Philae, Robot Luar Angkasa Berhasil Mendarat Di Komet

oleh Admin
11:58 AM on Nov 15, 2014

Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) menorehkan tinta emas sebagai yang pertama berhasil mendaratkan robot ruang angkasanya, Philae, di komet 67 P/Chrurymov-Gerasimenko atau 67 P/CG, pada 12 November 2014, pukul 23.05 WIB.

Baca Juga :7 Fakta Tentang Mata Yang Wajib Anda Tahu

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Seusai mendarat di permukaan, Philae telah mengambil beberapa foto permukaan komet. Warna permukaan ditampilkan abu-abu berbatu. Philae mendarat pada area yang dekat dengan zona yang telah ditargetkan, yaitu di kepala komet yang mirip dengan bentuk bebek.Philae Robot Luar Angkasa Berhasil Mendarat Di Komet

Seusai mendaratkan robot ruang angkasanya, ESA kini dihadapkan pada sebuah tantangan baru. Philae harus selalu terhubung secara real time, meskipun jarak komet dengan Bumi mencapai 311 juta mil atau 500 juta kilometer.

Komet dengan luas sekitar 2,5 mil atau 4 kilometer tersebut akan dijelajahi oleh Philae untuk mendapatkan gambaran informasi mengenai asal usul tata surya pada komet tersebut yang sudah berusia 4,5 miliar tahun. Komet tersebut terbentuk dari susunan debu dan es.

Baca Juga :9 Fakta Mengejutkan Tentang Adolf Hitler, Sang Diktaktor NAZI

Akan tetapi, pendaratan Phile menyisakan “kabar buruk”. Manajer Pendaratan Philae di DLR German Aerospace Center, Stephan Ulamec mengungkapkan saat melakukan pendaratan gas pendorong tidak dapat bekerja dengan baik, sehingga pihaknya berupaya untuk tidak melakukan kesalahan pada fase tersebut. Ulamec juga mengatakan bahwa telemeteri Philae kemungkinan tertidur setelah mendarat dan kini mulai berbalik.

Ilmuwan ESA juga mengakui bahwa robot Philae sempat mendarat tak sempurna. Pancang yang didesain untuk jangkar Philae gagal untuk mengembang. Tim misi diminta untuk memastikan fungsi tombang pancang itu untuk memastikan Philae berdiri kokoh.

Kemudian kabar buruk ini ditafsirkan oleh Badan Antariksa Jerman sebagai kemungkinan bakal adanya “pendaratan kedua” di komet tersebut. Dari data yang ada, memunculkan kemungkinan Philae sudah memantul dua kali dan butuh dua jam penuh untuk berhenti istirahat. Pemantulan itu terjadi dikarenakan kegagalan tombak pancang yang sempat tak mengembang dan kegagalan pendorong yang memaksa Philae masuk ke permukaan.

Sementara itu, Direktur Jenderal ESA, Jean-Jacques Dordain mengatakan Philae mungkin telah terangkat dari permukaan komet setelah sempat mendarat, namun kemudian kembali ke permukaan. Berdasarkan data yang diterima ilmuwan ESA menunjukkan bahwa Philae tenggelam sekitar 4 cm ke permukaan komet, yang berarti lapisan atas komet relatif ringan.

ESA berpendapat, meski pendaratan tidak sukses, misi yang diluncurkan sejak tahun 2004 itu dipastikan tidak akan gagal. ESA yakin Rosetta bisa menyelesaikan 80 persen masalahnya sendiri. Pendaratan Philae menjadi klimaks setelah misi proyek ESA ini berlangsung selama satu dekade. Misi dengan dengan anggaran yang mencapai USD 1,62 miliar tersebut akan terbayar lunas dengan kesuksesan pendaratan Philae di komet 67 P/CG.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA