Gunung-Gunung Penuh Misteri Ini Menjadi Surga Pesugihan di Indonesia

oleh Adi Nugroho
10:42 AM on Aug 30, 2016

Meski zaman sudah modern di mana internet pun sudah masuk desa, klenik dan sejenisnya masih saja dipercaya oleh banyak orang di Indonesia. Mereka kerap mengunjungi dukun, meminta jimat, meminta pusaka hingga yang paling mengerikan adalah meminta kaya dengan cepat. Akhirnya, orang-orang yang tidak mau kerja keras dan hanya ingin kaya mendadak ini melakukan ritual-ritual pesugihan yang aneh dan tidak masuk akal.

Ritual pesugihan di Indonesia jenis sangatlah banyak. Ada yang memelihara makhluk gaib seperti tuyul hingga melakukan ritual di sebuah gunung yang konon sangat keramat. Mereka melakukan aktivitas tidak wajar seperti bersemedi, memberikan tumbal, hingga yang terparah berhubungan badan dengan orang yang bukan pasangannya.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

Ngomong-ngomong, masih tentang pesugihan, inilah daftar gunung yang kerap digunakan oleh banyak orang untuk berburu pesugihan.

Gunung Kemukus, Ritual Hubungan Badan agar Kaya

Gunung Kemukus adalah kawasan di Sragen, Jawa Tengah yang menjadi pusat ritual pesugihan di Indonesia. Setiap malam Jumat Kliwon dan Jumat Legi, kawasan perbukitan ini akan ramai didatangi oleh peziarah. Mereka adalah orang-orang yang datang untuk melakukan ritual pesugihan atau sengaja datang karena penasaran dengan ritual yang dilakukan oleh banyak orang.

Gunung Kemukus [image source]
Gunung Kemukus [image source]
Ritual pesugihan yang dilakukan di gunung ini sangat aneh. Orang yang datang diwajibkan untuk berhubungan badan dengan yang bukan pasangannya. Keadaan ini membuat kawasan Gunung Kemukus ditinggali oleh wanita tuna susila yang ingin mencari peruntungan dari praktik ritual aneh ini. Mereka menyediakan  tempat dan jasa layanan berhubungan badan agar ritual yang dijalankan berjalan dengan lancar.

Gunung Kawi, Tumbal Nyawa untuk Kekayaan Berlimpah

Kawasan gunung selanjutnya yang kerap digunakan untuk tempat pesugihan adalah Gunung Kawi. Setiap tahun, ratusan hingga ribuan orang akan datang terutama di hari-hari penting seperti Jumat Legi atau Bulan Suro. Di tempat ini mereka akan melakukan ritual pesugihan yang biasanya berlangsung selama 3 hari tiga malam.

Pesugihan Gunung Kawi [image source]
Pesugihan Gunung Kawi [image source]
Seorang yang melaksanakan ritual pesugihan diwajibkan melakukan tapa brata atau berdiam diri di bawah pohon Dewandaru. Sebelum melakukan pertapaan, seorang peziarah juga harus melakukan ritual perjanjian dengan tumbal nyawa sebagai pengikatnya.

Setelah ritual perjanjian selesai, seorang peziarah diwajibkan tapa brata selama 3 hari tiga malam. Mereka akan berdiam diri di bawah pohon Dewandaru hingga terkena runtuhan batang, daun, atau bunganya. Ketika bagian dari pohon itu runtuh mengenai badan, maka orang tersebut diberi kesempatan untuk menjadi kaya. Dalam waktu yang tidak begitu lama, kekayaan mereka akan terus bertambah dengan tidak wajar. Oh ya, agar kekayaan itu terus bertahan, setiap tahun satu nyawa harus dikorbankan. Biasanya keluarga dari peminta pesugihan akan mati mendadak entah karena sakit atau sebab aneh lainnya.

Gunung Wijil, Sarang Buto Ijo Pemberi Harta

Berbeda dengan dua gunung yang telah disebutkan sebelumnya, Gunung Wijil masih terbilang baru sebagai tempat pesugihan. Terletak di kawasan Klaten, Jawa Tengah, gunung ini mulai dijadikan tempat favorit bagi beberapa orang yang ingin kaya dengan cepat tanpa melakukan usaha apa-apa. Mereka cukup datang ke kawasan Watu Baya lalu melakukan ritual untuk bertemu dengan makhluk yang kerap dijuluki buto ijo oleh penduduk setempat.

Watu Baya [image source]
Watu Baya [image source]
Menurut kisah penduduk yang ada di sana, orang yang bertemu dengan makhluk gaib itu akan mendapatkan kekayaan yang banyak. Kekayaan itu bisa berupa dilancarkan saat menjalankan usaha hingga harta gaib yang langsung diberikan. Sebagai balasan akan harta yang telah diberikan, buto ijo akan meminta tumbal nyawa kepada mereka yang melakukan praktik klenik itu.

Gunung Slamet, Pesugihan dari Siluman Penunggu Air Terjun

Gunung terakhir yang kerap dijadikan sebagai lokasi pesugihan adalah Gunung Slamet. Di kawasan ini peziarah akan menemukan air terjun Guci tempat siluman naga tinggal. Setiap bulan, tepatnya pada Selasa Kliwon atau Jumat Legi, air terjun ini mulai banyak dikunjungi oleh mereka yang ingin mendapatkan pesugihan dan menyekutukan dirinya dengan siluman naga.

air terjun Guci [image source]
air terjun Guci [image source]
Saat melakukan ritual, seorang peziarah akan membawa sesajen lengkap mulai dari kembang, minyak wangi, hingga tumpeng untuk selamatan. Sesajen ini dipersembahkan untuk siluman yang ada di air terjun agar mau keluar dan memberikan kekayaan dengan cepat. Oh ya, ritual ini termasuk ritual hitam karena siluman juga meminta tumbal manusia sebagai penukar harta yang diberikan.

Inilah gunung-gunung penuh misteri di Indonesia yang kerap dijadikan sebagai tempat pesugihan. Entah benar atau cuma takhayul saja, setiap tahun empat gunung di atas tidak pernah sepi pengunjung yang ingin mendapatkan kekayaan secara instan. Mengerikan!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA