Tren kecantikan itu tak hanya digandrungi oleh anak-anak zaman now saja. Dari dulu (90an), generasi mudanya sudah gemar berdandan dan mempercantik diri, baik lelaki maupun perempuan. Nah, untuk itu mereka pastinya harus punya kosmetik dong. Yap, tidak perlu mahal-mahal kok, dengan hanya bermodal belasan ribu saja, mereka akan bisa tampil necis dan kece.

Buat kamu yang masa kecilnya di era itu, kamu pasti sangat kenal dengan beberapa produk ini. Dari bedak, minyak wangi, sampai pita rambut, kalau sudah memakai rasanya kamulah yang paling keren. Nah, nostalgia lagi yuk Saboom semua!

Bedak Fanbo bergambar Putri China

Bedak Fanbo [Sumber gambar]
Siapa yang dulu setiap berangkat ke sekolah rutin memakai bedak ini? Yap, jika dilihat dari kemasan, bedak satu ini bergambar wanita China. Hal tersebut tidak lain karena pada zaman dulu, Fanbo banyak sekali digunakan oleh putri petinggi di Tiongkok. Bedak Fanbo mulai diproduksi pada tahun 1986 dengan nama pertama Hoiting Powder. Walaupun dulu hanya dibeli dengan harga 7000an saja, bedak ini memiliki banyak manfaat loh, di antaranya melancarkan metabolisme kulit. Selain itu, wanginya yang khas akan membuat anak zaman old makin percaya diri.

Kelly, krim kecantikan yang memutihkan kulit

Kelly cream [Sumber gambar]
Banyak yang menyangka kalau Kelly merupakan produk luar negeri karena namanya yang agak kebarat-baratan lengkap dengan gambar perempuan berambut pirang. Namun, produk ini ternyata asli Indonesia loh Saboom. Bahkan, hingga kini kemasan Kelly ini tak berubah. Remaja zaman dulu biasanya memakai Kelly untuk alas bedak yang juga bisa menutupi jerawat. Nah, kalau mau memutihkan kulit wajah juga bisa, apalagi kalau bukan dengan memoles wajah dengan krim ini saat hendak tidur.

Bedak Viva sachet yang harganya sangat terjangkau

Bedak Viva sachet [Sumber gambar]
Selain dua bedak di atas, bedak Viva sachet ini juga sangat laris manis. Harganya yang terjangkau dan tak bikin kantong jebol membuat ia menjadi primadona. Viva sudah ada sejak tahun 1962, hingga kini bedak ini sudah jarang sekali kamu temukan karena sudah berganti dengan berbagai produk bermerek sama. Bedak ini memiliki beberapa shades warna kulit sehingga sangat mudah disesuaikan dengan warna kulit pemakainya.

Pomade Tancho yang hits pada masanya

Pomade Tancho [Sumber gambar]
Buat para remaja cowok, mereka juga punya cara tersendiri untuk menarik perhatian, salah satunya adalah dengan memakai pomade Tancho yang waktu itu hits banget. Pomade klasik ini pasti punya aroma khas aki-aki atau bapak-bapak zaman bahula, yang lebih ke aroma segar dan sedikit menyengat aroma hijau-hijauan. Saat mereka mandi pun, rambut akan tetap bisa klinis dan disisir kembali. Luar biasa bukan?

Brisk, minyak rambut yang kini dikenal sebagai Clear

Brisk zaman dulu [Sumber gambar]
Brisk memang sudah punah dan tidak pernah tampak lagi dijual. Namun, mungkin kamu tak pernah sadar jika produk satu ini masih eksis hingga sekarang loh, hanya saja Brisk sekarang tampil dengan brand shampo rambut Clear. Jika kamu jeli, Brisk dan Clear ini punya aroma khas yang tidak berubah sama sekali dari pertama kali ia muncul. Jadi, bagi yang mau bernostalgia dan memunculkan kenangan lama, tetap bisa dengan produk shamponya.

Bedak Saripohatji sejak 1927

Bedak Saripohatji sejak 1927 [Sumber gambar]
Dari semua jenis make up kecantikan, bedan ini tergolong paling tua usianya. Saripohatji adalah bedak yang sudah ada sejak tahun 1927. Bedak ini dibuat dari bahan alami campuran dari kunyit, jeruk nipis, temulawak, tepung beras, dan dedaunan alami. Bedak ini dikemas dalam kantung plastik yang isinya 50 butir. Kalau remaja dulu, pakainya hanya dengan dua cara: pertama, dihaluskan dan dijadikan bedak tabur, kedua dijadikan sebagai masker dengan dicampur air. Kamu pakai dengan cara mana?

Bonus: Jepit rambut legend andalan para remaja cewek

Jepit rambut anak zaman old [Sumber gambar]
Setelah pakai make up kece, rasanya tak lengkap cantikmu tanpa jepit rambut satu ini. Selain harganya yang murah meriah, bentuk yang simple dan berbagai warna juga menjadi daya tarik. Setiap ke sekolah pasti kamu menemukan banyak kembaran yang memakai jepit rambut ini –katanya enggak keren kalau  sampai enggak punya. Sayang, sekarang accesoris warna-warni ini sudah tak pernah lagi dipakai. Ya,sebenarnya masih ada sih, tapi sudah bertransformasi menjadi warna netral seperti hitam dan putih.

Nah, itulah sederet tips kecantikan ala remaja zaman dulu. Ternyata memang ‘cantik itu tak harus mahal’ kok. Hanya dengan beberapa ribu rupiah saja, kamu ssudah bisa tampak keren dan setara dengan orang lain. Hanya saja sekarang barang-barang di atas sudah sangat jarang kita temukan, kalaupun ada harganya sudah tidak se-bersahabat dulu.