10 Upacara Pernikahan di Indonesia yang Bikin Kamu Buruan Pengin Nyusul

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Oct 4, 2016

Sebagai negara kepulauan yang memiliki puluhan hingga ratusan suku, Indonesia memiliki ragam jenis upacara pernikahan yang berbeda. Setiap daerah memiliki upacara pernikahan yang unik sehingga siapa saja yang melihatnya bisa jadi pengin. Megahnya acara yang ada, pernak-pernik pernikahan, hingga panjangnya ritual membuat banyak orang ngimpi untuk bisa melakukannya dalam waktu dekat.

Dari Sabang sampai Merauke, Boombatis telah merangkum beberapa upacara pernikahan yang super indah. Pernikahan ini tidak hanya enak dipandang saja tapi juga memiliki filosofi dan nilai budaya yang tinggi sehingga layak untuk dilestarikan. Berikut sepuluh pernikahan di Indonesia yang sanggup membuatmu kesengsem hingga pengin segera ke pelaminan.

Baca Juga
Dulu Dikenal Kanibal, Beginilah Nasib Sumanto yang Sempat Dikabarkan Jadi Penceramah Kondang
Inilah 4 Hal yang Terjadi Jika Indonesia Benar-benar Memboikot Produk Amerika

1. Pernikahan Adat Jawa

Pernikahan adat Jawa [image source]
Pernikahan adat Jawa [image source]
Pernikahan dengan adat Jawa memang dikenal cukup rumit karena memiliki banyak sekali komponen. Acaranya pun juga dimulai sebelum dua mempelai dipertemukan Misal dengan pingitan, malam midodareni, hingga temu penganten di mana pengantin pria dan wanita dipertemukan. Yang unik dari pernikahan adat Jawa adalah dekorasinya yang megah. Ornamen bunga, janur, hingga warna cerah memenuhi ruangan. Tidak ketinggalan mempelai pria dan wanita didandani pak raja dan ratu kerajaan Jawa.

2. Pernikahan Adat Minangkabau

Pernikahan adat Minangkabau [image source]
Pernikahan adat Minangkabau [image source]
Upacara pernikahan di Minangkabau juga dilaksanakan dengan sangat meriah. Mempelai wanita akan didandani super cantik lengkap degan hiasan di kepalanya yang cukup berat. Konon hiasan itu bisa sampai lebih dari satu kilogram. Hiasan di pelaminan selalu dominan warna emas dan memiliki aksen rumah gadang yang unik. Oh ya, meski upacara dilaksanakan secara tradisional, tata caranya tetap tidak bisa lepas dari tradisi Islam.

3. Pernikahan Adat Sunda

Pernikahan adat Sunda [image source]
Pernikahan adat Sunda [image source]
Pernikahan adat Sunda nyaris mirip dengan adat Jawa. Prosesinya dimulai jauh sebelum pesta utama dilakukan. Proses lamaran dan seserahan juga masuk dalam adat pernikahan sehingga harus dilakukan secara berurutan. Yang membedakan antara pernikahan Jawa dan Sunda adalah ornamen yang dipakai oleh wanita. Di Sunda, wanita tidak dilukis pada bagian keningnya, selain itu mereka juga memakai mahkota dengan dominasi warna putih cerah.

4. Pernikahan Adat Tana Toraja

Pernikahan adat Tana Toraja [image source]
Pernikahan adat Tana Toraja [image source]
Pernikahan di adat Tana Toraja biasanya dilaksanakan dalam 3 jenis yang berbeda. Pembeda ini dilihat dari siapa wanita yang dinikahi. Semakin tinggi tingkatannya, maka semakin megah pula pesta pernikahan yang akan dihelat. Acara pernikahan adat Tana Toraja biasanya dilaksanakan dengan arak-arakan yang panjang sebelum akhirnya kedua mempelai sampai di pelaminan yang megah. Oh ya setiap pesat pernikahan selalu ada pertunjukan seni seperti tari-tarian.

