Fakta Unik Dibalik Final ISL Antara PERSIPURA Vs PERSIB

oleh Alfry
09:12 AM on Nov 8, 2014

Laga final Liga Super Indonesia baru saja selesai digelar di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang pada Jumat (7/11/2014) dengan mempertemukan tim Persipura Jayapura melawan Persib Bandung. Laga yang diakhiri dengan skor imbang 2-2 pada waktu normal ini memaksa pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Hingga berakhirnya babak tambahan 2×15 menit tak ada satupun gol tambahan yang tercipta sehingga pertandingan dilanjutkan ke babak adu tos-tosan alias pinalti. Di babak inilah drama menegangkan disajikan ketika akhirnya penendang keempat Persipura gagal melakukan tugasnya sehingga muncullah juara baru ISL 2014 yaitu Persib Bandung. Dalam laga tersebut juga tersimpan fakta-fakta unik yang antara lain sebagai berikut.

Baca Juga
Cerita Bocah SD Tawuran Gara-gara Cinta Segitiga Ini Bikin Netizen Tepok Jidat
Mengenang Perjuangan Desak Putu Kari, Istri I Gusti Ngurah Rai yang Baru Saja Tutup Usia

1. Kemenangan Atas Persipura Merupakan Kemenangan Pertama PERSIB Atas Tim Mutiara Hitam

Kemenangan atas Persipura Jayapura yang baru saja diraih tim asal kota Bandung ini menjadi kemenangan pertama mereka atas tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut. Pasalnya sejak konsep Liga Super Indonesia digelar enam tahun yang lalu, Persib Bandung tak pernah menang kala berlaga melawan Persipura. Satu-satunya kemenangan yang diraih terjadi pada laga final ISL hari Jumat (7/11/2014) ini.

Persib menundukkan Persipura dalam drama adu pinalti
Persib menundukkan Persipura dalam drama adu pinalti

Kemenangan ini menjadi lebih spesial karena Persib Bandung mampu menggondol trofi juara Liga Super Indonesia musim 2014. Meskipun pada awalnya Persib sangat mewaspadai pertemuannya dengan tim dari Papua tesebut dikarenakan memiliki rekor buruk yaitu belum sekalipun menang dalam 10 laga terakhirnya. Tercatat mereka hanya mampu mengimbangi tim juara bertahan tersebut sebanyak empat kali dan sisanya berujung dengan kekalahan.

2. Persib Menjadi Juara ISL 2014 Setelah Berpuasa Gelar Selama 18 Tahun

Seperti diketahui sebelum tahun 1994 di Indonesia terdapat dua sistem kompetisi yang berjalan bersamaan, yaitu Perserikatan (amatir) dan Galatama (semi profesional). Di era kompetisi perserikatan, Persib berjaya dengan memenangi 5 kali gelar di tahun 1937, 1961, 1986, 1990, dan 1994. Kemudian pada tahun 1995 Persib kembali menjadi kampiun setelah menjuarai Liga Indonesia.

Persib menjuarai ISL 2014 setelah puasa selama 19 tahun
Persib menjuarai ISL 2014 setelah puasa selama 18 tahun

Ini adalah gelar terakhir Persib yang pernah didapatkan. Hingga kompetisi berubah format menjadi Liga Super Indonesia pada tahun 2008, Persib belum sekalipun mencicipi gelar Liga Super Indonesia. Jika dihitung sudah 18 tahun Persib puasa gelar. Kini penantian panjang Maung Bandung terbayar sudah, mereka menjadi kampiun usai menundukkan Persipura Jayapura dalam drama adu pinalti.

3. PERSIB Menjadi Tim Pertama yang Menjuarai Liga Super Indonesia Setelah Berganti Format Menjadi 2 Wilayah

Tahun ini merupakan tahun pertama dimana Liga Super Indonesia kembali dipertandingkan dalam format dua wilayah kompetisi, yaitu wilayah barat dan wilayah timur. Kemudian masing-masing wilayah diambil empat tim teratas yang kemudian digabung menjadi tim delapan besar dan dipertandingkan lagi dengan format sistem gugur.

Persib merebut titel juara ISL 2014
Persib merebut titel juara ISL 2014

Dalam gelaran pertama Liga Super Indonesia dengan format baru ini memunculkan Persib Bandung sebagai tim pertama yang memenanginya. Hal ini mengingatkan kita pada juara yang sama yang di raih Persib Bandung pada tahun 1995. Pada waktu itu juga baru saja terjadi penyatuan Liga Perserikatan dengan Galatama yang berubah menjadi Liga Indonesia, dan secara kebetulan Persib juga menjadi tim pertama yang mencicipi gelar dan setelah itu tidak pernah menang lagi hingga tadi malam mereka memecahkan puasa gelarnya selama 18 tahun. Akankah kejadian serupa akan terulang?

4. PERSIPURA Adalah Tim Spesialis Juara di Tahun Ganjil

Setelah gagal mengalahkan Persib Bandung maka pupus sudah harapan Persipura Jayapura untuk mencatatkan rekor menjadi juara liga dua kali beruntun sekaligus mematahkan kutukan dimana belum pernah ada juara bertahan yang mempertahankan gelarnya di kasta tertinggi sepakbola Indonesia tersebut.

Persipura tim yang menjuarai ISL di tahun ganjil
Persipura tim yang menjuarai ISL di tahun ganjil

Tercatat tim Mutiara Hitam sudah memenangi kompetisi tertinggi sepakbola Indonesia tersebut sebanyak empat kali. Uniknya mereka memenanginya dalam tahun ganjil saja, yaitu pada tahun 2005, 2009, 2011, dan terakhir 2013. Namun prestasi Persipura tahun ini merupakan prestasi juara bertahan yang paling baik setelah sebelumnya tidak ada tim juara bertahan yang mampu menjadi runner up di tahun berikutnya.

5. Kutukan ISL Berlanjut, Belum Ada Tim Juara Bertahan yang Mampu Mempertahankan Gelar

Sejak berganti format menjadi Liga Super Indonesia pada tahun 2008, Persipura boleh saja menjadi tim paling subur mengoleksi titel juara yaitu sebanyak tiga kali, namun mereka tetap saja merasakan kutukan ISL yaitu belum pernah ada juara bertahan yang mampu mempertahankan gelarnya di tahun berikutnya.

Persipura belum dapat memecahkan kutukan ISL
Persipura belum dapat memecahkan kutukan ISL

Ini terbukti dengan kekalahan yang diderita Persipura dalam laga final ISL pada Jumat (7/11/2014) petang. Hanya dengan 10 pemain, mereka dengan gagah bertarung meladeni gempuran Persib. Namun akhirnya mereka harus menyerah lewat adu pinalti setelah skor imbang tidak berubah dalam perpanjangan waktu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA