Kamu mungkin sudah sering melihat gambar-gambar bersejarah yang berasal dari masa Perang Dunia 2, hanya saja warnanya masih hitam putih. Terkesan klasik dan tak lekang oleh zaman memang, namun kamu juga pasti menginginkan agar foto-foto ini bisa tampil dalam format yang lebih baik, format berwarna.

Beruntung bagi kamu, kali ini kami akan hadirkan 44 potret yang diambil pada salah satu masa peperangan paling tragis tersebut dalam format berwarna yang tentunya lebih enak dipandang dan hidup. Berikut kami tampilkan foto-fotonya lengkap beserta deskripsi singkat mengenai kisah yang melatarbelakangi foto tersebut.

1. Para prajurit Amrik yang bersiap untuk melancarkan invasinya ke pantai Normandy, Perancis, dekat Saint-Laurent. 6 Juni 1944.

[Image Source].
Artikel Lainnya
Ryuji Utomo Sudah Move On dari Ariel Tatum, Ini 10 Potret Pacar Barunya yang Tak Kalah Cantik
Balada Freeport, Gunung Emas Nusantara yang Malah Membuat Rakyatnya Semakin Miskin

2. Prajurit laut Amerika menyelamatkan para penyintas yang mengambang di perairan dekat kapal perang USS West Virginia yang tenggelam akibat serbuan pasukan udara Jepang, Pearl Harbor, Hawaii. 7 Desember 1941.

[Image Source].

3. Seorang bekas narapidana dari kamp konsentrasi Buchenwald yang mengidap penyakit ganas tengah minum dari mangkuk metal. April 1945.

[Image Source].

4. Seorang pelaut Perancis dan dua prajurit Amerika memandangi menara Eiffel usai keberhasilan Perancis melepaskan diri dari jajahan Nazi. September 1944.

[Image Source].

5. Tentara Jerman menyemburkan api dari senjata flamethrower di hamparan rumpur liar di sebuah daerah di Uni Soviet. 1941 – 1942.

[Image Source].

6. Adolf Hitler dan beberapa petinggi Nazi mengecek Great Gustav, artileri meriam paling besar yang pernah dibuat dengan panjang 155 kaki dan berat 1350 ton.

[Image Source].

7. Para prajurit Amrik tengah bersantai di atas kapal. 1940.

[Image Source].

8. Inilah penampakkan pusat kota Hiroshima, sebulan setelah dijatuhi salah satu bom atom paling mematikan oleh Amerika Serikat. September 1945.

[Image Source].

9. Dua tahanan kamp konsentrasi Buchenwald yang berada di dekat kota Weimar, Jerman yang tengah memandang si pengambil foto dari balik pagar kawat. 1945.

[Image Source].

10. Seorang operator wanita yang bekerja di pabrik pembuatan pesawat angkutan di Fort Worth, Texas. 1945.

[Image Source].

11. Ia adalah seorang tentara Amerika yang tengah berkamuflase sembari memegang walkie-talkie. 1943.

[Image Source].

12. Asap tebal mengepul dari dua kapal perang yang hancur (kiri USS West Virginia, kanan USS Tennessee) akibat serangan udara mendadak dari Jepang di Pearl Harbor, 7 Desember 1941.

[Image Source].

13. Seorang tahanan yang memegangi segumpal tulang hasil kremasi massal di kamp konsentrasi Buchenwald. April 1945.

[Image Source].

14. Prajurit Amrik tersenyum ke hadapan kamera. Kapal yang mereka tumpangi hendak menuju ke pantai Omaha di Normandy, Perancis.

[Image Source].

15. Kerumunan orang yang memadati wilayah alun-alun Perancis untuk merayakan terusirnya Nazi dari daratan Perancis. 26 Agustus, 1944.

[Image Source].

16. Penerbang Amrik, Jesse Rhodes Waller mencoba senapan mesin yang baru saja terpasang dalam sebuah pesawat di pangkalan udara Corpus Christi, Texas. Agustus 1942.

[Image Source].

17. Foto yang didapat dari media publikasi tentara Jerman, Signal, memperlihatkan tentara Nazi yang berjalan menuju ibu kota Rusia, Moskow. Januari 1942.

[Image Source].

18. Para prajurit Amerika berdiri di dekat kumpulan mayat yang ditumpuk begitu saja di atas sebuah truk. Lokasinya tak lain berada di Buchenwald. 12 April 1945.

[Image Source].

19. Pesawat milik Amrik mengudara di atas Midway Atoll, wilayah yang dikenal luas sebagai kemenangan Amerika paling berpengaruh atas Jepang di samudera Pasifik. 1942 – 1943.

[Image Source].

