Tradisi Perayaan Tahun Baru Di Dunia

oleh Alfry
08:00 AM on Jan 2, 2015

Perayaan tahun baru adalah salah satu perayaan yang paling meriah dan banyak ditunggu-tunggu banyak orang di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Jika melihat perayaan tahun baru di berbagai negara dapat dilihat berbagai kesamaan cara perayaan.

Namun, di beberapa negara pergantian tahun dirayakan secara berbeda. Dalam menyambut pergantian tahun, warga di berbagai negara mempunyai tradisi unik masing-masing. Berikut ini adalah tradisi unik dari berbagai negara dalam merayakan tahun baru :

Baca Juga
10 Ilustrasi Ini Bikin ‘Kids Zaman Now’ Sadar Bahwa Perbuatannya Sungguh Merugikan
5 Daerah di Indonesia Ini Berhasil Cetak Wanita Cantik dan Berpendidikan Tinggi, Jomblo Masuk

Tradisi Perayaan Tahun Baru Di Dunia
Tradisi Perayaan Tahun Baru Di Dunia

Indonesia

Di Indonesia, datangnya tahun baru disambut dengan berkumpul pada malam pergantian tahun. Tepat pada detik pergantian tahun baru, orang-orang akan menyalakan kembang api sambil bersama-sama meniup terompet dengan keras.

Rusia

Tradisi di Rusia adalah dengan menuliskan keinginan pada selembar kertas, dibakar, dan dicampurkan dalam sampanye. Campuran sampanye dan abu ini diminum tepat sebelum tahun berganti. Harapannya, apa yang ditulis akan menjadi kenyataan.

Filipina

Tradisi merayakan tahun baru di Filipina adalah dengan membuka semua pintu dan jendela rumah pada malam tahun baru untuk membuang energi negatif dan membiarkan energi positif masuk.

Peru

Tradisi di Peru dinamakan Takanuy. Baik perempuan maupun laki-laki melakukan adu tinju beramai-ramai. Dalam adu tinju tersebut, orang-orang mengenakan topeng warna-warni yang sangat lucu. Tujuannya adalah untuk melampiaskan semua amarah dan tekanan hidup yang dialami tahun ini.

Afrika Selatan

Tradisi unik di Afrika Selatan adalah membuang perabotan rumah dari jendela. Namun, hal ini semakin jarang dilakukan karena membutuhkan biaya yang mahal dan meningkatnya kecelakaan pejalan kaki karena tertimpa perabotan yang dilempar.

Spanyol

Di Spanyol, tradisi merayakan tahun barunya dengan memakan 12 anggur sesaat sebelum tahun berganti. Hal tersebut dipercaya akan mendatangkan keberuntungan dalam 12 bulan berikutnya. Tradisi ini berkembang menjadi perlombaan memakan anggur tercepat.

Puerto Rico

Di Puerto Rico, menyambut tahun baru dilakukan dengan cara melemparkan cangkir atau ember berisi air dari jendela. Hal ini dipercaya akan mengusir roh jahat dalam rumah.

Irlandia

Di Irlandia, tradisi menyambut tahun baru dilakukan dengan cara menggedor pintu rumah dengan roti yang telah diolesi mentega. Hal ini dipercaya dapat mengundang roh-roh baik ke dalam rumah dan mengusir roh-roh jahat.

Skotlandia

Dalam merayakan tahun baru di Skotlandia, perayaan dilakukan dengan menggelar bola api Viking. Mereka percaya bola api tersebut sebagai lambang pemurnian serta pengharapan pada kembalinya matahari agar musim dingin cepat berlalu.

Denmark

Warga Denmark memiliki kebiasaan merayakan datangnya tahun baru dengan memecahkan piring di depan rumah tetangga. Tradisi ini dilakukan untuk mendapatkan keberuntungan selama satu tahun ke depan.

Brasil

Salah satu tradisi Brasil adalah dengan mengenakan pakaian khas serba putih. Hal tersebut untuk mengundang keberuntungan di tahun mendatang. Kemudian, biasanya dilanjutkan dengan melemparkan bunga ke laut saat mengucapkan keinginan untuk tahun depan.

Meksiko

Di Meksiko, berbicara pada roh adalah tradisi unik yang biasa dilakukan untuk menyambut datangnya tahun baru untuk mendapatkan pesan atau petunjuk masa depan.

Ekuador

Di Ekuador, warga juga merayakan tahun baru dengan api. Namun, bukan bola yang mereka bakar tetapi orang-orangan sawah yang biasanya terbuat dari kumpulan kertas koran dan bilah-bilah kayu. Mereka percaya dengan membakar orang-orangan sawah, maka semua hal buruk selama satu tahun terakhir akan terbakar habis dan juga dapat menghilangkan nasib sial, sehingga tahun yang baru bisa membawa keberuntungan dan kebahagiaan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Dulu Terkenal Sering Tampil Hot, Begini Kabar ‘Mama Abdel’ Sekarang yang Makin Bikin Deg-degan Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Salut! 5 Artis Tajir Ini Nggak Segan Pamerkan Kelakuan Bak ‘Rakyat Jelata’ di Sosial Media Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya Inilah Beberapa Kelakuan ‘Gak Lazim’ Saat Terjadi Kecelakaan Lalu Lintas, Kamu Pasti Salah Satunya 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Kocak, Obrolan Orang Mesum PDKT Ngajak Chatting Endingnya Malah Bikin Ngakak 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia Inilah Perubahan Wajah Thalia Maria Marcedes dari Cantik Sampai Cantik Banget Inilah 4 Pernikahan Super Mewah Anak Pejabat dan Konglomerat Indonesia yang Bikin Mata Terbelalak Inilah 4 Alasan Mengapa Israel Harus Tunduk Hormat pada Indonesia Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 10 Postingan Nyeleneh Pengguna Medsos Pamer Kemesraan, Berasa Pingin Nampol Lihatnya Belum 30 Tahun, 5 Cewek Cantik Zaman Now Ini Sudah Bergelimang Harta, Hampir Saingi Syahrini! Foto-Foto Ini Memperlihatkan Betapa Seru dan Kocaknya Adegan di Balik Layar Film Superhero Idaman Anak 90-an 14 Tahun Berlalu, Begini Kabar Pemain Sinetron “Di Sini Ada Setan” yang Dulu Bikin Kamu Bergidik Ngeri 4 Barang Ini di Indonesia Harganya Luar Biasa, Tapi di Afrika Orang Miskin pun Wajib Punya Chatting Kids Zaman Now Minta Foto “Buka-bukaan” ke Gebetannya Ini, Endingnya Bikin Melongo
BACA JUGA