in

Tongka Langit, ‘Pisang Tak Lazim’ Asal Maluku yang Menjulang Tinggi Hingga 7 Meter

Indonesia, tanah subur dengan segudang budaya dan adat unik yang tidak akan ditemukan di negara lain. Bukan hanya budaya saja ternyata, beberapa spesies flora di Indonesia juga ada yang tak lazim, satu diantaranya adalah pisang raksasa yang menjulang tinggi di Maluku yang disebut dengan Tongka Langit.

Pisang ini sebenarnya sama seperti buah yang lain, hanya saja ukuran buah, tinggi batang, serta punya khasiat tersendiri membuat buah satu ini dianggap unik sekaligus langka. Nah, untuk melihat seberapa unik si Tongka Langit ini, mari kita ulas lebih dalam dan detail.

Asal mula pemberian nama Tongka Langit

Asal mula nama Tongkat Langit [Image source]
Nama latin atau ilmiahnya pisang ini adalah Musa fehi atau pisang fei, tapi di Maluku lebih dikenal dengan Tongka Langit. Pemberian nama pisang yang berbeda ini jelas bersebab. Jika pada umumnya buah pisang terjun mengarah ke tanah, maka Tongka Langit kebalikannya, buahnya akan menengadah ke langit. Keberadaan pisang ini juga hanya ditemukan di Maluku dan sebagian di Papua, karena itu juga banyak yang menganggap pisang ini super unik.

Ukuran tinggi dan bentuk buah yang tak lazim

Buah Tongkat Langit yang lebih besar dari pisang biasanya [Image source]

Tinggi pisang Tongka Langit juga bisa mencapai 7 meter, dengan bentuk batang tegak lurus. Jika sudah berbuah penampilannya sungguh cantik, kulit buah akan mengkilap seolah terbuat dari plastik. Ukuran buah Tongka Langit juga tidak lazim, dengan panjang mencapai 23 cm dan berat 300 gram, buah ini tampak seperti raksasa jika dijejerkan dengan pisang lain. Kulit pisang ini tebal dan daging buahnya kuning seperti mentega, ada dua jenis yang bisa dinikmati yaitu Tongka Langit oranye dan merah.

Dipercaya sebagai obat kuat dan penyembuh berbagai penyakit

Khasiat Pisang Tongkat Langit [Image source]
Berdasarkan penelitian ilmuwan ITB (Institut Teknologi Bandung), pisang Tongka Langit dinobatkan sebagai pisang yang paling sehat di Indonesia. Tidak hanya mengandung vitamin A dab Betakaroten saja, jauh sebelum itu, masyarakat Maluku memanfaatkan pisang ini sebagai obat tradsional. Menurut nenek moyang mereka, pisang ini bisa meningkatkan stamina kaum pria alias dijadikan obat kuat, bisa menyembuhkan demam, menurunkan gula darah, mengobati diabetes serta penyakit mata.

Misteri pisang Tongka Langit di kaki Gunung Galunggung

Pisang di kaki Gunung Galunggung [Image source]
Pada September 2017 lalu, Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura Kementerian Pertanian menemukan spesies pisang Tongka Langit di kaki Gunung Galunggung, Jawa Barat. Ilmuwan menyebut hal ini istimewa sekaligus misterius karena pisang tersebut hanya bisa ditemui di habitat aslinya, Maluku. Adapun masyarakat sekitar menyebutnya dengan Pisang Ranggap. Dari hasil penelusuran, ditemukan bahwa pisang ini sudah ada 4 tahun sebelum Galunggung meletes pada tahun 1982. Kira-kira dari manakah pisang ini datang?

Selain batang yang tinggi dan bentuk buah yang nyeleneh dari pisang lain, sebenarnya pisang ini dikonsumsi seperti layaknya buah-buahan lain. Yang masih menjadi penelitian hingga kini adalah keberadaan tanaman asli Maluku tersebut yang juga tumbuh di kaki Gunung Galunggung. Ya, bersyukur saja karena Indonesia kaya akan flora unik yang juga bermanfaat.

Written by Ayu

Ayu Lestari, bergabung di Boombastis.com sejak 2017. Seorang ambivert yang jatuh cinta pada tulisan, karena menurutnya dalam menulis tak akan ada puisi yang sumbang dan akan membuat seseorang abadi dalam ingatan. Selain menulis, perempuan kelahiran Palembang ini juga gemar menyanyi, walaupun suaranya tak bisa disetarakan dengan Siti Nurhalizah. Bermimpi bisa melihat setiap pelosok indah Indonesia. Penyuka hujan, senja, puisi dan ungu.

Leave a Reply

5 Adegan dalam Film Dilan Ini Memperkuat Citra Kids Zaman Now Melawan Guru Itu Sah-sah Saja

6 Aplikasi Android Paling Berguna untuk Menunjang Kegiatan Mahasiswa