Ternyata Seperti Ini Lho Puasa di Negara-Negara Mayoritas Non Muslim

oleh Rizal
07:00 AM on Jun 10, 2016

Ada banyak alasan kenapa puasa di Indonesia itu sangat nikmat jika dibandingkan dengan negara lain. Pertama karena letak geografis Indonesia yang membuat kita hanya perlu menahan lapar kurang lebih 12 jam saja, berbeda dengan negara lainnya yang lebih lama. Tak hanya itu, alasan utama kenapa puasa di sini menyenangkan tak lain adalah karena penduduk Indonesia mayoritas beragama Islam.

Lantaran kebanyakan masyarakat Indonesia adalah Muslim, maka kita sangat bebas mau berpuasa. Orang-orang non Muslimnya juga sangat apresiatif dan menghargai. Benar-benar surga puasa di Indonesia itu. Sekarang mari kita berandai-andai sejenak. Bagaimana jika seandainya Indonesia adalah negara non Muslim yang tidak begitu toleran terhadap Islam? Jika seperti ini tentu saja ibadah puasa akan makin berat lagi.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Tapi, apakah benar seperti itu sensasi puasa di negara-negara non Muslim? Bisa iya tapi juga bisa tidak. Untuk mengetahui hal tersebut, simak ulasan tentang bagaimana puasa di negeri-negeri minoritas Islam berikut.

1. Seperti ini Sensasi Puasa di Korut

Korut adalah salah satu negara di mana Muslim jadi minoritas. Kalau dilihat dari statistiknya, penduduk Muslim di sana tak sampai satu persen dari total warganya. Bahkan sepertinya hampir tak ada seorang pun warga Korut asli yang memeluk Islam. Diketahui, hanya para diplomat dan keluarga kedutaan yang jadi penyumbang angka Muslim di sana.

Kegiatan keagamaan di Korut [Image Source]
Kegiatan keagamaan di Korut [Image Source]
Soal puasa di Korut, tentu saja hal tersebut tak semudah seperti di sini. Terutama soal nuansa yang sama sekali tak ada kesan ramadannya sedikit pun. Meskipun demikian, belum pernah ada cerita tentang gangguan-gangguan yang dialami para penduduk Muslim yang berpuasa di sana. Kesimpulannya, puasa di Korut tak terlalu menyeramkan seperti yang kita pikir.

2. Puasa di Israel yang Ternyata Menyenangkan

Kita mungkin berpikir jika Israel adalah tempat paling tidak nyaman di muka Bumi bagi para Muslim. Bagaimana tidak, kita lihat sendiri beritanya bagaimana mereka berbuat kejam kepada para penduduk Palestina selama bertahun-tahun. Meskipun kesannya Israel anti Islam, tapi di sisi lain mereka menunjukkan hal yang luar biasa.

Potret Muslim di Israel [Image Source]
Potret Muslim di Israel [Image Source]
Islam adalah minoritas di Israel, kurang lebih hanya sekitar 17 persen dari total populasi yang ada. Tapi, negara ini ternyata menyambut baik para Muslim di sana. Sulit dipercaya, ya. Mereka mungkin menghancurkan Palestina dan penduduknya, tapi orang-orang Israel sendiri begitu toleran dengan kaum Muslim di sana. Soal puasa, ya, sama sekali tidak ada hambatan yang berarti.

3. Puasa di Myanmar yang Katanya Ngeri

Tidak bermaksud menggiring opini buruk, tapi sudah jadi rahasia umum kalau Myanmar sepertinya tidak terlalu menyukai Muslim. Bukti paling nyatanya adalah bagaimana mereka mengusir etnis Rohingya dengan begitu kejam. Islam memang jadi minoritas di sana, dan sebagai minoritas, Muslim Myanmar mengalami banyak hal yang tak menyenangkan.

Muslim Rohingnya di Myanmar [Image Source]
Muslim Rohingnya di Myanmar [Image Source]
Soal puasa, ada banyak cerita tentang bagaimana mereka sangat berat dalam melakukan ibadah ini. Orang-orang Rohingya yang terusir tersebut mengatakan jika di kampung mereka dulu, puasa adalah hal yang tak boleh dilakukan. Ketahuan melakukannya, mereka akan dianiaya. Alhasil, orang-orang ini akhirnya berpuasa secara diam-diam. Makanya mereka sangat senang ketika berada di Aceh karena bisa beribadah dengan maksimal tanpa gangguan.

4. Puasa di Kuba Ternyata Juga Cukup Menyiksa

Dari sekian banyak negara minoritas Islam, mungkin hanya Kuba satu-satunya negara yang tak memperbolehkan masjid berdiri. Dulu pernah ada wacana, tapi tak jadi dieksekusi. Dari sini kita bisa simpulkan jika Muslim di sana cukup tersiksa dengan apa yang mereka alami.

Potret Muslim di Kuba [Image Source]
Potret Muslim di Kuba [Image Source]
Bagaimana dengan puasa Muslim di sana? Ya, bisa dibilang tidak terlalu menyenangkan. Para Muslim Kuba harus bergelut dengan banyak hal. Tak hanya godaan-godaan yang ada tapi juga soal makanan halal yang katanya sangat susah dijumpai. Kesimpulannya, cukup menyusahkan puasa di sini.

5. Puasa di Rusia Menyenangkan, Tapi…

Rusia bukanlah negara mayoritas Islam. Tapi, dibandingkan negara non muslim lainnya, di sini prosentase Muslimnya cukup besar. Sekitar 6,5 persen atau kalau dikonversikan menjadi total penduduk jumlahnya adalah sekitar 9 juta orang. Islam di sini sangat-sangat diterima. Bahkan pertumbuhannya lumayan bagus dari tahun ke tahun.

Muslim Rusia [Image Source]
Muslim Rusia [Image Source]
Soal puasa, tentu saja sangat menyenangkan di sini. Masjid banyak, halal food melimpah, banyak juga acara-acara seperti buka bersama. Masalah puasa di sini hanya satu sebenarnya, yakni durasi yang cukup lama. Tak seperti di Indonesia yang hanya 12 jam saja, di sana kurang lebih 17-18 jam.

Ya, beginilah para saudara Muslim kita berpuasa di negara-negara minoritas. Ada yang menyenangkan, tapi ada juga yang memberatkan. Lagi-lagi kita harus benar-benar bersyukur tinggal di Indonesia. Puasa di sini sangatlah menyenangkan dan bikin iri penduduk muslim di negara lain.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA