in

Pertikaian Farida Nurhan dan Codeblu, Review Tempat Makan Berujung Lapor ke Polisi

Pertikaian Farida Nurhan dan Codeblu

Sedang hangat–hangatnya diperbincangkan perseteruan antara food vlogger Indonesia, Farida Nurhan dan Codeblu. Berawal dari review makanan sebuah warung makan, berujung pelaporan kepada pihak berwajib. Bukan hanya antara para food vlogger, namun netizen juga ikut panas.

Codeblu Melayangkan Kritik Pedas kepada Warung Nyak Kopsah

Berawal dari Aa Juju, seorang food vlogger, yang datang ke sebuah warung bernama Warung Nyak Kopsah di kawasan Cipondoh, Tangerang. Dalam review-nya, ia mengutarakan pandangannya tentang cita rasa makanan, harga, hingga kondisi tempatnya. Dari situlah, seorang food vlogger lain yang dikenal dengan nama Codeblu, penasaran dan mencoba langsung datang ke tempat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Codeblu (@codebluuuu)

Melalui akun Tiktok dan Instagramnya, Codeblu memberikan pendapat pribadinya mengenai warung tersebut. Ada 13 poin yang ia tuliskan dalam caption, beberapa di antaranya merupakan kritikan yang dilayangkan untuk warung tersebut.

Mulai dari rasa makanan yang kurang nampol karena bumbu tidak berasa, masakan tidak fresh, harga yang terlampau mahal, hingga pelayanan yang dinilai kurang baik. Beberapa di antaranya juga merupakan pujian untuk rasa makanan di warung tersebut.

Farida Nurhan “Menyerang” Codeblu

Sebagai seorang food vlogger, sekaligus teman dekat pemilik Warung Nyak Kopsah yang bernama Bang Madun, Farida Nurhan angkat suara. Ia tidak terima bisnis temannya tersebut dikritik habis-habisan oleh Codeblu. Ia pun “menyerang” Codeblu dengan cara yang dinilai netizen tidak pantas.

Ia mengomentari salah satu unggahan Codeblu di Instagram dengan menyebutkan nama yang diduga nama asli Codeblu. Mengingat Codeblu memang sejak awal tidak memperlihatkan wajah dan memberitahukan nama aslinya kepada publik, hal ini tentu membuat netizen geram.

Pertikaian Farida Nurhan dan Codeblu
Sosok Farida Nurhan [Sumber Gambar]
Tidak sampai di situ, Farida juga disebut mengomentari fisik Codeblu dengan nada negatif, atau body shaming. Dalam sebuah video yang kini sudah dihapus oleh Farida, memperlihatkan Farida tengah memutar rekaman suara seorang perempuan yang mengaku sebagai ibu dari istri Codeblu.

Perempuan tersebut mengatakan bahwa anaknya telah diculik dan telah dicuci otaknya. Ia menyebut nama lengkap pria yang menculik anaknya, diduga nama tersebut adalah nama lengkap Codeblu yang sebenarnya.

Pertikaian Farida Nurhan dan Codeblu
Tangkapan layar video Farida yang diduga body shaming Codeblu [Sumber Gambar]
Dalam video itu pula, Farida melihat foto yang dikirim perempuan tersebut. Ia mengatakan tidak menghina, namun mengatakan bahwa orang yang ada di foto tersebut terlihat seperti dukun. Di sinilah netizen menganggap apa yang dilakukan food vlogger yang kerap disapa Omay itu tidak pantas.

Selain melakukan doxing, atau menyebarluaskan data pribadi seseorang tanpa izin yang bersangkutan, Farida juga melakukan body shaming.

Codeblu Tidak Terima Farida Sebarkan Data Pribadi

Tidak terima dengan apa yang dilakukan Farida, Codeblu pun angkat suara. Melalui direct message Instagram, Codeblu meminta Farida untuk klarifikasi dan meminta maaf. Codeblu meminta Farida untuk mengakui dan meminta maaf telah melakukan doxing, penyebarluasan berita bohong, fitnah, memecah belah, dan merusak nama baiknya.

Pertikaian Farida Nurhan dan Codeblu
Codeblu meminta Farida meminta maaf dan klarifikasi [Sumber Gambar]
Ia menginginkan Farida untuk melakukan permohonan maaf secara tertulis dan publik melalui video Tiktok. Jika Farida tidak melakukan klarifikasi dan permohonan maaf seperti yang diminta selama 1×24 jam, Codeblu mengatakan akan melaporkannya ke polisi.

Farida Tidak Takut Disomasi

Melalui unggahan Instagram Story, Farida mengaku tidak takut dan mempersilahkan Codeblu untuk melaporkan kepada pihak berwajib. Ia akan mengikuti peraturan dan memenuhi jika ada panggilan dari polisi. Farida menolah untuk meminta maaf.

Pertikaian Farida Nurhan dan Codeblu
Farida tidak takut dilaporkan polisi [Sumber Gambar]
Menurut Farida, Codeblu bukan review jujur, melainkan mematikan rezeki orang lain. Baginya, Codeblu yang seharusnya minta maaf kepada Bang Madun karena telah melayangkan kritik yang dianggap tak benar.

BACA JUGA: Dulu Hidup Miskin, Mantan TKW Ini Kini Sukses Jadi YouTuber dan Punya Koleksi Mobil Mewah

Apa yang dilakukan Farida sangat disayangkan netizen, mengingat Farida “menyerang” ranah pribadi Codeblu. Ia juga sebenarnya tidak ada urusannya dengan Codeblu. Karena yang seharusnya berurusan dengan Codeblu adalah Bang Madun, pemilik Warung Nyak Kopsah yang telah dikritik.

Written by H

Kecelakaan Maut Bawen

Rem Truk Tronton Blong, Tabrak Belasan Kendaraan di Lampu Merah hingga Tewaskan 3 Orang

Siswa SMP Cilacap Dibully

Siswa SMP Cilacap Dibully hingga Disiksa, Pelaku Masih Sempat Berpose di Depan Kamera