengalami kepunahan [Image Source]
Hanya selisih 27 tahun sejak hewan ini ditemukan hingga mengalami kepunahan [Image Source]
Dilihat dari ukurannya sendiri, sapi laut ini mungkin jadi yang salah satu yang terbesar di Bumi. Pasalnya, tubuhnya sendiri mencapai sekitar 8 meter dengan berat hingga 4 ton. Binatang ini sudah punah sejak tahun 1768. Ya, hewan besar yang kalem ini dibunuh karena semua yang ada dimilikinya berguna untuk manusia. Dagingnya bisa dimakan, lemaknya bisa dijadikan minyak serta kulitnya juga bisa dijadikan mantel. Tercatat, hanya sekitar 27 tahun mereka punah sejak pertama kali ditemukan oleh Stellar.

Meskipun manusia sudah sangat aware dengan kepunahan di zaman sekarang ini, namun ancaman seperti ini tetap ada dan menghantui beberapa jenis hewan. Misalnya saja orangutan, badak Jawa, gajah Sumatera, harimau Siberia dan masih banyak lagi yang lainnya. Sudah tugas kita untuk menjaga mereka meskipun bukan asli Indonesia.

Baca Juga : 10 Bencana yang Bisa Membuat Manusia Punah Sebelum Kiamat Datang

Kepedulian penuh sangat membantu eksistensi mereka, upaya setengah-setengah hanya malah membuatnya makin punah. Buktinya adalah ayam Heath yang sempat diproteksi dari perburuan namun akhirnya benar-benar punah. Hal tersebut karena tidak ada tindakan yang benar-benar serius. Jangan sampai kejadian ini terjadi untuk yang selanjutnya.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

Ini Dia 5 Alasan Kenapa Naik Angkot Itu Keren

Pernah ‘Menuju Puncak’, Inilah Kabar Terakhir AFI Angkatan Pertama