Ridwan Kamil alias Kang Emil pada akhirnya resmi menjabat sebagai Gubernur Jawa Barat. Serah terima jabatan tersebut sudah dilakukan pada hari Kamis, tanggal 6 September 2018 kemarin. Terpilihnya Kang Emil sebagai gubernur tentu diwarnai oleh suka cinta para penggemarnya. Tak hanya warga Bandung, nyatanya seisi Indonesia menyukai sosok humoris yang sangat aktif di sosial media ini.

Selain memiliki keluarga yang sangat harmonis, Kang Emil juga membuktikan dirinya bisa berhasil menjadi pemimpin yang dekat dengan warganya. Untuk mengenal lebih dalam soal Kang Emil, berikut ini adalah beberapa fakta tentang si gubernur Jawa Barat yang baru saja terpilih.

Kang Emil masuk 50 besar pemimpin terbaik di dunia

Kang Emil dan Uu [sumber gambar]
Uu Ruzhanul Ulum yang merupakan rekan sekaligus wakil Gubernur terpilih merasa begitu bangga karena Kang Emil masuk dalam 50 besar pemimpin terbaik di dunia menurut majalah Fortune. Uu mengaku langsung menelpon kang Emil dan menyampaikan selamat. Pengakuan secara internasional tersebut merupakan hasil dari kinerjanya selama ini. Ya memang, selama ini Kang Emil dikenal selalu mampu memberikan solusi untuk masalah yang ada di Bandung. Ridwan Kamil sendiri masuk urusan ke-48 pemimpin yang paling berpengaruh di dunia loh, keren banget kan. Semoga setelah menjadi gubernur, Jawa Barat akan semakin maju ya.

Menata kota Bandung jadi indah dan membahagiakan

Taman di Bandung [sumber gambar]
Ridwan Kamil memang sosok yang jeli dalam hal melihat alam sekitarnya. Kita semua mungkin sudah tahu, seperti apa kota Bandung saat ini. Kota tersebut dikenal begitu indah dan hal itu tentu karena kehebatan seseorang yang memiliki jiwa seni dan mencintai keindahan. Kreatifitas Kang Emil selama memimpin Bandung rupanya sukses membuat icon kota Bandung yang bikin masyarakat bahagia. Mulai dari taman tematik, taman jomblo, taman hewan peliharaan hingga taman film. Beberapa fasilitas umum tersebut bukan sekadar membuat kota Bandung makin indah, tapi berhasil membuat warganya bahagia.

Dapet 300 penghargaan selama kepemimpinan dari tahun 2013

Kang Emil [sumber gambar]
Dikenal sebagai pimpinan yang bisa majuin daerahnya, nggak heran kalau kang Emil berhasil dapet penghargaan Kepemimpinan Kepala Daerah (Leadership Award). Penghargaan tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tjahjo Kumolo. Kang Emil emang pimpinan yang sukses memberikan terobosan inovatif dalam tata kelola pemerintahan. Penghargaan tersebut ternyata menggenapkan 300 penghargaan yang diterima Emil selama menjadi walikota Bandung. Kalau kayak gini nih, pantas saja menang jadi gubernur ya. Masyarakat udah kadung cinta sama pemimpin model gini.

Prestasi Ridwan Kamil di luar kepemimpinan

Ridwan Kamil [sumber gambar]
Kalau ngebahas soal prestasi kepemimpinan, barangkali nggak bakal cukup waktu satu hari untuk menulis ratusan penghargaan yang diterima Kang Emil selama memimpin Bandung. Kang Emil sendiri memang dikenal penuh prestasi bahkan saat usianya masih sangat belia. Di tahun 1994, Ridwan Kamil berhasil mendapat beasiswa International Foundation-ASEAN Fellowship. Berkat beasiswa tersebut, ia berhasil kuliah di dapat di National University of Singapore (NUS). Nah, di sana pula Emil belajar tentang desain perkotaan yang sistematis, terorganisir dengan baik. Alhamdulillah, setelah kembali ke Indonesia ia bisa menerapkannya di Bandung. Setelah ini, insya Allah diterapkan di Jawa Barat ya.

Itulah sedikit ulasan tentang prestasi Ridwan Kamil. Setelah sukses menjadi Gubernur Jawa Barat, semoga Kang Emil bisa lebih mengembangkan propinsi Jawa Barat agar lebih maju lagi.