5 Negara yang Pernah Memindahkan Ibukota Negaranya

oleh Tetalogi
15:09 PM on Jan 13, 2016

Ibukota suatu negara seringkali berupa kota dengan populasi yang sangat tinggi dan memiliki banyak sejarah karena fungsi politik dan ekonomi yang terjadi di sana. Meski begitu beberapa pemerintahan negara terkadang memutuskan untuk memindahkan ibukotanya ke kota lainnya dengan alasan tertentu.

Beberapa negara memutuskan untuk memindahkan ibukotanya agar bisa lebih mudah dipertahankan saat masa peperangan. Sementara yang lain memindahkan ibukota ke wilayah yang sebelumnya belum terlalu berkembang untuk meningkatkan pembangunan.

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Ternyata, ada banyak juga negara yang pernah memutuskan untuk memindahkan ibukotanya seperti berikut ini.

1. Nigeria

Sebelumnya, ibukota Nigeria adalah Lagos, sebuah kota dengan penduduk yang sangat padat. Namun karena terlalu padat inilah ibukota Nigeria kemudian dipindah ke Abuja pada tahun 1991.

Lagos (atas) dan Abuja (bawah)
Lagos (atas) dan Abuja (bawah)

Abuja yang terletak di wilayah tengah Nigeria dipilih karena dianggap sebagai kota paling netral terhadap banyaknya kelompok etnis dan agama di Nigeria. Kota ini juga bukanlah kota terbesar di Nigeria dan juga bukan merupakan pusat perekonomian. Namun Abuja dipilih untuk membantu mengembangkan kota tersebut.

2. Myanmar

Ibukota Myanmar dulunya adalah Rangoon atau Yangon. Namun pada November 2005, ibukota kemudian dipindahkan ke wilayah utara yaitu kota Naypyidaw, sebuah kota yang dibangun sejak tahun 2002 tapi tidak dipublikasikan.

Yangon (atas) dan Naypyidaw (bawah)
Yangon (atas) dan Naypyidaw (bawah)

Hingga saat ini, dunia belum tahu alasan Myanmar memindahkan ibukota negaranya. Namun ada dugaan bahwa kepindahan ini berdasarkan saran ahli astrologi yang mengatakan Myanmar akan diserang. Meski begitu, Naypyidaw adalah kota yang sangat strategis dan bisa dikatakan lebih mudah dipertahankan ketika terjadi penyerangan oleh bangsa asing.

3. Rusia

Sejak abad ke-14 hingga tahun 1712, ibukota Kekaisaran Rusia berada di Moskow. Namun selanjutnya ibukota dipindahkan ke kota St. Petersburg yang didirikan oleh Peter yang Agung pada tahun 1703.

Moskow (atas) dan St. Petersburg (bawah) ]
Moskow (atas) dan St. Petersburg (bawah) ]

Tujuan pemindahan tersebut adalah agar ibukota Rusia lebih dekat dengan wilayah Eropa lainnya. Meski begitu, pada tahun 1918 ibukota kembali dipindahkan ke Moskow dan tetap di sana hingga saat ini.

4. Brazil

Ibukota Brazil dipindahkan dari kota Rio de Janeiro yang terlalu padat penduduk ke kota yang sudah dirancan dan dibangun, Brasilia pada tahun 1961. Pemindahan ibukota ini telah dipertimbangkan selama puluhan tahun. Rio de Janeiro dianggap terlalu jauh dari wilayah kota lain di negara yang sangat luas ini.

Rio de Janeiro (atas) dan Brasilia (bawah)
Rio de Janeiro (atas) dan Brasilia (bawah)

Untuk mendukung pengembangan Brazil, kota Brasilia dibangun sejak tahun 1956 hingga 1960. Ketika sudah resmi menjadi ibukota Brazil, kota Brasilia ternyata mampu mengalami perkembangan dengan pesat. Pemindahan ini dianggap sangat sukses oleh banyak negara lain sehingga beberapa negara di dunia bahkan terinspirasi oleh kesuksesan pemindahan ibukota ini.

5. Australia

Pada abad ke-19, Sydney dan Melbourne adalah dua kota terbesar di Australia. Keduanya ingin menjadi ibukota Australia, dan tidak ada yang mau mengalah. Sebagai bentuk kompromi, maka dibangunlah sebuah kota baru sebagai ibukota Australia.

Canberra [Image Source]
Canberra [Image Source]
Setelah melakukan survei yang mendalam, maka dirancanglah kota Canberra sebagai ibukota Australia. Pada tahun 1927, kota ini resmi menjadi ibukota. Canberra terletak tepat di tengah antara Sydney dan Melbourne.

6. Pakistan

Ketika pertama kali meraih kemerdekaannya pada tahun 1947, Karachi menjadi ibukota pertama Pakistan. Sekitar tahun 1960an, Islamabad kemudian dirancang dan dibangun sebagai ibukota Pakistan kelak. Pembangunan baru terlaksana pada tahun 1961 dan memakan waktu bertahun-tahun sampai pembangunan tersebut akhirnya selesai.

Karachi (atas) dan Islamabad (bawah)
Karachi (atas) dan Islamabad (bawah)

Pada masa penjajahan, pengembangan di Pakistan hanya berfokus di Karachi saja. Selain itu, Karachi yang terletak di ujung Pakistan membuatnya mudah diserang dari laut Arab. Sementara itu Islamabad lebih dekat dengan pusat militer Rawalpindi. Selain itu Islamabad juga mudah diakses dari seluruh bagian negeri.

Itulah tadi beberapa negara yang ternyata juga pernah memindahkan ibukotanya. Dengan perencanaan yang matang, pemindahan ibukota sebenarnya bisa jadi upaya yang bagus untuk memeratakan pembangunan kota-kota lain di suatu negara. Apalagi jika ibukota yang sebelumnya ternyata juga sudah semakin padat penduduk hingga akhirnya malah menghambat pertumbuhan ekonomi atau jalannya pemerintahan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Dulu Dianggap Naturalisasi Gagal Bersinar, Kini Nasib Van Beukering Malah Bikin Melongo 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya
BACA JUGA