Misteri Taru Menyan, Pohon Ajaib Berusia Ribuan Tahun yang Hanya Bisa Tumbuh di Bali

oleh Adi Nugroho
13:49 PM on Sep 29, 2016

Selain pantai Kuta atau kawasan Seminyak yang memiliki banyak beach club, Bali masih memiliki beberapa tempat eksotis yang wajib dikunjungi. Salah satu tempat yang harus kamu masukkan list itinerary adalah kawasan Trunyan yang dikenal memiliki pemakaman unik bin menyeramkan yang hanya ada satu-satunya di dunia.

Di tempat ini kamu akan menemukan deretan mayat dijajar begitu saja di bawah pohon Taru Menyan. Pohon ini konon memiliki kekuatan ajaib karena membuat mayat jadi tidak bau. Bahkan sebanyak apa pun mayat uang diletakkan, baunya akan hilang begitu saja. tidak berhenti di situ saja, pohon ini ternyata memiliki banyak keunikan lain. Yuk, simak seperti apa Taru Menyan di pohon ajaib asli Bali ini.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

Mitos tentang Pohon Taru Menyan

Pohon Taru Menyan yang akhirnya diambil menjadi nama desa Trunyan ini ternyata memiliki cerita tersendiri. Dikisahkan bahwa di masa lalu pohon ini memancarkan wangi yang sangat kuat. Bahkan aromanya sampai ke daratan Jawa di bagian tengah.Mengetahui bau yang unik ini empat bersaudara dari kerajaan di Yogyakarta  menjelajahi daratan dan lautan hingga sampai ke kawasan ini.

mitos taru menyan [image source]
mitos taru menyan [image source]
Saat sampai di Trunyan ini, salah satu saudara terpesona dengan penjaga pohon Taru Menyan yang sangat cantik. Akhirnya mereka menikah dan memutuskan untuk membuat sebuah kerajaan di sini. Karena takut akan ada orang yang datang dan menyerang, akhirnya mereka berencana membuang bau wangi dari pohon Taru Menyan. Cara yang diambil adalah dengan meletakkan mayat di bawah pohon agar aromanya mayat menghilangkan bau harumnya.

Berusia Sebelas Abad dan Terus Tumbuh

Pohon Taru Menyan yang ada di desa Trunyan memiliki usia kurang lebih sebelas abad atau lebih dari seribu tahun. Pohon ini konon yang tertua di Bali dan masih bisa tumbuh hingga sekarang. Penduduk setempat meyakini bahwa pohon ini tidak hanya pohon biasa yang tumbuh dengan mengambil nutrisi dari alam tapi juga dari mayat yang ada di bawahnya.

berusia ribuan tahun [image source]
berusia ribuan tahun [image source]
Sulur-sulur pohon yang memanjang dianggap menyerap apa saja yang ada di sekitarnya. Bahkan ada yang bilang jika aura negatif juga diserap oleh pohon ini sehingga kawasan ini jadi bersih. Meski terlihat mengerikan kawasan Trunyan justru bersih baik dari segi lahiriah maupun batiniah.

Tidak Bisa Tumbuh di Daerah Lain

Kemampuan pohon Taru Menyan yang unik tentu membuat banyak orang ingin menanamnya juga di rumah. Mereka mulai mencari cara bagaimana memperbanyak pohon yang ada di pintu masuk desa Trunyan. Sayangnya, meski beragam cara sudah dilakukan, pohon ini sama sekali tidak  bisa hidup di luar kawasan Trunyan yang dikenal sangat sakral ini.

tidak tumbuh selain di Trunyan [image source]
tidak tumbuh selain di Trunyan [image source]
Beberapa ahli tanaman masih mencari tahu kenapa tanaman ini tidak mau hidup. Padahal berbagai macam prosedur sudah dilakukan dengan baik. Menurut penduduk setempat, Taru Menyan bukanlah pohon biasa. Pohon ini hanya tumbuh di sini dan tidak akan bisa tumbuh di daerah lain bagaimana pun caranya.

Menarik Perhatian Banyak Orang untuk Datang

Kemampuan yang unik dari Taru Menyan ini menarik banyak orang untuk datang. Para turis dari mancanegara penasaran dengan pemakaman yang tidak bau meski diletakkan di atas tanah. Mereka ingin menyaksikan sesuatu yang unik dan tidak bisa ditemui di daerah lain. Bukannya takut, para bule ini justru tertarik dan betah lama-lama di sini.

menarik perhatian [image source]
menarik perhatian [image source]
Selain masalah makam, mereka juga tertarik dengan pohon Taru Menyan yang unik. Para pengunjung yang datang masih penasaran bagaimana caranya pohon ini menyerap bau. Lalu apa alasan pohon ini susah dibiakkan. Iyakah ada kekuatan gaib atau hanya keterbatasan manusia dalam memperbanyak tanaman.

BACA JUGA:  Menyusuri Kontilola, Gua Kuno dengan Lukisan Alien yang Ada di Papua

Inilah beberapa hal tentang pohon Taru Menyan yang tidak hanya unik namun juga penuh misteri. Pohon ini menjadi bukti kalau Bali memanglah pulau yang layak dijelajahi karena memiliki banyak hal tidak masuk akal namun menarik.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA