Sakit gigi merupakan salah satu penyakit yang susah-susah gampang mengobatinya jika belum bisa ke dokter. Pasalnya, gejala sakit gigi yang sering terjadi adalah nyeri yang muncul hilang. Kalau sudah kumat, kerap kali bikin penderitanya tersiksa hingga emosi jiwa.

Cara mengobati sakit gigi di antaranya menggunakan obat pereda nyeri seperti paracetamol, asam mefenamat atau kalium diklofenak. Penggunaan obat-obat seperti ini sebaiknya menggunakan arahan dari dokter. Karena meski dijual bebas, kandungan di atas tetap merupakan obat keras.

Ada juga metode alternatif yang bisa digunakan, seperti berkumur dengan air garam atau obat kumur. Cara ini juga tidak bisa terlalu sering dilakukan, setidaknya hanya 3-4 kali dalam sehari untuk mencegah efek samping seperti abrasi pada gigi atau hipersensitivitas rongga mulut.

Nah, tahukah Sobat Boombastis, ternyata nyeri gigi bisa coba diredakan dengan teknik penekanan pada titik tertentu pada tubuh? Karena tanpa obat, teknik ini bisa dilakukan kapanpun nyeri gigi terasa kambuh. Yuk dicoba.

Tekan di antara ibu jari dan telunjuk

Rapatkan ibu jari dan telunjuk, nanti akan muncul gundukan lipatan di antaranya. Kemudian tekan ke dalam lipatan jari telunjuk, dengan menggunakan ibu jari atau telunjuk dari tangan lainnya. Tekan-tekan selama 30 detik-1 menit. Melakukan pijatan pada area ini bisa bantu meredakan nyeri, demam, hingga masalah mata. Akan tetapi, beberapa sumber tidak menyarankan ibu hamil melakukan ini, karena bisa memicu resiko kelahiran premature.

Dekat siku bagian dalam

Titik pijat kedua adalah di siku bagian dalam, di mana ada gradasi warna kulit lengan luar dan dalam. Pada titik ini, biasanya bisa membantu meredakan beragam keluhan kesehatan. Pijat pada titik tersebut selama 30 detik-1 menit setelah titik pijat sebelumnya. Perlahan-lahan tindakan ini bisa mengurangi rasa nyeri yang timbul.

Titik tekan di bawah tulang pipi

Titik ini berada lurus dengan ujung mata dan hidung, tepatnya di bawah tulang pipi. Tekan-tekan selama kurang lebih 1 menit. Namun jika pada titik ini dirasakan sakit, jangan menekan terlalu kencang. Penekanan pada tulang bawah pipi ini bermanfaat mengatasi nyeri gigi dan gusi bengkak.

Khasiat tindakan ini bervariasi bagi beberapa orang. Ada yang bisa merasakan efeknya secara signifikan, ada juga yang meredakan sementara. Sebagai tindak lanjut pendukung, bisa dengan menggunakan obat kumur atau minyak cengkeh.

BACA JUGA: Obat Sakit Gigi Paling Ampuh yang Mudah Ditemukan di Rumahmu

Namun, jika rasa sakit tidak banyak berkurang, jangan ragu menghubungi dokter atau melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Supaya tidak tersiksa karena nyeri gigi biasanya memberi dampak yang signifikan seperti hilang konsentrasi, mudah marah, hingga pembengkakan. Sehat selalu ya, Sahabat Boombastis.