in

4 Potret Bahagia Negara Lain yang Pelan-pelan Membuka Lockdown, Indonesia Kapan?

Siapa yang menyangka kalau dampak COVID-19 ternyata nggak hanya dalam hal kesehatan, tapi juga terkait hal sosial dan ekonomi? Bahkan seluruh dunia terpengaruh lho dengan keberadaan virus yang satu ini. Berbagai negara pun mempunyai aturan dalam melakukan pencegahan salah satunya adalah dengan lockdown alias mengisolasi daerahnya untuk alasan kesehatan. Sejak mulai tersebar awal Januari 2020 lalu, banyak negara yang menerapkan aturan ini termasuk Indonesia.

Walaupun belum bisa total melakukan lockdown, saat ini aturan PSBB alias Pembatasan Sosial Berskala Besar sudah mulai digencarkan ke berbagai daerah. Walaupun banyak yang menyayangkan kesan terlambat penanganan Covid-19 ini, namun aturan harus tetap kita taati. Namun ternyata mulai banyak negara yang mengangkat status lockdown-nya lho! Intip yuk siapa aja yang udah berhasil!

Vietnam

Walaupun sudah diangkat, bukan berarti nggak pakai masker lagi [sumber gambar]
Keberhasilan Vietnam dalam menekan angka orang yang terjangkit virus COVID-19 patut dikasih jempol! Dengan melakukan karantina wilayah selama hampir dua bulan penuh, akhirnya pada 5 Mei lalu status lockdown diangkat. Walaupun sampai saat ini masih ada pasien yang ada di rumah sakit, tapi keadaan kota mulai membaik.

Denmark

Sekolah dibuka, tapi physical distancing masih diterapkan [sumber gambar]

Ternyata jauh sebelum ada berita kematian karena korban Covid-19 pada warganya, pemerintah Denmark sudah memutuskan untuk melakukan lockdown. Tepatnya pada 14 April lalu warganya sudah mulai beraktivitas dan banyak toko yang buka. Wah keren banget nih pencegahannya! Walaupun sempat menuai kritik karena banyaknya anak sekolah yang terpaksa libur, namun nyatanya saat ini pengorbanan mereka untuk tetap di rumah aja terbayar!

Austria

Peringatan untuk yang ada di tempat umum [sumber gambar]
Tanggal 6 April lalu, pemerintah Austria mengumumkan bahwa status lockdown akan diangkat dan warga bisa mulai beraktivitas walaupun dengan tetap melakukan physical distancing. Negara ini termasuk negara yang sudah membatasi ruang gerak warganya sebelum ada kasus terkonfirmasi korban meninggal karena Covid-19 lho!

Jerman

Tetap tertib saat ke supermarket [sumber gambar]
Setelah karantina kurang lebih selama dua bulan, akhirnya 20 April lalu pemerintah Jerman memutuskan untuk mengangkat status lockdown. Dengan beberapa aturan ketat bagi pemilik usaha seperti masih mewajibkan masker dan physical distancing, 4 Mei kemarin juga sekolah sudah kembali dibuka.

BACA JUGA: Perjuangan Tenaga Medis Indonesia untuk Atasi Virus Corona, Ada yang Harus Bertaruh Nyawa

Memang yang namanya usaha nggak akan mengkhianati hasil kok, termasuk dalam menjalankan banyak rencana pemerintah untuk meredam pandemi ini. Negara-negara diatas adalah contoh nyata kalau aturan pemerintah bisa transparan dan ditaati oleh warga dengan baik, maka pandemi ini bisa dilewati perlahan.

Written by Fany

Leave a Reply

Sisi Lain Tenggelamnya Fir’aun, Mulut Disumpal Tanah hingga Bikin Profesor Prancis Mualaf

Kisah HR Muhammad, Pahlawan Besar Indonesia yang Rumahnya Dijual Seharga Rp 50 Miliar