in

Jangan Panik! Lakukan 5 Cara Ini Jika Ada yang Tersedak Makanan atau Benda Asing

Terkadang kita sering mengabaikan namanya keselamatan diri pada saat mengonsumsi makanan. Asal perut terisi, cara mengunyah dan menelan dengan benar jarang dipedulikan. Nah, akibatnya kita bisa tersedak oleh makanan tersebut. Bahkan, peristiwa menyebalkan itu bisa berlangsung cukup lama karena makanan masih saja mengganjal di tenggorokan kita.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya orang-orang hanya memberikan minum supaya si korban enggak tersedak lagi. Namun sayangnya cara itu tidak ampuh bagi beberapa orang. Malahan, air tersebut jadi memperparah suasana sehinggan makanan jadi sulit untuk keluar dari tenggorokan kita. Maka dari itu, supaya kita bisa membantu orang tersedak secara maksimal, dapat dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini.

Memberikan pukulan ringan kepada orang yang tersedak

Memberikan pukulan ringan [Sumber Gambar]
Pertama-tama, hal yang harus kita lakukan adalah berdiri di belakang penderita dan tahan dadanya menggunakan satu tangan. Jangan lupa juga untuk mencondongkan badan orang yang tersedak tersebut ke depan, supaya benda mengganjal di tenggorokan bisa keluar melalui mulutnya. Selanjutnya beri pukulan yang pelan dengan tumit tangan di antara kedua tulang belikat orang tersebut. Jangan pukul terlalu keras karena kita bukan ingin menyiksanya.

Berikan dorongan di atas pusar dengan mengepalkan tangan

Berikan dorongan pada perut [Sumber Gambar]
Kalau masih ada yang menyumbat di tenggorokannya, maka ada cara lain. Yakni memberikan tekanan pada perut si penderita. Caranya adalah berdiri di belakang orang tersebut, lalu letakkan kedua tangan kalian di sekeliling pinggang si penderita. Lalu, salah satu kepalan tangan kalian ditaruh pada atas pusar. Jika sudah, dorong kepalan tangan kalian ke atas agar benda dalam tenggorokan bisa keluar dengan cepat. Biasanya cara ini dilakukan sebanyak lima kali supaya benda asing tersebut dapat keluar. Namun, kalau sudah melakukan cara ini, si penderita harus dibawa ke dokter karena biasanya dorongan seperti itu bisa menyebabkan cedera serius di bagian perutnya.

Kalau si penderita terbaring, dorong bagian atas perut

Lakukan dorongan pada perut jika korban terbaring [Sumber Gambar]
Metode-metode di atas dilakukan ketika orang yang tersedak berada dalam posisi berdiri. Nah, beda lagi caranya jika si penderita sedang dalam kondisi berbaring alias tiduran. Caranya adalah terlebih dahulu harus meluruskan posisi kepala dan leher supaya tidak tertekuk ke samping. Lalu, kita mengepalkan tangan dan letakkan di perut bagian atas pusar. Kemudian, beri dorongan ke arah atas supaya benda tersebut bisa keluar dari tenggorokannya.

Jangan pernah untuk memberikan minuman apapun

Jangan berikan minum kepada orang tersedak [Sumber Gambar]
Mungkin hampir semua orang menganggap kalau tersedak bisa diatasi dengan cara minum. Padahal, cara tersebut sangat salah Sahabat Boom (Saboom). Karena cairan yang masuk ke dalam tenggorokan bisa menghambat udara. Nah, bisa-bisa benda asing tersebut malah semakin masuk ke dalam saluran yang tidak seharusnya. Sehingga jangan pernah ya untuk memberikan minum kepada orang yang sedang tersedak. Cara tersebut bisa membuat si penderita semakin tersiksa.

Jangan menggunakan jari untuk mengeluarkan benda yang tersangkut di tenggorokan

Jangan gunakan jari [Sumber Gambar]
Ada hal lain yang perlu diingat Saboom ketika ingin menyelamatkan orang dari tersedak makanan. Itu adalah tidak bolehnya menggunakan jari untuk mengambil benda tersebut dari tenggorokan. Karena itu akan memperburuk keadaan dan bisa mendorong benda tersebut masuk lebih jauh ke dalam saluran udara. Selain itu, jari kita pasti mengandung banyak kuman, bisa-bisa orang yang kita tolong malah sakit terkena bakteri. Sekali lagi jangan nekat ya, karena kita bukan ahli debus yang bisa memasukkan tangan ke tenggorokan orang lain.

Cara-cara di atas bisa dilakukan kalau ada orang yang tersedak makanan atau benda asing lainnya. Akan tetapi, kalau metode tersebut tidak ada yang berhasil, harus segera dibawa ke rumah sakit ya Saboom supaya ada penanganan lebih lanjut. Karena, peristiwa tersedak ini bukan hal yang main-main. Jika tidak mendapatkan pemeriksaan cepat, maka bisa mengakibatkan si penderita tidak dapat bernafas.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

4 Hal Ini Menjadi Alasan Mengapa Orang Indonesia Masih Percaya Paranormal dan Hal Mistis

Belum Juara Liga, 5 Klub Sepak Bola Indonesia Malah Menjadi yang Terkaya di Tanah Air