20. Para penyintas di kamp konsentrasi Buchenwald berkumpul di dekat barak, beberapa saat setelah pembebasan kamp tersebut oleh pasukan bersenjata Amerika Serikat. 16 April 1945.

[Image Source].

21. Perdana menteri Inggris, Winston Churchill, Presiden Amerika Serikat Franklin Roosevelt, pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin sedang duduk bersama di Livadia Palace di Crimea, pada konferensi Yalta. Februari 1945.

[Image Source].

22. Warga lokal melakukan bersih-bersih pasca serbuan bom udara di wilayah Inggris raya. 9 Agustus 1942.

[Image Source].

23. Mereka adalah pasukan Amerika Serikat yang hendak menuju ke pesisir Perancis. 6 Juni 1944.

[Image Source].

24. Tentara Amrik yang sedang berjibaku dengan prajurit Nazi di dekat sebuah katedral di Cologne, Jerman. April 1945.

[Image Source].

25. Seorang tentara Amerika berpose bersama senapan mesin yang terpasang di tanknya. 1943.

[Image Source].

26. Tentara Amrik bersama anjing pelindung berjalan berpatroli menyisir pantai di Los Angeles, California untuk mendeteksi adanya musuh dari Jepang. 1943.

[Image Source].

27. Pada saat itu, wanita juga harus ikut turun tangan untuk membantu para pria di medan perang. Seperti seorang wanita ini yang bekerja di pabrik pesawat tempur. Februari 1943.

[Image Source].

28. Pasukan udara Amerika Serikat melayang di atas wilayah Jerman. 1944 – 1945.

[Image Source].

29. Ini adalah sebuah truk yang berisi tumpukan mayat dekat kamp konsentrasi Buchenwald. 16 April 1945.

[Image Source].

30. Ketika proses evakuasi sebuah rumah sakit dekat garis perbatasan Italia, aktris Marlene Dietrich duduk di atas piano untuk menghibur para prajurit yang terluka dan beristirahat. Mei 1944.

[Image Source].

31. Bukan, ini bukan tempat duduk. Ini adalah papan penggantungan manusia yang ada di kam konsentrasi Ohdruf. April 1945.

[Image Source].

32. Salah seorang tentara angkatan laut Amrik yang berada di kapal induk USS Bennington menyiratkan tulisan “For Gael!” untuk mengenang rekannya yang tewas akibat serangan Jepang. Mei 1945.

[Image Source].

33. Prajurit Kanada yang turun dari kapal-kapal yang membawa mereka usai berlabuh di pantai Juno, Normandy, Perancis. 6 Juni 1944.

[Image Source].

34. Sekelompok tentara Amrik yang dilengkapi dengan topeng anti gas dan senapan di lengan mereka yang tengah berlatih di California untuk mengantisipasi serangan kimia. 1943.

[Image Source].

35. Mayat-mayat bekas tahanan yang diletakkan untuk segera dikubur. Mereka berasal dari kamp konsentrasi Ohdruf. April 1945.

[Image Source].

36. Francis Gabreski, salah satu pilot pesawat tempur Amrik paling hebat.

[Image Source].

37. Tentara Kanada memegangi bendera Nazi yang berhasil mereka rebut di Hautmesnil bagian selatan, Perancis. 10 Agustus 1944.

[Image Source].

38. Seorang tentara baru Amerika Serikat yang berlatih di Fort Knox, Kentucky. Juni 1942.

[Image Source].

39. Seorang bocah asal Hungaria yang digendong oleh seorang tentara Nazi. 8 September 1940.

[Image Source].

40. Tentara Jerman berbaris maju menuju Paris. Tanggal tak diketahui.

[Image Source].

41. Tentara angkatan laut Amrik berbaris berjejer bersama puluhan selongsong proyektil di dermaga kapal perang USS New Mexico sebelum invasi Guam. Juli 1944.

[Image Source].

42. Kru tank baja Amrik di Fort Knox. Juni 1942.

[Image Source].

43. Kopral Inggris, M. Smith berpose di markas besar Eight Army dekat Mont Sant’Angelo, Italia. 1944.

[Image Source].

44. Di atas kapal USS Missouri di teluk Tokyo, para prajurit Amrik menyaksikan petinggi Jepang dan Pejabat Amrik yang menandatangani instrumen tanda menyerah, yang sekaligus menandakan berakhirnya Perang Dunia 2.

[Image Source].
Itulah deretan foto-foto bersejarah dari Perang Dunia 2 yang berhasil direstorasi dalam bentuk hitam putih. Tampak lebih hidup dan berkesan, bukan? Kami juga akan terus menghadirkan deretan potret klasik dari berbagai peristiwa bersejarah yang pernah terjadi di muka bumi. Jadi, nantikan terus artikel dari kami ya!