Potret Kegigihan Pelajar Indonesia Menembus Keterbatasan Ini Akan Menamparmu yang Malas Sekolah

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Dec 18, 2016

Mendengar berita tawuran, kecurangan saat ujian, hingga tindak asusila yang dilakukan oleh pelajar Indonesia, rasanya benar-benar miris. Mereka yang melakukan tindakan memalukan itu sebenarnya masih beruntung. Untuk datang ke sekolah, mereka tidak perlu sampai menembus hutan, melewati jembatan yang rusak hingga terjun ke sungai berair deras. Di tengah keterbatasan itu, pelajar ini tetap berjuang untuk mendapatkan ilmu.

Semangat yang dimiliki oleh pelajar yang berasal dari daerah terpencil ini sangat berapi-api. Mereka rela mempertaruhkan apa saja asal bisa bersekolah. Tidak peduli apakah baju akan basah atau buku hilang di sungai. Yang ada di pikiran mereka hanyalah bagaimana sampai ke sekolah lalu belajar dengan suka cita.

Baca Juga
Mengenal Port Moresby, Kota ‘Paling Berbahaya’ yang Bertetangga Dengan Indonesia
Tajir tapi Dermawan, 5 Negara Ini Jadi Sasaran Bill Gates ‘Hambur-hamburkan’ Uangnya

Masih tentang pelajar Indonesia yang semangat bekerja. Inilah potret perjuangan mereka untuk menggapai cita-cita hingga setinggi langit!

1. Tetap berangkat meski harus bergelantungan. Generasi muda Indonesia lincah dan bersemangat.

berangkat dengan bergelantungan [image source]
berangkat dengan bergelantungan [image source]

2. Saat ujian SIM C nanti, kami pasti lulus dengan mudah.

Main keseimbangan [image source]
Main keseimbangan [image source]

3. Ini bukan atraksi tapi kenyataan hidup.

mirip atraksi, ya? [image source]
mirip atraksi, ya? [image source]

4. Hampir setiap hari mereka piknik ke laut, tapi buat berangkat sekolah.

laut bukan halangan untuk sekolah [image source]
laut bukan halangan untuk sekolah [image source]

5. Karena jarak dari rumah jauh, mendaki bukit di pagi buta tidak masalah! Yang penting bisa sekolah.

mendaki di pagi buta [image source]
mendaki di pagi buta [image source]

6. Yang penting bisa sekolah dengan baik meski harus menyeberang sungai.

bersyukur tetap bisa sekolah [image source]
bersyukur tetap bisa sekolah [image source]

7. Angkat sepatunya tinggi-tinggi biar tidak basah

angkat sepatu [image source]
angkat sepatu [image source]

8. Was-was setiap pagi, takut kecemplung empang. Lalu nggak jadi berangkat sekolah.

jembatan rusak [image source]
Kalo sampai kecebur, kelar seragam saya. [image source]

9. Bagaimana anak-anak yang tinggal di perairan? Mereka tetap berangkat, sambil membayangkan besok kalau dewasa, ingin mengemudi kapal yang lebih besar.

tetap sekolah [image source]
Tidak semua orang menempuh perjalanan lewat jalur darat [image source]

10. Lewati hutan dengan jalan kaki, sudah biasa! Paling-paling ketemu buaya.

lewati hutan [image source]
lewati hutan [image source]
Lihat? Ketika kita tinggal jalan, mereka meniti tali jembatan. Ketika kita punya motor, mereka naik sepeda saja perlu akrobat. Kita sudah tinggal berangkat dengan seragam rapi, mereka was-was kalau jatuh dan seragamnya kotor oleh air empang.

Toh dengan segala keterbatasan mereka tetap mau sekolah untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Kalau mereka saja berjuang mati-matian, bagaimana kita yang diberikan sebaik-baiknya fasilitas dan kesempatan? Semoga kita masih punya malu buat malas-malasan. Pun bila tidak, kesungguhan niat kita perlu dipertanyakan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Hal Gila yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Thailand Inilah 13 Potret Marion Jola, Finalis Indonesian Idol yang Viral Berkat Video Hotnya 8 Ilustrasi Tentang Kebiasaan Cewek-Cewek Ini Bakal Bikin Kaum Lelaki Gagal Paham 5 Fakta Ngeri Sentinel, Suku Primitif Paling Sadis yang Pernah Ada 7 Fenomena ‘Salah Kostum’ Jokowi Ini Sukses Bikin Netizen Bertanya-tanya 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya 6 Musisi Indonesia Ini Punya Permintaan Aneh Sebelum Manggung, Ada yang Minta Aqua Galon Buat Mandi Loh 10 Ucapan Iseng Saat Foto Nikahan Ini Bikin Ngakak Maksimal, Jangan Ditiru Ya! 4 Anak Raja yang Lebih Memilih Tetap Jadi Atlet Ketimbang ‘Ongkang-Ongkang’ Saja Miris, Orang-Orang Ini Tewas Saat Ulang Tahun Akibat Dikerjain Temannya Sendiri 10 Meme “Terperangkap Razia”, Jauh Lebih Pahit Ketimbang Ketemu Mantan di Jalan 7 Sisi Gelap Negara Thailand yang Wajib Kamu Tahu Sebelum Mengunjunginya! Pakai Narkoba Hingga Selingkuh, Ini 4 Kelakuan Istri Pejabat yang Bikin Ngelus Dada 5 Ramalan Menakutkan Nostradamus Tentang Tahun 2018, Siap-siap Dibikin Merinding! Miris! 7 Wanita Cantik Ini Ditemukan Tewas Tanpa Busana, No. 2 Masih Jadi Misteri 5 Sisi Gelap Dunia Pramugari yang Akan Menyadarkanmu Kalau Dunia Penerbangan juga Penuh Godaan Mengintip Koleksi Syeikh Rainbow, Orang Kaya Timur Tengah yang Punya Ratusan Mobil Raksasa Menguak Misteri Uang Logam 500 Rupiah Tahun 1991 yang Disebut-Sebut Mengandung Emas Pulang Nggak Bawa Piala, 7 Runner Up Indonesian Idol Ini Lebih Tenar daripada Sang Juara Lingon, Suku Primitif Berfisik Eropa yang Hanya Ada di Indonesia
BACA JUGA