in

Serupa tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Air Putih dengan Mineral

Sering kita melihat kalau orang-orang selalu menyebutkan air putih dengan mineral itu sama saja. Ya ini karena warnanya yang sama-sama jernih sehingga tidak ada perbedaan di antara keduanya. Selain itu rasanya yang sama juga menjadi bukti kalau air putih dan mineral itu tak ada bedanya sama sekali.

Hal ini tak sejalan jika dilihat dari kacamata kesehatan Sahabat Boombastis. Sebab, beberapa ahli mengatakan jika keduanya memiliki banyak perbedaan di dalamnya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan dari Boombastis.com berikut ini.

Sumbernya pun ternyata berbeda lho

Sumbernya berbeda [Sumber Gambar]
Salah satu perbedaan dari air putih dengan mineral adalah sumbernya nih Sahabat Boombastis. Dilansir dari diffen.com, kalau air putih berasal dari danau, sungai dan semacamnya yang disalurkan ke rumah-rumah menggunakan pompa. Sedangkan, air mineral bersumber dari kawasan yang kaya akan mineral. Misalnya saja mata air yang berada di kaki gunung dan sejenisnya. Jadi sudah bisa disimpulkan nih kalau air putih dan mineral itu sumbernya berbeda.

Kandungannya juga tidak dapat disamakan

Kandungannya juga berbeda [Sumber Gambar]
Selain sumbernya, air putih dan mineral juga berbeda dari kandungannya. Berdasarkan pendapat dari Ahli Pangan yaitu Ali Khomsan, jika air putih mengandung satu hingga dua atom hidrogen di dalamnya. Nah, hal ini berbeda dengan air mineral Sahabat Boombastis. Air tersebut mengandung banyak mineral yang semuanya tergantung dari mereknya. Pada umumnya, mineral yang banyak ditemukan pada air tersebut antara lain zat besi, seng, kalsium dan juga magnesium.

Jumlah dari nutrisi yang dikandung juga berbeda

Jumlah nutrisinya berbeda [Sumber Gambar]
Untuk kadar nutrisi yang ada pada keduanya itu juga memiliki perbedaan. Dari sebutannya saja kita kemungkinan besar tahu mana yang mempunyai banyak nutrisi. Apalagi kalau bukan air mineral. Yap, dilansir dari laman scout.id, jika air ini kaya akan nutrisi dikarenakan berasal dari sumber air yang banyak terdapat kandungan mineral di dalamnya. Sehingga, air mineral ini bisa dikatakan berpengaruh baik untuk kesehatan. Berbeda dengan air putih yang hanya bersumber dari danau ataupun sungai kemudian hanya disterilkan dengan cara direbus saja. Kandungan nutrisinya bisa dibilang lebih sedikit ketimbang air mineral yang dijual pada umumnya.

Kalau diperhatikan, rasanya pun juga tidak sama

Rasanya juga tidak sama [Sumber Gambar]
Banyak dari kita yang menganggap jika air putih dan mineral itu rasanya sama. Padahal sebenarnya tidak lho Sahabat Boombastis. Sebab, menurut Inge Permadhi selaku ahli gizi menyebutkan jika rasa dari air putih dengan mineral itu jauh berbeda. Ketika air mineral diminum, rasa yang akan muncul lebih kuat. Ini dikarenakan kandungan mineral yang ada pada air tersebut. Jadi, semakin banyak mineral yang terkandung di dalamnya, maka rasanya akan lebih kuat. Sedangkan untuk air putih, rasanya hanya tawar saja.

Ternyata, air putih dan mineral mempunyai beragam perbedaan. Mulai dari sumber hingga rasanya juga Sahabat Boombastis. Keduanya sama-sama baik, namun untuk mana yang harus dikonsumsi sih terserah kalian saja. Alasannya karena ini semua tergantung dari kebutuhan masing-masing orang.

Written by Firdha

Firdha Rahma, dilahirkan di Kota Malang tanggal 5 Agustus 1994. Ia tergabung di Boombastis.com sejak bulan Desember 2017. Perempuan bermata sipit ini suka sekali warna merah dan hewan yang bernama kucing. Dia mempunyai hobi menonton film segala genre, menulis dan baca-baca artikel tentang teknologi ponsel yang terbaru.
Punya hobi menulis sejak SMK, tapi belum begitu aktif di dunia blog. Nah, karena kuliah ada sedikit waktu senggang jadi kegiatan menulis bisa diterapkan kembali ke dalam blog. Blognya berisi tentang travelling, kuliner dan review film.

Leave a Reply

5 Spot Instagramable di Jakarta yang Bikin Postinganmu Dapat Ribuan Likes dalam Sekejap

Mengenal Lena-Leni, Anak Buruh Tani yang Kini Sukses Taklukkan Mimpi