Guys, apa yang akan kalian lakukan seandainya ada uang nyasar ke rekening kalian? Hmm, kebanyakan dari kita akan diam-diam mensyukuri rejeki nomplok yang datang tersebut. Lumayan bisa dibuat investasi masa depan. Apalagi jika jumlahnya di atas 10 juta.

Mungkin terdengar agak ajaib, namun seorang pria asal Malaysia baru-baru ini menerima rejeki nomplok di rekeningnya. Tidak tanggung-tanggung, ia menerima uang sebesar RM 7.125,60 alias sekitar Rp. 22,5 juta! Namun, sikapnya mengenai uang nyasar tersebut membuat kita semua mengelus dada. Simak kisahnya berikut ini.

Ketahuan Ketika Sedang Mencetak Buku Tabungan

Cerita ini diunggah ke sosial media facebook oleh anaknya sendiri, Shena Lee dan mendadak viral. Seorang pria Malaysia bernama Lee Ban Wah pergi ke bank untuk mencetak buku tabungannya kala itu. Ketika ia cek rekening tabungannya, jumlahnya tidak masuk akal.

Uang Nyasar [image source]
Ia bercerita bahwa ada tambahan sekitar Rp 22,5 juta ke dalam rekeningnya. Tentu saja Pak Lee terkejut. Ia tidak sedang melakukan pekerjaan apapun yang mendatangkan uang segitu banyak. Ia juga mengaku tidak ada yang berhutang kepadanya sebanyak itu.

Ternyata Uang Nyasar

Akhirnya, Pak Lee dengan bantuan anaknya meminta pihak bank untuk mengkroscek uang apa dan dari mana yang masuk ke rekeningnya itu. Pihak bank lalu menyatakan bahwa uang tersebut berasal dari sebuah perusahaan. Sontak, Pak Lee mengontak perusahaan tersebut.

Isi Pesan Pak Lee [image source]
Ia mengatakan bahwa sepertinya ada kesalahan. Pihak perusahaan lalu mengonfirmasi bahwasanya pihaknya telah salah transfer. Seharusnya uang tersebut adalah gaji dua bulan milik pegawainya, karena nama dan nomor rekening hampir mirip, nominal sebesar Rp. 22,5 juta itu nyasar ke tabungan Pak Lee.

Perbuatan Pak Lee yang Mencengangkan

Pak Lee tidak seperti kebanyakan orang yang akan menikmati rejeki nompol tersebut. Ia malah berbuat sebaliknya. Ia mengembalikan uang tersebut kepada perusahaan untuk diberikan pada pegawai yang seharusnya memang menerimanya.

Bukti Transfer [image source]
Hal tersebut disambut baik oleh pihak perusahaan. Walau bagaimanapun, sekarang tidak banyak orang yang akan bersikap seperti Pak Lee dalam keadaan seperti ini. Pihak perusahaan berkali-kali mengucapkan terima kasih padanya.

Prinsip yang Dipegang Teguh

Aksi heroik Pak Lee rupanya didasari oleh kepercayaan yang ia pegang teguh selama ini. Ia berkata bahwasanya kita tidak boleh mengambil apa yang seharusnya bukan milik kita. Ia juga mengatakan bahwa uang tersebut merupakan hasil jerih payah orang yang tidak bersalah.

Ilustrasi Tidak Mengambil Milik Orang Lain [image source]
Usut punya usut, Pak Lee ternyata sudah tidak bekerja dalam satu bulan. Namun, kesempatan emas itu tidak digubrisnya karena ia tahu uang tersebut adalah hak orang lain. Salut banget sama sikap pria satu ini.

“Karma Itu Ada,” Ujar Netizen

Setelah diposting di sosial media facebook, fenomena ini mendadak viral. Banyak yang memuji aksi dari Pak Lee. Sebagian besar mendoakan Pak Lee agar segera mendapatkan pekerjaan, sebagiannya lagi berbagi cerita tentang salah transfer namun tidak mendapatkan uangnya kembali.

Lee Ban Wah and Family [image source]
Salah satu netizen berujar bahwa “karma itu ada.” Namun, yang dimaksud di sini bukanlah karma buruk, tetapi karma baik. Kebaikan yang dilakukan Pak Lee akan segera mendapatkan balasan yang baik pula, begitu kata netizen.

Aksi yang dilakukan Pak Lee dan anaknya memang terbilang jarang di dunia ini, mengingat sekarang hidup sudah serba duit. Namun rupanya, masih banyak manusia yang memiliki hati nurani seperti dirinya. Semoga dunia akan tetap damai dengan kehadiran orang-orang seperti Pak Lee.