Fairbairn & Sykes, Pisau Andalan Kopassus yang Terkenal Mematikan

oleh Rizal
14:25 PM on Jan 7, 2017

Memang kemampuan diri itu penting bagi para pasukan elit. Tapi, mereka bisa hebat bukan lantaran hal itu saja. Di balik kehebatan skill dan lain sebagainya, mereka butuh ditunjang senjata mumpuni biar makin mematikan. Senjata bagi seorang pasukan seolah jadi perpanjangan tangan. Harus ada biar makin sempurna.

Berbicara pasukan elit dan senjatanya, biasanya tiap-tiap serdadu spesial itu punya pegangannya sendiri. Termasuk pasukan elit kebanggaan Indonesia, Kopassus. Serdadu yang kemampuannya sangar ini memiliki tipikal senjata tertentu yang begitu cocok dengan mereka. Senjata ini sendiri tak hanya rifle atau pistol tapi juga pisau. Untuk Kopassus, mereka punya pisau khasnya sendiri bernama Fairbairn & Sykes. Nama pisau ini mungkin asing di telinga banyak orang, tapi begitu terkenal di kalangan infanteri.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Tak seperti pisau komando lainnya, Fairbairn & Sykes ini memiliki ciri khas unik yang membuatnya sangat mematikan. Kopassus menggunakan pisau ini sudah lama sekali dan mereka sangat menyukainya. Saking cintanya, pisau ini pun jadi ikon tersendiri bagi Kopassus. Lebih jauh soal Fairbairn & Sykes, berikut adalah hal-hal sangar tentang pisau mematikan tersebut.

Bentuk Unik Fairbairn & Sykes

Sebelum kita lebih jauh soal sejarah dan lain sebagainya, maka terlebih dahulu kita kulik soal bentuk dari pisau ini. Jadi, Fairbairn & Sykes ini bentuknya sangat berbeda dari pisau komando lainnya. Alih-alih memakai desain melengkung dengan satu sisi tajam, pisau ini seperti mata tombak lancip dengan kedua sisinya yang tajam.

Bentuk Fairbairn & Sykes [Image Source]
Secara teknis pisau ini bisa mengiris, tapi ia tidak diciptakan untuk itu. Kalau kamu lihat bentuknya di atas, ia berdesain lurus dan runcing. Fairbairn & Sykes lebih dipakai untuk menusuk daripada mengiris atau memotong. Sekilas desain ini terkesan tidak sangar. Tapi, kalau dipakai dengan tepat bakal lebih mematikan lho. Benar kalau Fairbairn & Sykes tidak bisa mengiris musuh, tapi ia bisa tepat menikam jantung.

Sejarah Penciptaan Fairbairn & Sykes

Setiap senjata hebat itu ada sejarah penciptaannya, termasuk pisau Fairbairn & Sykes ini. Pisau satu ini awalnya tak pernah diciptakan untuk dipakai oleh tentara. Fairbairn sang pencipta membuatnya lantaran untuk melindungi diri dan teman-temannya tatkala berada di Tiongkok di tahun 1930. Ketika itu ia dihadapkan dengan situasi si mana banyak perang geng terjadi.

Fairbairn & Sykes sudah dipakai sejak dulu [Image Source]
Berawal dari cerita itu kemudian pisau ini mulai dikenal dunia. Hal ini berlanjut dengan antusiasme besar dari pada tentara elit dunia. Bahkan pemerintah Inggris sampai pernah mendatangkan Fairbairn untuk mempresentasikan pisaunya kepada tentara-tentara di sana. Dalam perkembangannya, Fairbairn sendiri tak hanya menciptakan pisau mematikan ini tapi juga sebuah teknik bela diri bernama Defendu System. Teknik bertarung ini menyematkan pisau Fairbairn & Sykes di dalamnya.

Kopassus Jatuh Cinta dengan Fairbairn & Sykes

Fairbairn & Sykes mungkin bukan asli Indonesia, tapi Kopassus begitu mencintai pisau ini. Kalau tak percaya coba saja tanya sejarah atau cara penggunaan pisau ini kepada para anggota pasukan elit itu, hampir bisa dipastikan semuanya tahu. Bahkan kalau kamu masih ragu, coba tengok lambang Kopassus sendiri. Kamu bakal mendapati pisau Fairbairn & Sykes di sana.

Fairbairn & Sykes jadi lambang Kopassus

Tidak diketahui bagaimana awalnya Kopassus bisa begitu lekat dengan pisau ini. Tapi, diketahui pisau ini sudah mereka pakai sejak Kopassus masih bernama Kopassandha. Terlepas dari itu, namun yang jelas di tangan para anggota Kopassus pisau ini jadi makin menakutkan.

Dipakai oleh Militer Elit Dunia

Dengan bentuknya yang unik serta fungsi mematikan sedemikian rupa, tentu saja bukan hanya Kopassus yang kepincut untuk menggunakan Fairbairn & Sykes. Diketahui, ada banyak pasukan lain yang juga memakai si pisau mematikan ini dan sudah merasakan kesaktiannya. Beberapa dari mereka adalah Royal Marine-nya Inggris, 1ST Independent Parachute Brigade-nya Polandia, Sampai ParaCommando Brigade-nya Belgia.

Banyak dipakai militer dunia [Image Source]
Militer Amerika serikat sendiri diketahui juga memakai pisau ini. Bahkan tercatat mereka sudah sangat lama menggunakan Fairbairn & Sykes, yakni sejak Perang Dunia II. Bahkan Fairbairn sang pencipta juga pernah didatangkan oleh Amerika untuk mengajarkan bagaimana penggunaan pisau ini kepada OSS. OSS sendiri adalah badan intelijen elit Amerika saat masa Perang Dunia II.

Bisa dimaklumi kenapa Kopassus begitu mengagumi pisau Fairbairn & Sykes ini. Bagaimana tidak, pisau ini memang sangar luar biasa dengan kemampuannya yang menakutkan. Soal pisau, Indonesia sebenarnya punya satu yang juga sangat mematikan. Ya, namanya adalah Karambit dengan ciri khas melengkungnya itu. Pisau ini sendiri tak hanya dipakai di sini, tapi juga para tentara luar negeri.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri
BACA JUGA