5 Pesawat Tempur Legendaris ini Membuat Perang Dunia II Makin Mengerikan

oleh Rizal
09:31 AM on Feb 16, 2016

Tak ada perang paling hebat di dunia selain Perang Dunia II. Hanya di momen ini, semua negara yang terlibat benar-benar dalam kondisi total war. Mereka tak lagi memedulikan apa pun kecuali mengerahkan semuanya untuk perang. Ngeri, dan jangan sampai hal ini pernah terjadi lagi di kemudian hari.

Meskipun demikian, Perang Dunia II memegang peranan penting bagi perkembangan alutsista. Dulu di Perang Dunia pertama, senjata dan kendaraan perang masih cupu alias tidak greget. Namun, ketika negara-negara bersiap untuk menuju Perang Dunia II, mereka sudah siap dengan alutistanya masing-masing yang sudah berkembang lebih canggih. Salah satunya adalah pesawat-pesawat tempur.

Baca Juga
4 Harta Karun Indonesia di Luar Negeri, Konon Bisa Bikin Bumi Pertiwi Langsung Kaya
Mengenal Cempedak, Buah Asli Indonesia Super Lezat yang Kini Mulai Terlupakan

Ya, di masa Perang Dunia II, pesawat tempur memegang peranan penting. Walaupun pada kenyataannya, kehadiran jet-jet penghancur ini makin menambah kengerian perang. Berikut adalah deretan pesawat tempur paling mematikan dan ditakuti saat itu.

1. Supermarine MKs 24 Spitfire

Pesawat satu ini bisa dibilang adalah salah satu yang paling maut di Perang Dunia II. Pesawat milik Inggris ini punya segalanya, kecepatan, jarak, persenjataan, manuver hebat dan lain sebagainya. Jerman yang saat itu juga punya deretan pesawat mematikan, takluk dengan kemampuan Spitfire. Bahkan mungkin hanya pesawat ini satu-satunya yang ditakuti mereka saat melakukan serangan udara.

Supermarine MKs 24 Spitfire [Image Source]
Supermarine MKs 24 Spitfire [Image Source]
Hal yang menjadikan pesawat ini makin keren adalah jasanya yang berhasil menyelamatkan Inggris dari pesawat pembom Jerman.  Ya, tanpanya, mungkin Jerman bisa menginvasi Inggis dan menjadikan negaranya Ratu Elizabeth itu kamp konsentrasi atau pun lebih buruk lagi.

2. P-51D Mustang

Mustang adalah pesawat tempur buatan Amerika dengan kemampuan melegendanya yang mampu merengkuh jarah tempuh yang sangat jauh, bahkan terjauh di masanya. Tak hanya itu kelebihannya, Mustang juga dilengkapi dengan kehandalan manuver serta persenjataan berat yang bisa dipakai untuk melumat targetnya.

P-51D Mustang [Image Source]
P-51D Mustang [Image Source]
Mustang jadi salah satu pesawat yang paling banyak dipakai saat Perang Dunia II. Jumlahnya sendiri hampir mencapai 15 ribu unit di dunia. Uniknya, pesawat ini juga dimiliki oleh Indonesia atas hibah dari Belanda. Namun, pada akhirnya justru dipakai melawan Belanda ketika negara itu mencoba peruntungannya menginvasi lagi Indonesia.

3. Messerschmitt Bf 109K

Pesawat buatan Jerman ini bisa dibilang yang paling komplit. Tak hanya punya kecepatan yang gila, Messerschmitt juga dibekali manuver yang sangar, belum lagi dengan deretan senjata kelas berat yang bisa disematkan. Soal kecepatan, Messerschmitt memang memilikinya. Hal ini dipengaruhi dari body pesawat yang konon sangat ringan.

Messerschmitt Bf 109K [Image Source]
Messerschmitt Bf 109K [Image Source]
Messerschmitt sendiri sebenarnya punya banyak sekali varian, dan Bf 109K adalah yang paling terakhir. Makanya, segala kemampuan dan keandalan pendahulunya bisa didapatkan di seri satu ini. Meskipun Jerman pada akhirnya kalah, namun pesawat ini mencatatkan banyak pencapaian keren. Salah satunya adalah sudah membunuh banyak sekali tentara dan alutsista musuh.

4. Focke-Wulf FW 190 D-9

Tak cukup dengan Messerschmitt Bf 109K, Jerman juga membuat pesawat andalan mereka yang lain, Focke-Wulf FW 190 D-9. Secara kemampuan, keduanya hampir-hampir sama. Focke juga dikatakan memiliki stabilitas, manuvernya yang sangat bisa diandalkan, serta yang tak kalah penting adalah kemampuan daya hancurnya yang gila.

Focke-Wulf Fw 190D-9 [Image Source]
Focke-Wulf Fw 190D-9 [Image Source]
Keunggulan lain dari pesawat ini adalah penggunaannya yang sangat luas. Tak hanya bisa dipakai sebagai pengintai, Focke mampu digunakan sebagai pesawat bomber, penyerang di siang dan malam hari, serta mampu menghancurkan target multi area, baik di udara maupun darat.

5. Republic P-47D Thunderbolt

Pesawat dengan sebutan “Jag” ini konon merupakan yang paling mahal di masanya. Di tahun 45an, harga satu buahnya mencapai $85 ribu. Memang mahal, tapi pesawat ini juga punya kemampuan ngeri. Thunderbolt bukan yang paling cepat, namun soal daya hancur tidak ada yang lebih unggul darinya. Pesawat ini dikenal dengan persenjataan yang paling lengkap.

Republic P-47D Thunderbolt [Image Source]
Republic P-47D Thunderbolt [Image Source]
Misalnya delapan buah senapan mesin kaliber 50 yang terletak empat buah di masing-masing sayap. Tak hanya itu, ia juga bisa mengangkut berbagai misil. Ketika mengusung perlengkapan penuh, Thunderbolt bisa mencapai berat 8 ton. Pesawat ini juga punya spesialisasi kemampuan yakni membantu penyerangan darat.

Inilah deretan pesawat paling mematikan di Perang Dunia II. Meskipun sangat jauh kalau dibandingkan pesawat sekarang, tapi di masanya, pesawat-pesawat ini sangat mengerikan. Tak terbayang bagaimana orang-orang di masa itu begitu ketakutan ketika salah satu dari pesawat di atas, terbang melintasi rumah-rumah mereka.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak
BACA JUGA