Menelisik Profesi Perias Jenazah, Kalau Beruntung Puluhan Juta di Tangan Tiap Bulan

Sering dipandang sebelah mata, penghasilannya luar biasa

oleh Arief Dian
09:00 AM on Jul 1, 2017

Bekerja di bidang pemakaman atau mengurus mayat mungkin bukanlah sebuah profesi yang diinginkan oleh banyak orang. Alasannya tak lain karena selain harus berhubungan langsung dengan jenazah yang tentu punya sensasi ngeri, banyak orang yang menganggapnya profesi ini ber-income yang cukup sedikit. Oleh sebab itu mungkin hampir jarang ada orang yang langsung berkata ‘iya’ ketika ditawari pekerjaan ini.

Kesan bekerja di lahan ini mungkin seperti itu, tapi siapa sangka jika nyatanya pekerjaan mengurus mayat memiliki bayaran yang cukup menjanjikan. Dalam satu bulannya para penggelut profesi tersebut bisa meraup hingga puluhan juta. Enaknya lagi, bidang pekerjaan ini saingannya pun cukup sedikit. Jadi, ya, aslinya pekerjaan perawat atau perias mayat bisa menjanjikan masa depan yang cukup cerah.

Baca Juga
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi
Cantiknya Istri 6 Pemimpin Daerah di Tanah Air Ini Dijamin Bikin Kamu Terpesona dan Ngiri

Dianggap sebelah mata, jadi jarang yang ada yang mau

Kalau merias pengantin sih sudah banyak yang menekuni, namun kalau yang satu ini perlu mental baja. Dari namanya saja sudah sangat serem kalau didengar. Selain harus punya mental kuat, para perias ini juga mesti memiliki skill merias yang mumpuni.

Perias mayat [image source]
Memang sih kelihatannya mudah lantaran orang yang dirias tidak bergerak. Namun ternyata di sana lah letak kesulitannya. Karena tidak bisa bergerak, jadi sulit untuk mengatur posisi tubuhnya. Apalagi kalau jenazahnya ternyata sudah lumayan kaku, bakal mikir seribu cara untuk meriasnya. Namun demikian, para perias mayat ini mesti profesional dan mencari jalan keluar memecahkan masalah tersebut. Oleh sebab itu jarang yang mau.

Apapun hasilnya, si mayat tidak akan komplain

Memang di balik susahnya menjadi perias mayat, ternyata ada sukanya juga. Misalnya saja, perias tidak perlu repot-repot dalam memilih bagaimana mau merias jenazah. Asal kelihatan sopan dan bagus, maka itu sudah dirasa cukup. Apalagi si mayat tidak mungkinkan akan komplain karena riasannya dinilai kurang. Bakal malah horror kalau andai saja si mayat bilang bedaknya kurang tebal.

Ada senannya [image source]
Paling-paling yang komplain adalah pihak keluarga, namun itupun biasanya masalah sepele. Bedaknya terlalu tebalkah, ketipisan kah, tinggal diperbaiki dengan mudah. Satu lagi hal yang menyenangkan, tidak perlu make up yang mahal buat merias mayat, asal dirasa pas itu saja cukup.

Bila beruntung penghasilan bisa puluhan juta

Honor seorang perias mayat ternyata lumayan loh, bahkan bisa saja bikin tajir. Dalam satu kali merias, biasanya mereka dibayar Rp 500 ribu. Belum lagi kalau mereka ikut melakukan kerja sama dengan sebuah lembaga atau institusi, bisa lebih tinggi hasilnya.

Uang [image source]
Dalam satu kali rias bisa menghasilkan Rp 800 hingga Rp 1 juta. Itu kalau satu kali, kalau ternyata dalam sebulan mereka dapat order dua puluh mayat, bisa langsung buat beli sepeda mator baru bukan? Awalnya memang dianggap remeh sih, namun kalau tahu penghasilan bisa sampai segitu, pegawai kantoran saja kalah dibuatnya.

Kalau di luar negeri malah seperti ladang emas

Berbeda di Indoensia beda pula dengan apa yang ada di luar negeri. Misalnya di Amerika, seorang perias jenazah kadang bisa mendaptkan penghasilan mencapi Rp 477 juta dalam melakukan riasan. Namun tidak semua yang seperti itu, pasalnya ada yang dibayar per jam.

Luar negeri [image source]
Dalam satu jam, seorang perias bisa dibayar hingga Rp 200 ribu. Ingat itu hanya perjam, kalau dihitung harian, mungkin satu hari sudah lebih dari Rp 2 juta mereka dapatkan. Kalau di luar, memang profesi ini menjadi yang utama untuk ditekuni jika memang ingin menjadi kaya.

Mungkin sih kelihatannya seram, tapi ternyata setimpal dengan bayarannya. Butuh keberanian mental dan skill merias yang lumayan jika ingin menekuni profesi ini. Oleh sebab itu bukan hal yang aneh jika mereka ini dibayar dengan gaji yang luar biasa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA