Bukan barang asing lagi kalau masyarakat Indonesia selalu mengaitkan apapun dengan hal mistis. Seperti halnya beberapa pohon yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitar. Biasanya, mereka menganggap pohon tersebut keramat lantaran ada makhluk tak kasat mata yang bersemayam di dalamnya.

Mereka berbicara seperti itu karena ada fakta yang dilihatnya. Entah sesajen yang diberikan selalu habis atau terdapat perubahan aneh pada pohon tersebut. Contohnya seperti pohon-pohon berikut yang dianggap keramat karena memiliki suatu kelebihan.

Pohon tumbang yang bisa kembali tegak berdiri

Seperti yang kita tahu dari dulu kalau pohon tumbang, pastinya akan tetap seperti itu. Posisinya tidak akan berubah sampai ada manusia yang memindahkannya. Namun, berbeda dengan pohon satu ini. Dilansir dari akun facebook Yuni Rusmini, ada pohon yang tegak berdiri padahal sebelumnya tumbang karena hujan angin.

Posted by Yuni Rusmini on Thursday, 21 March 2019

Lokasinya di Desa Karangtengah, Kecamatan Wonosari , Kabupaten Gunung Kidul, DIY ( Daerah Istimewa Yogyakarta). Tumbuhan yang disebut dengan Pohon Ijo itu katanya sudah berusia ratusan tahun. Jadi, warga tidak heran kalau misalnya pohon roboh karena diterpa hujan angin. Tapi, tiga hari setelah pohon tumbang dan belum dipindahkan oleh warga, tumbuhan besar tersebut terlihat tegak berdiri di tempat ia roboh kemarin. Seperti tidak bisa dipercaya, namun para warga melihat dengan mata kepalanya sendiri saat kerja bakti.

Pohon Dewandaru yang jadi pelindung banyak orang

Sahabat Boombastis pasti tahu dengan Pohon Dewandaru. Yap, memang saat ini tanaman tersebut sudah jarang kita temui karena kebanyakan hidup di daerah tertentu saja. Tapi, kalian tahu tidak kalau pohon satu ini ternyata dikeramatkan oleh beberapa orang? Sebab, kata orang di zaman dulu, Pohon Dewandaru ini dipercaya sebagai jimat.

Pohon Dewandaru yang dikeramatkan [Sumber Gambar]
Sulikan, salah satu perajin kayu dewandaru mengatakan kalau sampai saat ini masih banyak orang tertarik dengan jimat dari pohon tersebut. Pada umumnya, orang yang memesan adalah nelayan. Mereka akan menempelkan kayu dewandaru tersebut di bagian depan kapalnya supaya tidak tenggelam saat perjalanan.

Pohon Raga Sakti yang bisa berubah jadi ular naga untuk lindungi pemiliknya

Kalau Sahabat Boombastis melihat bentuk dari Pohon Raga Sakti, pasti bakal kaget. Sebab, ia memiliki fisik yang tidak dimiliki oleh pohon lain. Bentuk batangnya meliuk-liuk seperti diukir dan terlihat mirip ular jika dipandang dari jauh. Apabila kalian ingin melihat pohon ini secara langsung, datang saja ke Situs Cimandung, Desa Kerandon, Kecamatan Talun, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Pohon Raga Sakti yang bisa berubah jadi ular [Sumber Gambar]
Berdasarkan cerita dari juru kunci Pohon Raga Sakti yaitu Nartija, tanaman ini dulu digunakan sebagai jimat yang digunakan oleh Pangeran Cakrabuana. Pada saat Pangeran Cakrabuana membawa kayu ini, semua musuhnya kabur. Hal ini terjadi karena kayu tersebut terlihat seperti ular besar. Sehingga secara tidak langsung, Pohon Raga Sakti ini bisa dianggap sebagai pelindung dari pemiliknya.

Pohon Mangir yang tumbuh di atas bebatuan

Di Desa Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah, ada fenomena unik yang perlu kalian tahu. Adalah sebatang Pohon Mangir tumbuh di atas Situs Watu Tumpang. Letaknya yang cukup unik tersebut membuat banyak orang tertarik untuk melihatnya. Tapi banyak dari mereka menganggap kalau pohon tersebut seperti rapuh, sehingga dikhawatirkan akan jatuh.

Pohon Mangir [Sumber Gambar]
Namun, perkiraan dari orang-orang itu salah besar. Dikutip dari laman liputan6.com, pohon ini sudah ada sejak ribuan tahun lalu dan tidak pernah tumbang. Dibuktikan dengan adanya Angin Langkisau yang sempat memporakporandakan desa tersebut, akan tetapi Pohon Mangir ini nyatanya masih tegak berdiri. Hanya satu di antara tiga batang utamanya yang patah. Sejak saat itulah, pohon tersebut dianggap keramat dan digunakan orang-orang untuk berdoa dan bersemedi.

BACA JUGA :Uniknya Ara, Pohon Keramat yang Memiliki Rasa Dendam Terhadap Serangga

Itulah pohon-pohon yang dianggap keramat oleh warga sekitar. Mereka menganggap pohon tersebut keramat karena ada beberapa alasan. Seperti kepercayaan dari dulu, bentuknya yang unik dan juga perlakuan pohon berbeda dari tumbuhan lainnya. Tapi, tentang percaya atau tidaknya, Sahabat Boombastis bisa nilai sendiri deh.