Ngeri! Ini Lho 5 Pesawat Pengebom Paling Mematikan yang Masih Beroperasi di Angkasa

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 28, 2016

Kalau dilihat dari klasifikasi berdasarkan fungsi, ada pesawat yang dinamakan dengan bomber plane. Seperti namanya, tujuan penggunaan pesawat khusus ini adalah untuk menghancurkan wilayah musuh, meledakkan fasilitas militer dan lain sebagainya. Tapi itu dulu, kini pesawat bomber sudah tidak memiliki tujuan lagi. Memang masih ada konflik di mana-mana, namun penggunaan pesawat bombing tak lagi diperlukan karena akan berpotensi membuat konfrontasi makin memanas.

Namun, meskipun mungkin sudah tidak dipakai sejak lama, tapi bukan berarti negara-negara di dunia tak mengembangkan pesawat semacam ini. Tanpa banyak yang tahu, ternyata beberapa negara intens mengembangkan dan menggunakan pesawat mematikan yang mampu membuat tragedi Hiroshima dan Nagasaki terulang kembali. Makin ngeri lagi, beberapa dari pesawat ini memiliki teknologi super canggih yang bikin ketar-ketir.

Baca Juga
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika
Mulai dari Akhir Israel Hingga Bencana, Inilah 4 Prediksi Nostradamus Tentang 2018 yang Bikin Merinding

Nah, berikut adalah pesawat pengebom yang masih aktif digunakan. Siap-siap terkesima dan ngeri akan kemampuan deretan pesawat itu.

1. Northrop Grumman B-2 Spirit, Pesawat Penghancur Paling Mematikan Saat ini

Jika ada pesawat yang paling dikuti dunia, salah satunya pasti Grumman B-2 Spirit. Alasannya sendiri sangat klasik, pesawat satu ini terlalu mematikan. Ya, B-2 adalah pesawat paket komplit yang bisa melakukan apa pun dengan fungsi yang sangat banyak. Secara mendasar ia adalah pesawat bomber, namun B-2 dilengkapi kemampuan untuk menyusup tanpa bisa diketahui serta melesat dengan amat cepat.

Northrop Grumman B-2 Spirit [Image Source]
Northrop Grumman B-2 Spirit [Image Source]
Pesawat ini adalah salah satu yang paling mahal di dunia mengingat kemampuan hebatnya. Meskipun begitu, B-2 sebenarnya adalah pesawat lama karena sudah tercipta sejak tahun 1955. AS si negara pemilik hanya memiliki 20 unit saja dari pesawat ini. Mereka juga tak menjual ke negara lain karena bakal bisa jadi bumerang. Soal daya hancur, pesawat ini memang bisa melakukannya. Ia mampu membawa amunisi berat dengan berbagai jenis.

2. Tupolev Tu-160, Pesawat Penghancur Mengerikan Milik Rusia

AS mungkin boleh merasa gagah dengan B-20-nya, tapi Rusia takkan pernah mau kalah karena mereka juga punya sesuatu untuk dibanggakan. Ya, si negara beruang merah memiliki Tu-160 yang tak kalah mematikannya. Pesawat ini bisa dibilang salah satu bomber plane paling besar. Ia bisa membawa banyak sekali amunisi mulai rudal-rudal yang berukuran sedang sampai super besar.

Tupolev Tu-160 [Image Source]
Tupolev Tu-160 [Image Source]
Tu-160 juga merupakan pesawat paling jarang jumlahnya di dunia. Rusia sendiri hanya memiliki sekitar 39 unit saja. Alasan kenapa jumlah pesawat ini begitu minim adalah karena mahalnya biaya pembangunan dan perawatannya. Rusia konon masih aktif memakai pesawat ini untuk keperluan militernya.

3. Rockwell B-1B, Pesawat Bomber Saingan Tu-160

B-1B adalah salah satu pesawat bomber andalan AS yang masih aktif dipakai hingga hari ini. Diduga Amerika masih menyimpan sekitar 70 unit B-1B saat ini. Bahkan menurut rumor, hanya dengan satu perintah pesawat-pesawat ini bisa langsung meluncur ke target dan menghancurkannya. 70 pesawat pengebom, kekuatannya bisa membuat satu negara absen untuk selamanya.

Rockwell B-1B [Image Source]
Rockwell B-1B [Image Source]
Nah, soal kemampuan B-1B ini hampir sama seperti Tu-160. Ia memiliki fisik yang besar dengan kemampuan memuat banyak sekali amunisi bom. Mulai dari rudal darat sampai yang kelas berat dengan memanfaatkan nuklir. Pesawat ini diperkirakan masih akan terus melayani AS sampai sekitar tahun 2030an. Sangat lama kalau dilihat dari awal rilisnya di tahun 1986.

4. Boeing B-52H Stratofortress, Pesawat Pengebom Khusus Nuklir

Salah satu pesawat paling mematikan di dunia adalah Boeing B-52H. Alasan pertamanya sudah jelas ia memiliki banyak hal gila, mulai dari kemampuan membawa banyak jenis rudal, sampai mampu terbang sangat jauh hanya dengan satu kali isi bahan bakar. Alasan keduanya adalah biaya pengadaan yang sangat murah jika dibandingkan pesawat lain.

Boeing B-52H Stratofortress [Image Source]
Boeing B-52H Stratofortress [Image Source]
Ya, B-52H adalah salah satu pesawat bomber paling murah, namun soal kemampuan juga salah satu yang paling mematikan. Makanya, tak heran kalau hari ini AS memiliki sekitar 85 buah pesawat satu ini. Amerika sendiri berencana akan tetap memakai pesawat ini sampai tahun 2044 nanti.

5. Tupolev Tu-22M, Rusia Bangga Memiliki Pesawat Satu ini

Bisa dibilang Tu-22M adalah pesawat bomber yang paling mendapatkan tempat di hati Rusia. Bukan lantaran pesawat lain jelek, tapi karena yang satu ini punya kemampuan lebih. Tu-22M mungkin hanya pengebom jarak menengah, tapi ia memiliki banyak hal yang bisa bikin musuh tak memandang remeh.

Tupolev Tu-22M [Image Source]
Tupolev Tu-22M [Image Source]
Tu-22M memiliki kemampuan untuk mengangkut sekitar 24 ribu bom dan rudal berbagai jenis. Ia juga punya kecepatan yang mumpuni dan bisa dilengkapi dengan kemampuan stealth alias pengintaian. Hari ini Rusia memiliki sekitar 90 Tu-22M.

Inilah pesawat-pesawat yang paling ditakuti dunia. Alasannya sendiri sudah jelas karena kemampuan menghancurkannya yang gila. Jika satu buah pesawat saja bisa bikin sebuah kota hancur, maka satu skuadron dari pesawat bomber di atas mungkin bisa menghancurkan satu negara. Sangat ngeri!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA