in

Peristiwa Tragis yang Menimpa Mahasiswa Cantik ITB dan Hikmah yang Bisa Kita Petik dari Kejadian Ini

Kehidupan pasca SMA bisa dibilang merupakan awal mula yang sebenarnya dalam proses pencarian jati diri kita. Ada yang memilih untuk langsung melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi dan ada pula yang memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu mengumpulkan pundi-pundi rupiah sebelum kemudian mendaftarkan diri ke universitas impian.

Banyak dari muda-mudi tersebut yang rela meninggalkan kampung halamannya untuk kemudian merantau ke kota besar yang menawarkan kualitas pendidikan atau kesempatan yang lebih baik ketimbang di daerah asal mereka. Sebagai tempat tinggal sementara selama mereka di sana, terpilihlah kos-kosan. Bagi para calon penerus bangsa ini kosan sudah seperti rumah kedua.

Kehidupan anak kosan. [Image Source].
Di tempat ini, mereka berbaur dengan banyak manusia dari berbagai latar budaya yang berbeda, dari satu daerah dengan daerah lainnya, serta orang desa dengan orang kota. Ragam pola dan kultur bermasyarakat antar penghuni menjadi keunikan tersendiri yang membuat kehidupan kosan semakin berwarna-warni.

Akan tetapi tak semua orang suka dengan kehidupan kosan yang akrab seperti itu. Banyak dari mereka yang lebih memilih untuk mengurung diri di kamar masing-masing dan mengurangi aktivitas sosial dengan tetangga kosan yang lain. Mereka baru melangkahkan kaki keluar pintu kamar hanya ketika jam masuk kuliah tiba atau pergi ke suatu tempat bersama teman di luar lingkaran kosan tersebut.

Fokus dengan tugas-tugas kuliah, benci dengan kebisingan, hingga tak mau menyusahkan penghuni lain menjadi alasan klasik mengapa mereka begitu enggan untuk bersosialisasi diri. Padahal selayaknya kehidupan bermasyarakat, tetangga kosan adalah orang pertama yang mengulurkan bantuan kepada kita. Alih-alih orang tua atau saudara yang berada jauh di kampung halaman, mereka pula yang dapat dimintai pertolongan manakala terjadi hal-hal yang di luar dugaan.

Leave a Reply

Menengok Aksi Jaka Si Youtuber Indonesia yang Berhasil Mendokumentasikan Kehidupan di Korut

8 Hukuman Ala Pesantren Ini Dijamin Bikin Murid Bandel Belajar Insyaf dan Ikhlas