Potret Penderitaan Anak-Anak dalam Perang Ini Akan Membuatmu Mempertanyakan Adanya Kemanusiaan

oleh Adi Nugroho
13:15 PM on Aug 20, 2016

Tidak ada perang yang membawa kebaikan bagi umat manusia. Perang selalu saja membuat penderitaan yang tidak ada habisnya. Kematian bisa terjadi di mana-mana, tua, muda, bahkan anak-anak yang masih bayi pun bisa terkena dampaknya tanpa pilih kasih. Perang tidak memilih hati, perang tidak memiliki agama, perang tidak memiliki mata dan telinga.

Untuk membuktikan dengan nyata seperti apa rupa dari perang, coba tengok beberapa potret di bawah ini. Mereka adalah anak-anak, polos, tidak tahu apa-apa, tapi harus menderita. Di pundak mereka seharusnya ada asa untuk memajukan dunia menjadi lebih baik. Tapi, perang merenggutnya dengan cepat dan memburunya tanpa belas kasihan.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

Masihkah ada sisi kemanusiaan di dunia ini? Anda bisa menjawabnya setelah melihat potret di bawah ini.

1. Namaku Khalid, saat lahir perang sudah menjadi duniaku.

Khalid [image source]
Khalid [image source]

2. Kalau doa masih bisa dikabulkan, kami ingin perang segera usai.

semoga perang segera usai, Amiin [image source]
semoga perang segera usai, Amiin [image source]

3. Kenapa kamu menangis melihatku? Aku kuat kok.

Omran [image source]
Omran [image source]

4. Ma, kita mau ke mana? Apa di sana kita bisa hidup tenang?

Hidup tenang [image source]
Hidup tenang [image source]

5. Kita akan ke mana, kak? Surga.

ke surga [image source]
ke surga [image source]

6. Hai, apa hidup kalian di sana baik-baik saja?

Apa kabar, teman [image source]
Apa kabar, teman [image source]

7. Kapan perang berhenti? Aku takut!

kapan perang berhenti ya [image source]
kapan perang berhenti ya [image source]

8. Tenang nak, perang hanya akan melukai tubuh, bukan hati kita.

tenang nak [image source]
tenang nak [image source]

9. Yuk, bermain denganku!

Yuk main! [image source]
Yuk main! [image source]

10. Apa aku akan mati sebentar lagi?

mati sebentar lagi [image source]
mati sebentar lagi [image source]
Inilah sekelumit potret tentang anak-anak dalam perang, children of war. Masihkah ada sisi kemanusiaan di dalam diri kita?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA