5 Pokemon Sangar ini Ternyata Terinspirasi dari Hewan-Hewan Mitos

oleh Rizal
12:11 PM on Jul 23, 2016

Tak hanya gameplay, alasan utama lainnya kenapa game Pokemon begitu digemari adalah karena bentuknya sendiri. Lucunya Pikacu dengan ekor kuning dan muka menggemaskan, atau sangarnya bentuk Zapdos yang seperti burung listrik raksasa. Bentuk Pokemon yang beragam memang jadi alasan utama yang membuat game ini menarik. Kita seolah dipenuhi rasa penasaran untuk bisa menemukan bentuk-bentuk lainnya. Belum lagi soal evolusi.

Soal inspirasi bentuk, si kreatornya memang terinspirasi dari apa yang ada di sekitarnya. Contohnya saja, Caterpie yang mirip ular Tiger Swallowtail, atau mungkin Vileplume yang sangat identik dengan si bunga bangkai. Tak, cuma dari hewan-hewan nyata, inspirasi bentuk Pokemon juga sebagian berasal dari hewan-hewan mitos. Sebut saja si Zapdos tadi yang mengambil inspirasi dari Quetzalcoatl, si burung listrik kepercayaan bangsa Aztec.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Tak hanya Zapdos saja, masih ada beberapa jenis pokemon lainnya yang terinspirasi dari hewan-hewan mitologi. Simak ulasannya berikut.

1. Lapras Mirip Dengan Nessie

Lapras kalau di dalam cerita animenya, adalah salah satu Pokemon yang pernah dimiliki oleh Ash Kechum atau Satoshi di versi Jepangnya. Pokemon ini dikisahkan sangat kuat dan bisa dikategorikan dalam legendary pokemon. Nah, soal bentuk Lapras ini mengingatkan kita akan Nessie alias si Loch Ness.

Lapras dan Loch Ness
Lapras dan Loch Ness

Persamaan yang paling identik adalah bentuk kepala dan lehernya yang sama-sama panjang dan mendongak. Punggungnya pun demikian meskipun Lapras memiliki cangkang seperti kura-kura. Kalau dilihat, memang keduanya hampir sama persis, terutama kalau lapras tak memakai cangkangnya.

2. Ninetales dan Si Rubah Ekor Sembilan

Di Pokemon generasi pertama, Ninetales adalah salah satu yang paling sangar dan disukai. Terutama karena bentuknya yang anggun dan mengingatkan orang-orang akan satu makhluk legenda. Ya, dari nama saja sudah kelihatan kalau Pokemon satu ini terinspirasi Rubah Ekor Sembilan.

Rapidash dan Kirin
Rapidash dan Kirin

Rubah Ekor Sembilan lebih terkenal legendanya di negara-negara Asia timur, terutama Jepang dan Korea. Soal cerita, ada berbagai versi kisah tentang si rubah ini. Salah satu cerita yang paling terkenal adalah si rubah tersebut yang menyamar menjadi wanita cantik untuk menemukan cintanya.

3. Moltres Identik Dengan Burung Phoenix

Moltres adalah salah satu dari tiga legendary Pokemon di generasi pertama. Bentuknya sendiri sangar berupa burung besar yang tubuhnya dibalut dengan api. Nah, sekilas melihat bentuk Moltres ini pasti kamu teringat akan satu makhluk mitologi yang konsepnya sama. Ya, si burung api, Phoenix.

Moltres dan Phoenix
Moltres dan Phoenix

Phoenix adalah salah satu makhluk legenda yang ceritanya cukup terkenal di dunia. Burung satu ini dijuluki burung api karena ia mampu menyemburkan api dan bahkan lahir dari abu-abu api. Phoenix juga diceritakan sebagai makhluk abadi karena begitu ia mati, si burung api ini akan terlahir lagi.

4. Charizard dan Dragonite yang Identik Dengan Naga

Sekilas bentuk Charizard dan Dragonite memanglah berbeda. Tapi, pada dasarnya mereka itu sama. Ya, sama-sama mengambil konsep naga, walaupun Charizard lebih macho dibanding Dragonite. Dari skema tubuhnya, baik charizard maupun Dragonite memiliki tubuh yang naga banget, mulai dari sayap, ekor, dan napas api (khusus Charizard).

Charizard, Dragonite, dan naga
Charizard, Dragonite, dan naga

Naga sendiri bisa dibilang makhluk mitologi paling terkenal daripada yang lainnya. Tiap negara pasti punya legenda sendiri soal makhluk ini. Mulai dari Tiongkok, negara-negara barat, sampai Indonesia. Sebagai makhluk mitologi paling populer memang tak heran kalau naga pun jadi inspirasi banyak orang di dunia.

5. Rapidash yang Sangat Mirip Kirin

Rapidash adalah salah satu Pokemon yang juga cukup disukai. Bentuknya sederhana sih, tapi ia dikemas dengan balutan api di tubuhnya. Alhasil, Rapidash nampak sangat keren. Apalagi di Anime-nya, Pokemon satu ini diceritakan sangat kuat.

Rapidash dan Kirin
Rapidash dan Kirin

Soal bentuk, Rapidash tentu akan mengingatkan kita dengan Kirin. Salah satu makhluk legendaris yang juga cukup terkenal di dunia, khususnya Asia. Kirin sering digambarkan sebagai kuda naga api. Ya, ia memiliki tubuh kuda, kepala naga, dan juga sangat identik dengan api. Secara bentuk, baik Rapidash dan Kirin sama-sama memiliki persamaan.

Inilah makhluk-makhluk mitologi yang dijadikan inspirasi untuk membuat Pokemon. Tentu ini belum semuanya, mengingat jumlah Pokemon sejauh ini ada sekitar 721 jenis. Ini juga belum termasuk generasi terbaru yang masih dalam tahap akan dirilis.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA