Perkumpulan NAPSA, yang Siap Mengabadikan Tato Saat Seseorang Meninggal, Mau Nyoba?

oleh Norman Duarte
12:00 PM on Sep 26, 2015

Saat seseorang meninggal, ia pasti ingin meninggalkan sesuatu yang berharga bagi orang-orang yang dicintainya. Selain warisan, tentu ada juga benda-benda penuh kenangan yang akan menjadi harta berharga yang tak dapat dinilai dengan uang.

Sebuah perkumpulan bernama The National Association for the Preservation of Skin Art (NAPSA) menyediakan jasa untuk mengawetkan kulit tato seseorang saat ia meninggal. Dengan biaya sebesar $115 dan perawatan $60 pertahun, maka seseorang bisa tetap menyimpan tato orang yang disayanginya meskipun orang itu sudah meninggal.

Baca Juga
Dulu Dikenal Gembong Teroris Sadis, Begini Nasib Umar Patek Sekarang Yang Cinta NKRI
UU Menikahi Teman Sekantor Disahkan, Inilah 4 Hal Merugikan yang Mungkin Bisa Terjadi

NAPSA, sebuah perkumpulan yang mengabadikan tatoo orang meninggal
NAPSA, sebuah perkumpulan yang mengabadikan tato orang meninggal [imagesource]
Perkumpulan ini sebenarnya adalah sebuah organisasi seniman dan pecinta tato. Hasil kongkow-kongkow mereka menghasilkan ide untuk mengabadikan tato. Berhubung tato adalah nilai seni yang tinggi pada tubuh seseorang, maka ditakutkan seni itu akan hilang saat orang yang memiliki tato itu meninggal.

Oleh karena itu mereka harus berupaya agar karya-karya seni yang indah ini tidak sampai hilang, dan terus dapat dinikmati meskipun pemiliknya sudah tiada.

Untuk mendapatkan pelayanan mereka, seseorang harus terdaftar menjadi anggota. Bila si anggota meninggal, para ‘ahli’ dari NAPSA akan datang sebelum acara pemakaman dan akan melakukan operasi pengangkatan kulit ini dengan teknik medis yang modern. Kemudian mereka akan melakukan beberapa proses agar kulit ini tahan lama. Setiap tahun, proses ini akan diulang sehingga ‘karya seni’ tidak akan termakan jaman.

Sertifikat NAPSA, bagi seseorang yang sudah mendaftarkan diri ke NAPSA
Sertifikat NAPSA, bagi seseorang yang sudah mendaftarkan diri ke NAPSA [imagesource]
Selain itu, tato yang sudah diproses juga akan diletakkan pada pigura dengan style tersendiri. Ada berbagai macam gaya pigura dan hiasan yang bisa dipilih oleh anggota yang sudah mendaftar. Seperti gambar berikut:

Tatoo yang sudah di proses dan diletakkan dalam pigura
Tato yang sudah di proses dan diletakkan dalam pigura [imagesource]
Sebenarnya, preservasi tato ini dimulai sejak lama, tetapi saat itu manusia masih belum menemukan teknologi untuk dapat melakukan preservasi dengan sempurna. Teknik balsam pada mummy bisa membuat mayat dan kulit bertahan lama, tetapi kulit-kulit ini tidak dapat dibawa keluar makam, apalagi dijadikan souvenir.

Mummy Ukok Princess, yang memiliki tatoo di sekujur tubuhnya
Mummy Ukok Princess, yang memiliki tatoo di sekujur tubuhnya [imagesource]
Sebuah mummy bernama Ukok Princess yang ditemukan di pegunungan Altai, Siberia, memiliki tato di sekujur tubuhnya. Ia sangat kaya karena dikuburkan bersama kuda-kudanya. Iklim pegunungan berserta bahan-bahan natural di dalam tanah membuat tubuhnya menjadi mummy secara alami, dan tato-tatonya dapat dilihat dengan mudah.

Nah, untuk kamu yang punya tato, siapa yang ingin mengabadikan tatonya sebagai souvenir saat sudah meninggal?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an
BACA JUGA