in

Mahangetang, Atraksi Gunung Api yang Tersembunyi di Bawah Laut Indonesia

Cincin Api Indonesia tidak hanya ada di daratan, tapi juga tersembunyi di bawah laut. Mahangetang namanya. Gunung api ini berselimutkan samudera, tapi juga dihiasi kehidupan bawah laut yang tak kalah dari Bunaken.

Banyak yang ingin mencoba cadasnya menyelam di Mahangetang. Selain unik, sensasi hangat di dalam lautan bikin banyak orang penasaran. Berikut beberapa fakta yang menakjubkan tentang Pulau Mahangetang.

Keberadaan Gunung Api Mahangetang

[image source]
Gunung Api Mahangetang merupakan gunung berapi yang masih aktif dan berada pada deretan Ring of Fire Pasifik. Masyarakat sekitar Pulau Mahangetang biasa menyebut gunung ini dengan Banua Wuhu. Untuk mencapai puncak, anda hanya harus menyelam sedalam 6 sampai 8 meter, sehingga aman dari bahaya lava atau udara beracun. Karena inilah, CNN menobatkan Banua Wuhu sebagai tempat menyelam terunik di dunia. Jadi bagi anda yang tidak terlalu jago diving, tetap bisa mencobanya. Keren bukan?

Atraksi Underwater Volcano

[image source]

Anda harus menyelam sekitar 10 sampai 20 meter untuk menemukan ekosistem  bawah laut Pulau Mahangetang yang cantik. Terdiri dari gugusan terumbu karang yang rapat berjajar, kondisi terumbu karang pun tampak sehat dan segar. Tidak hanya itu, keberadaan biota laut dan ikan berupa-rupa warna memanjakan mata penyelam. Karena keindahan dan keunikan inilah, Pulau Mahangetang dikunjungi banyak wisatawan mancanegara dan masuk salah satu daftar pulau dengan ekosistem bawah laut terindah di dunia setelah Kepulauan Karibia.

Salah Satu Ekosistem Bawah Laut Terindah di Dunia

[image source]
Atraksi Underwater Volcano merupakan proses keluarnya gelembung-gelembung udara dari terumbu karang di daerah sekitar puncak gunung api. Hal ini terjadi karena di kedalaman itu, suhu air laut mencapai 37 sampai 38 derajat Celsius. Gelembung-gelembung ini mempercantik tampilan terumbu karang. Meski begitu, jangan sekali-kali menyentuh gelembung yang masih berada dalam rongga terumbu karang, karena sangat panas. Berbeda dengan di bagian luar terumbu yang telah bercampur dengan suhu air laut.

Rute Menuju Pulau Mahangetang

[image source]
Jika anda melilih jalur laut, maka dari Pelabuhan Manado menuju ke Tahuna dengan kapal yang dapat ditempuh sekitar 5-6 jam. Kemudian dilanjutkan ke Pulau Mahangetang. Jika pilihan anda adalah jalur udara, maka dari Bandara Internasional Sam Ratulangi langsung menuju Tahuna dilanjutkan ke Pulau Mahangetang. Sedangkan untuk menuju spot diving Underwater Volcana, dapat ditempuh dengan speedboat selama satu jam.

Yup, itulah sekilas tentang Pulau Mahangetang yang bisa jadi alternatif pilihan diving antimainsteam di saat liburan. Dan ini, ada di Indonesia lho. Sudah tidak sabar kan menyelami gunung api di bawah laut?

Written by Aini Boom

Leave a Reply

4 Alasan Kenapa Cowok Naik Matic itu Nggak Keren

4 Kontroversi Melania Trump yang Bikin Warga Amerika Malu