5 Peristiwa Fenomenal ini Terjadi Dalam Setiap Detik Tanpa Kita Sadari

oleh Rizal
11:13 AM on Apr 8, 2016

Bagi kita mungkin waktu satu detik takkan berarti apa pun. Kita akan melewatinya tanpa benar-benar sadar karena durasinya yang begitu singkat. Meskipun demikian, tahukah jika dalam satu detik itu sebenarnya banyak peristiwa besar terjadi di luar sana? Mengetahui kenyataan ini, siap-siap kamu bakal sangat dikejutkan.

Di antara peristiwa besar yang terjadi hanya dalam satu detik dan berlanjut ke detik-detik setelahnya adalah pecahnya 30 buah supernova di jagad raya. Supernova seperti yang kamu tahu adalah semacam ledakan maha dahsyat sebagai tanda jika umur sebuah bintang telah mencapai batasnya. Bayangkan, ini adalah semacam kiamat bagi sebuah sistem tata surya, dan hal tersebut terjadi dalam setiap detik. Sungguh mencengangkan, bukan?

Baca Juga
Hati-Hati! 4 Modus Penipuan ‘Pencarian Harta Karun’ Ini Sedang Marak Terjadi di Indonesia
4 Fakta Abu Dis, Kota Tua yang Digadang-gadang Bakal Jadi Ibukota Baru Palestina

Tak hanya itu, ada banyak peristiwa mengejutkan lain yang juga terjadi dalam setiap detiknya.

1. 4000 Bintang Tercipta Setiap Detik

Seperti yang disinggung sebelumnya, dalam setiap detiknya 30 bintang mengalami kehancuran dalam sebuah peristiwa yang disebut supernova. Kita tentu berpikir jika lama-lama bintang akan habis. Dalam satu jam, mungkin ada sekitar  108000 bintang yang hancur. Tapi, Tuhan itu maha adil, ketika 30 bintang hancur dalam setiap detik, Ia menciptakan 4000 lagi.

Bintang baru lahir [Image Source]
Bintang baru lahir [Image Source]
Ya, dalam tiap detiknya diperkirakan ada sekitar 4000 bintang tercipta. Hal ini berdasarkan riset dan studi yang dilakukan oleh University of Calgary dan Cornell University. Pertanyaannya, apakah alam semesta tidak akan sesak dengan lahirnya 4000 bintang tiap detiknya. Sama sekali tidak, kita sendiri bahkan tidak tahu seberapa besar jagad raya ini. Jadi, ya, hal ini sangat mungkin terjadi.

2. 40 Petir Menyambar Tiap Detik

Ketika kita menghabiskan waktu membalas chat atau baca sebuah artikel di internet, sebuah peristiwa unik terjadi ratusan kali. Ya, diperkirakan dalam setiap detik setidaknya ada 40 petir yang menyambar bumi. Gila, ya? Kita mungkin tidak pernah menyadari ini sebelumnya.

Petir [Image Source]
Petir [Image Source]
40 petir setiap detik, tentu saja ini peristiwa yang bikin merinding. Satu saja sudah bikin ketakutan apalagi 40 buah sekaligus. Tapi, petir-petir ini tidak terjadi dalam satu tempat saja. Melainkan menyebar ke seluruh penjuru Bumi.

3. Aktivitas Internet Dalam Setiap Detiknya

Ada ratusan juta lebih pengguna internet setiap harinya dengan berbagai macam aktivitas. Kira-kira peristiwa apa yang berhubungan dengan internet yang terjadi tiap detiknya? Ternyata sangat mencengangkan.

Kirim Email [Image Source]
Kirim Email [Image Source]
Dalam setiap detik, setidaknya ada 11.500an orang mencari di mesin Google, jumlah yang sama juga terjadi di Facebook terutama untuk kegiatan update status, serta yang paling gila adalah estimasi 2,8 juta email dikirim tiap detiknya. Tanpa sadar, ketika kita menghabiskan satu jam saja berinternet, setidaknya ada jutaan aktivitas internet yang terjadi.

4. 34 Pohon Ditebangi Dalam Tiap Detik

Sayangnya, tak hanya peristiwa-peristiwa hebat yang terjadi dalam tiap detik. Nyatanya, hal yang berkebalikan juga ada. Misalnya tentang penebangan hutan. Percaya atau tidak, dalam satu detik setidaknya ada 34 pohon yang ditebang di hutan hujan. 34 pohon per detik adalah jumlah yang gila. Dalam satu menit saja setidaknya ada 2040 pohon, lalu kalikan satu jam, satu hari, atau bahkan sebulan. Tak karuan banyaknya.

Penebangan hutan [Image Source]
Penebangan hutan [Image Source]
Memang hutan hujan di Bumi luasnya jutaan hektar, tapi dengan intensitas penebangan seperti itu, maka tinggal tunggu waktu yang tak lama sampai akhirnya kita tidak punya hutan lagi. Konyolnya para penebang ini tak berpikir jika hutan adalah tempat oksigen dihasilkan. Ditebang sedikit-sedikit, sama artinya mengurangi pasokan oksigen yang ada. Habis sama sekali ya mereka juga bakal mati.

5. Kelahiran dan Kematian Dalam Satu Detik

Sama seperti supernova dan terciptanya bintang baru, ternyata manusia sendiri mengalami hal yang sama. Percaya tidak percaya, dalam setiap detiknya setidaknya ada 4 bayi yang lahir. Sedangkan untuk kematian dalam setiap detiknya diperkirakan 2 orang meninggal dunia. Jika dihitung dalam skala yang lebih besar misalnya jam, setidaknya ada 14.400 bayi lahir dan 7.200 orang meninggal.

Kelahiran dan kematian
Kelahiran dan kematian

Mengetahui fakta ini, pantas saja kalau pertumbuhan manusia begitu cepat. Angka kelahirannya dua kali lipat dibandingkan kematian. Diperkirakan beberapa puluh tahun ke depan jumlah manusia bisa meningkat sampai dua kali lipat.

Dalam satu detik saja terjadi banyak peristiwa besar yang tanpa kita sadari. Lalu, apa yang bisa kita ambil dari ulasan ini? Ya, apalagi kalau bukan untuk mensyukuri waktu yang kita miliki. Bayangkan kegilaan apa yang terjadi di luar sana dikomparasikan dengan satu jam kehidupan kita. Dengan begitu kita akan lebih menghargai waktu yang dimiliki.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Yakin deh, 25 Pose Absurd Wisatawan dengan Patung Ini Pasti Bikin Kamu Cekikikan Melihatnya 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 4 Ciri-Ciri Ini Bisa Jadi Indikasi Kalau Sebuah Warung Pasang Jin Penglaris, Hati-Hati! Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo Dulu Mewah, Anak Pencipta Lagu Nomor Satu di Indonesia Ini Sekarang Jadi Kuli Bangunan Inilah Alasan Pakai Rok Saat Bersepeda Motor Sama dengan Bunuh Diri Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia 7 Foto Ini Diambil Hanya Sesaat Sebelum ‘Musibah’ Datang Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an Inilah Fakta Micin, Benda yang Sering Difitnah Masyarakat Kekinian, Beneran Bikin Lemot? Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh
BACA JUGA