13 tahun tahun lalu Aceh porak-poranda dihantam Tsunami. Akibat hal tersebut Serambi Mekah itu sempat mati suri dan semua aktivitas lumpuh. Bencana maha dahsyat itu juga menenggelamkan sepak bola Aceh yang sebenarnya perlahan mulai tumbuh. Saat itu, semua fasilitas olahraga di daerah Aceh juga alami rusak berat. Namun sekarang berbeda gairah bola itu mulai muncul kembali.

Apabila ditarik sejarah ke belakang sebenarnya daerah terletak di barat Indonesia ini merupakan penghasil pemain berbakat tanah air. Nama-nama seperti Irwansyah sampai Herry Kiswanto adalah buktinya. Bahkan saat ini beberapa pemain asal Aceh juga mulai terlihat di kompetisi teratas negara kita. Lalu siapa sajakah pemain hebat asli daerah Aceh simak ulasan berikut.

Gelandang hebat dalam sejarah Timnas Fachri Huseini

Fachri H [Sumber Gambar]
Luar biasa adalah kata yang tepat untuk menggambarkan Fachri Husaeni. Pria asal Aceh yang sukses menjadi seorang pemain dan juga pelatih. Ketika masih bermain dirinya mampu tampil bagus bersama PKT Bontang dengan mempersembahkan peringkat tiga terbaik. Kepemimpinan dan skill jempolan adalah kelebihan bapak dua anak ini. Kisah sukses pria berkepal plontos juga merembet saat menukangi Timnas U-16. Dilansir laman Goal, ia sukses persembahkan gelar juara piala Jeneys di Jepang. Bahkan melalui tangan dinginnya bakat-bakat muda terus bermunculan.

Kapten tim Persija Jakarta yang jadi andalan di usia tua

Ismed Sofyan [Sumber Gambar]
Darah Aceh hebat lainnya di belantika sepak bola nasional adalah Ismed Sofyan. Pesepakbola berusia tua yang kini terus dipercaya untuk mengisi posisi bek kanan Persija Jakarta. Kedisiplinan menjaga diri adalah kunci performa bagusnya selama ini. Ismed Sofyan sendiri merupakan pemain yang memiliki umpan bagus dengan kemampuan bertahan dan menyerang luar biasa. Sebelum berada di usia sekarang namanya hampir tidak pernah absen untuk masuk Timnas. Baru-baru ini juga ia sukses antarkan Persija Jakarta tebus babak 16 besar kompetisi Asia.

Zulfiandi, pemuda aceh yang jadi andalan Timnas

Zulfiandi [Sumber Gambar]
Selain beberapa darah tua tadi, daerah Aceh juga telurkan pesepakbola muda berbakat. Salah satunya adalah Zulfiandi, gelandang tengah yang kembali masuk squad Timnas. Lahir di Bireun 23 tahun yang lalu, pemain yang sering dipanggil Zul ini mulai melambung namanya saat sukses membawa Timnas U-19 menjadi juara beberapa tahun yang lalu. Layaknya Fachri Huseini tadi, Zulfiandi juga lihai dalam mengatur lini tengah dalam sebuah pertandingan. Saat ini pesepakbola berperawakan tinggi ini memperkuat Sriwijaya FC dan sukses persembahan piala Gubernur Kaltim untuk kesebelasan asal Palembang itu.

TM Ichsan pemain masa depan Tim Merah Putih

TM Ichsan [Sumber Gambar]
Seperti Zulfiandi, TM Ichsan juga menjadi pesepakbola asal Aceh bersinar namanya. Memperkuat kesebelasan milik aparatur negara yakni, Bayangkara FC dirinya sukses tunjukkan penampilan luar biasa. Hingga membuat pemain 19 tahun selalu menjadi pilih utama pelatih Simon McMenemy. Tidak hanya itu dirinya juga sukses antarkan tim Polisi tersebut merebut gelar juara Liga1 tahun 2017 lalu. Selain rangkul gelar bersama klub, dirinya juga catatkan rekor menarik sebagai pecetak gol termuda. Namun sayang penampilannya belum bisa kita lihat lagi, lantaran jalani penyembuhan cedera.

Beberapa pemain Aceh ini adalah bukti untuk kita semua, apabila Indonesia adalah negeri yang kaya akan pesepak bola potensial. Bahkan empat nama ini hanya sebagai kecil dari pemain hebat asal Serambi Mekah tersebut. Hal ini juga menunjukkan kepada kita semua bila orang Aceh bisa bangkit meski pernah hancur lebur 13 tahun yang lalu.