Ada banyak faktor yang menjadikan Amerika negara terhebat di dunia. Tak hanya karena mereka memiliki dolar yang perkasa, tapi tentu juga kekuatan militer yang jemawa. Soal militer, dari dulu tak pernah berubah, tetap sang Paman Sam yang jadi juara meskipun Tiongkok dan Rusia berupaya sedemikian rupa.

Soal militer, Amerika memang perkasa sekali. Penyebabnya ada banyak dan salah satunya adalah kemampuan hebat mereka dalam menciptakan alutsista-alutsista handal. Termasuk di dalamnya adalah pesawat-pesawat canggih dan mematikan, macam B-2 Spirit. Pesawat satu ini memang spesial di antara semua yang dimiliki AS. Tak hanya karena kemampuan yang hebat, tapi B-2 Spirit adalah pesawat bomber yang hanya dimiliki sang negeri pimpinan Trump ini.

Tak hanya punya kemampuan sangar, B-2 Spirit juga sangat mahal. Untuk satu buahnya, mereka butuh begitu banyak duit. Makanya, pesawat ini begitu dijaga. Lebih jauh soal B-2 Spirit, berikut adalah fakta-fakta soal pesawat pengebom siluman andalan AS tersebut.

Kemampuan Bersembunyi Bak Siluman

Kemampuan bersembunyi B-2 Spirit [Image Source]
Kemampuan bersembunyi B-2 Spirit [Image Source]
Pada dasarnya B-2 Spirit memanglah sebuah pesawat bomber. Tapi, pesawat ini juga dibekali dengan berbagai macam fitur yang memungkinkannya untuk melakukan stealth alias terbang diam-diam. Kemampuan stealth pada B-2 Spirit ini adalah salah satu yang terbaik. Saat ini, masih belum ada satu radar pun yang bisa menguak keberadaannya ketika terbang di udara. Tak hanya dukungan fitur, kemampuan stealth ini juga didapatkan dari bentuk B-2 Spirit yang unik.

Mampu Menghancurkan dengan Begitu Hebat

Kemampuan menghancurkan yang hebat [Image Source]
Kemampuan menghancurkan yang hebat [Image Source]
Lantaran pesawat ini digunakan untuk bombing alias mengebom, maka sudah jelas B-2 Spirit sangat hebat dalam hal tersebut. Secara umum pesawat ini mampu mengangkut sekitar 18 ribu kilogram bom. Termasuk beberapa di antaranya adalah jenis yang bisa dibidik. Ia juga punya sistem yang memungkinkan bom yang dijatuhkan takkan meleset. Jangan lupa, ini juga masih didukung dengan kemampuan terbang diam-diam alias stealth tadi.

Pesawat yang Pemiliknya Hanya AS

Pesawat yang cuma Amerika pemiliknya [Image Source]
Pesawat yang cuma Amerika pemiliknya [Image Source]
Pesawat satu ini bisa bisa dikatakan sebagai hasil karya AS terbaik sepanjang masa. Makanya, mereka pun seolah benar-benar menjaga eksistensi B-2 Spirit, sehingga kesannya tak boleh dicolek-colek oleh negara lain. Hal tersebut dibuktikan dengan ogahnya AS menjual pesawat ini ke siapa pun. Bahkan Israel dan negara-negara NATO lainnya. AS mungkin ketakutan kalau salah satu senjata terbaiknya ini suatu saat bakal digunakan untuk balik melawan dirinya.

Daerah Jelajah yang Begitu Jauh

Kemampuan jelajah yang begitu jauh [Image Source]
Kemampuan jelajah yang begitu jauh [Image Source]
Kembali soal kemampuan, kali ini kita bicara jelajah. Tahu kah kamu berapa jauh pesawat ini bisa terbang dalam sekali isi bahan bakar? Jawabannya adalah 12 ribu kilometer. Kalau dianalogikan, jarak ini sama seperti dari Bandung ke London. Dan hebatnya, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, B-2 Spirit bisa menempuh jarak ini hanya dengan bekal satu kali isi bahan bakar.

Salah Satu Pesawat Termahal di Muka Bumi

Salah satu pesawat termahal [Image Source]
Salah satu pesawat termahal [Image Source]
Dengan kemampuan hebat yang hampir merata di setiap lini, adalah sangat wajar kalau kemudian B-2 Spirit dihargai sangat mahal. Lalu kemudian pertanyaannya adalah berapa harga untuk satu pesawat super canggih dan hebat ini? Tidak dijelaskan dengan gamblang, namun biaya pengadaannya sendiri diperkirakan sekitar $1,1 miliar. Kalau dikonversikan ke mata uang kita nilainya setara dengan Rp. 14.813.688.171.397. Silakan dihitung sendiri ya.

B-2 Spirit mungkin bisa dibilang tua. Meskipun demikian, hampir tak ada pesawat yang bisa melampauinya dari berbagai macam hal. Baik itu kemampuan, daya hancur, sampai harga. Kabarnya B-2 Spirit bakal segera memiliki adik. Ya, pihak militer AS diam-diam telah mempersiapkan seri lanjutan dari pesawat yang sudah terbang sejak tahun 1989 ini.