in

Inilah Pesawat Tempur Legendaris Rusia yang Dulu Sangat Ditakuti Dunia

Sudah bukan rahasia lagi kalau Rusia adalah salah satu negara pembuat alutsista terbaik di dunia selain Amerika. Buktinya bisa kamu saksikan sendiri hari ini. Hampir di segala lini militer mereka baik darat, laut, udara, diisi oleh deretan alutsista paling mumpuni dan mutakhir. Sebenarnya soal kehebatan Rusia dalam menciptakan alutsista mematikan, hal tersebut sudah mereka lakukan sejak lama.

Tak hanya kapal perang dan tank, Rusia juga sangat oke dalam membuat pesawat. Buktinya tak hanya bisa kita lihat dari apa yang mereka punya hari ini, tapi juga beberapa tahun lalu. Ya, di waktu negara-negara lain masih cupu, Rusia atau Soviet sudah memproduksi deretan pesawat tempur mematikan. Salah satu contohnya adalah si legendaris Flanker alias Su-27 yang pernah bikin dunia kepincut karena kemampuannya yang sangat mengerikan.

Su-27 bukan satu-satunya pesawat legendaris Rusia yang sangar dan ditakuti dunia. Masih ada beberapa pesawat lain dengan kiprah yang tak kalah mentereng. Nah, berikut adalah deretan pesawat super kece yang pernah dimiliki Rusia dan sukses bikin dunia takjub sekaligus ngeri.

MiG-27M, Pesawat Pengebom Paling Mematikan di Zamannya

Di antara banyak pesawat yang dimiliki Soviet, MiG-27M adalah salah satu yang paling ditakuti. Alasannya tak lain karena pesawat dengan julukan Flogger J ini punya kemampuan sangar. MiG-27M adalah salah satu pesawat bomber paling cepat yang pernah ada.

MiG-27M [Image Source]
MiG-27M [Image Source]
MiG-27M dibekali dengan desain body yang meruncing serta mekanisme sayap membuka dan menutup, hal inilah yang membuatnya sangat cepat. Belum lagi sematan mesinnya yang ternyata adalah cikal bakal milik Su-27, membuatnya makin melesat. Sebagai pesawat bomber MiG-27M bisa dibilang lengkap lantaran ia juga memiliki machine gun alias senapan mesin.

Sukhoi Su-27, Si Flanker yang Mematikan

Su-27 mungkin bisa dikatakan sebagai pesawat paling ngeri yang pernah dimiliki Rusia. Alasannya tak lain karena pesawat satu ini benar-benar sempurna apalagi dibandingkan dengan jet-jet tempur lainnya. Su-27 alias Flanker ini adalah pesawat yang cocok untuk hampir semua misi udara. Terbang jarak jauh, misi penghancuran, stealth, semuanya bisa dilakukan.

Sukhoi Su-27 [Image Source]
Sukhoi Su-27 [Image Source]
Tak hanya sanggup membawa senjata-senjata berat, hal yang mengagumkan soal Flanker ini adalah kemampuan manuvernya. Ya, Su-27 memiliki kemampuan meliuk-liuk yang benar-benar oke. Salah satu buktinya adalah seringnya para performer freestyle pesawat tempur memakai jet satu ini. Dengan semua yang dimilikinya, tak heran kalau Flanker bikin Paman Sam gerah dan kepanasan.

MiG 1.44 MFI, Pesawat Buas yang Tak Pernah Keluar Taringnya

Meskipun Su-27 sudah sedemikian memuaskan, tapi Rusia tak mau berhenti di tempat. Hingga akhirnya mereka menciptakan MiG 1.44 MFI yang dianggap sebagai penerus si Flanker. Dilihat dari desain, pesawat satu ini tidak bertujuan untuk misi penghancuran tapi lebih kepada Stealth alias intai.

MiG 1.44 MFI [Image Source]
MiG 1.44 MFI [Image Source]
MiG 1.44 MFI dibekali dengan kecepatan luar biasa dan kemampuan untuk menghilang berkat sematan teknologi penyerap materi yang dimilikinya. Tak hanya itu, MiG 1.44 MFI juga dibekali dengan berbagai persenjataan berat yang siap menghajar musuh dengan mantap dan sekejab. Sayangnya, pesawat yang digadang bakal sangar ini tak diproduksi massal. Sebagai gantinya, Rusia mengembangkan varian terbaru Sukhoi bernama T-50.

MiG-25, Jet Tempur Musuh Besar B-58 Milik AS

Rusia selalu membuat pesawat untuk sebuah alasan, misalnya ketika mereka menciptakan MiG-25. Ya, pesawat satu ini diciptakan karena Amerika begitu sok jagoan dengan pesawat bomber mereka yang bernama B-58. Makanya, kemudian spesifikasi MiG-25 sangat disesuaikan untuk bisa menghadang si B-58.

MiG-25 [Image Source]
MiG-25 [Image Source]
B-58 bisa terbang supersonik, Rusia pun membuat MiG-25 bisa melesat tiga kali kecepatan suara. Soal persenjataan pun demikian, pesawat yang dijuluki Foxbat ini juga dibungkus dengan banyak sekali weapon kelas berat. Dengan spesifikasi dan tampilan macam ini, MiG-25 pun sukses dilirik banyak negara di dunia. Lucunya, meskipun dimaksudkan untuk bertempur dengan B-58, MiG-25 hampir tak pernah sekalipun bertemu dengan musuhnya itu.

Harus kita akui kalau Rusia adalah kreator alutsista yang hebat. Indonesia sendiri juga pernah berjaya berkat koleksi peralatan tempur dari Rusia atau Soviet. Masih ingat KRI Irian yang legendaris atau deretan MiG 19 mematikan milik kita? Ya, semua ini adalah hasil kreasi Soviet.

Written by Rizal

Hanya seorang lulusan IT yang nyasar ke dunia tulis menulis. Pengalamannya sudah tiga tahun sejak tulisan pertama dimuat di dunia jurnalisme online. Harapannya bisa membuat tulisan yang super kece, bisa diterima siapa pun, dan juga membawa influence yang baik.

Contact me on my Facebook account!

Leave a Reply

5 Film Non-Hollywood Paling Keren dan Wajib Tonton

Menguak Misteri Pulau Socotra yang Konon Jadi Tempat Persembunyian Dajjal Saat Ini