Dikenal Sebagai Raja Ekonomi, Inilah Potret Singapura Jadul yang Tak ubahnya Seperti Desa Tertinggal

Siapa sangka Singapura juga pernah tertinggal ketimbang Indonesia

oleh Arief Dian
09:00 AM on Dec 10, 2017

Kalau bicara tentang Singapura, mungkin kita mengenal negara kecil itu sebagai salah satu raja ekonomi dunia. Bagaimana tidak, pusat perdagangan di sana membuatnya jadi sangat maju, belum lagi aturan yang diterapkan di negaranya pun sangat tegas. Jadi jangan kaget kalau seumpama sekarang bahkan Indonesia kalah dengan Singapura.

Itu sih sekarang, siapa sangka dulu Singapura pun bahkan pernah mengalami hal yang lebih buruk ketimbang Indonesia. Mulai dari keadaan lingkungan yang sangat kumuh, hingga kemiskinan yang ada di mana-mana. Yang jelas bikin kamu linglung kalau tempat itu adalah Singapura, tidak percaya? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Inilah 10 Meme, “Yang, di Rumah Lagi Sepi” Dijamin Bikin Kamu Ngakak Sekaligus Gagal Fokus
Inilah Kabar 5 Personel Westlife, Boyband Berkualitas yang Pernah Digilai Kids Zaman Old

Lihat sendiri kan jalanan di Singapura dulu gak kalah dengan pasar

Jalanan jadul Singapura [image source]

Sekarang sih denda sampai jutaan rupiah, nah dulu?

Sampah berserakan dimana-mana [image source]

Sebagai pusat perdagangan, keadaan Singapura dulu lumayan mengenaskan

banyak perahu kotor [image source]

Bahkan sungainya sama-sama tidak jernih mirip beberapa  di Indonesia

sungai yang kotor [image source]

Masih banyak dari beberapa orang yang melakukan pekerjaan kasar

Pekerja kasar [image source]

Tidak ada terlihat kemajuan, bahkan lebih mirip kampung di Indonesia

Singapura lawas [image source]

Bisa dibilang dengan keadaan seperti itu tidak nampak kalau itu sebuah kota

Tidak seperti kota [image source]

Nggak hanya di Indonesia, ternyata di sana juga ada penjual kaki lima, dulu tapi…

pedagang kaki lima [image source]

Masih pakai daster dan bawa keranjang, ini bukan Indonesia tapi Singapura

Polisi jadul [image source]

Bedanya sih kalau di sana dari dulu tetap sepi, nah sekarang beda lagi

Keadaan kota [image source]
Nah itulah beberapa potret Singapura yang dulu, lihat sendiri kan bahkan lebih miris ketimbang Indonesia. Namun karena kerja keras mereka, nasibnya pun jadi ikut berubah. Nah kalau Singapura pun bisa, gak menutup kemungkinan bumi pertiwi juga bangkit kembali.

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Lama Tak Terdengar, Beginilah Kabar Gayus Tambunan, ‘Sang Koruptor’ Kelas Kakap Inilah 5 Kisah Pengawetan Pemimpin Bangsa yang Tidak Banyak Diketahui 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 5 Penemuan Harta Karun di Indonesia yang Jumlahnya Sanggup Melunasi Semua Hutang Negara Uang Bukan Incaran, Inilah 4 Fakta Begal Payudara yang Ternyata Gak Kalah Berbahaya 9 Artis Ini Sok-sokan Update Status Bahasa Inggris, Alhasil Panen Hujatan dari Netizen Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada Mengenal Phu Quoc, Penjara Super Sadis yang Terapkan ‘Siksa Neraka’ di Vietnam
BACA JUGA