5. Pernikahan Adat Bali

Pernikahan adat Bali [image source]
Pernikahan adat Bali [image source]
Upacara pernikahan adat di Bali biasanya diadakan di rumah mempelai pria. Calon mempelai wanita akan dijemput dari kediamannya dengan ditutupi selembar kain tipis. Setelah sampai di rumah mempelai pria, dia akan disambut dengan beberapa upacara. Saat upacara pernikahan berjalan, mempelai wanita akan didandani dengan cantik lengkap dengan hiasan kepala yang berat namun indah. Pernikahan adat Bali dikenal sangat unik karena penuh dengan ritual yang tidak bisa dilewatkan.

6. Pernikahan Adat Sasak

Pernikahan adat Sasak [image source]
Pernikahan adat Sasak [image source]
Salah satu keunikan dari pernikahan adat Sasak adalah di mana mempelai wanita akan diculik atau dibawa lari sebagai langkah awal pernikahan. Selanjutnya ritual dilanjutkan dengan negosiasi mengenai mas kawin hingga pelaksanaan pernikahan. Di tradisi pernikahan adat Sasak, ada sebuah acara bernama nyongkolan. Acara dilakukan dengan mengarak mempelai pria dan wanita menggunakan tandu berwujud kuda-kudaan atau dengan jalan kaki.

7. Pernikahan Adat Betawi

Pernikahan adat Betawi [image source]
Pernikahan adat Betawi [image source]
Pernikahan adat Betawi dikenal unik karena selalu menghadirkan pertunjukan di setiap prosesinya. Misal saling bersaut pantun atau pertunjukan pencak di depan lokasi acara pernikahan. Dalam acara ini mempelai wanita akan didandani dengan mahkota yang ada penutup di bagian depannya. Penutup ini biasanya hanya berupa sulur-sulur hiasan yang bisa dibuka ke kiri dan ke kanan. Mempelai pria biasanya memakai semacam sorban pada kepalanya dengan ornamen bungai melati yang telah dirangkai.

8. Pernikahan Adat Batak

 Pernikahan adat Batak [image source]
Pernikahan adat Batak [image source]
Pernikahan adat Batak termasuk salah satu prosesi pernikahan yang cukup rumit di Indonesia. Banyak ritual-ritual penting yang harus dilakukan mulai dari persiapan hingga pesta pernikahan. Semua dilakukan berurutan sehingga memakan waktu yang cukup lama. Dalam pernikahan ini mempelai wanita didandani dengan ada ikat kepala berwarna merah. Sementara itu mempelai pria akan mengenakan aksesori kepala juga yang berbentuk lancip ke atas.

9. Pernikahan Adat Nias

Pernikahan adat Nias [image source]
Pernikahan adat Nias [image source]
Bagi masyarakat Nias, wanita memiliki arti yang cukup besar dalam masyarakat. Hal ini ditunjukkan dengan mahar yang harus diberikan keluarga pria dengan nilai cukup fantastis. Nyaris mirip dengan adat Tana Toraja, pernikahan di sini memerlukan biaya yang cukup fantastis. Meski dikenal sangat mahal, penduduk di kawasan ini masih menjunjung budaya itu hingga sekarang.

10. Pernikahan Adat Dayak

Pernikahan adat Dayak [image source]
Pernikahan adat Dayak [image source]
Suku Daya memiliki banyak rumpun yang tersebar di berbagai penjuru pulau Kalimantan. Masing-masing rumpun biasanya memiliki tradisi unik tersendiri. Namun secara garis besar, pernikahan yang dilakukan di adat Dayak dilakukan dengan melakukan lamaran. Keluarga pria akan membayarkan mahar jika lamarannya disetujui. Mahar ini bisa berupa perhiasan atau yang yang kelak bisa digunakan untuk pesta pernikahan.

LIHAT JUGA:  10 Upacara Pemakaman Terunik yang Hanya Ada di Indonesia

Inilah sepuluh upacara pernikahan di Indonesia yang bikin kamu pengin segara naik ke pelaminan. Jadi, sudah pengin nikah belum nih?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot?
BACA JUGA